5 Pemain Barcelona yang Bisa Tampil di Europa League Pertama Kalinya

Imbas Barca turun kasta ke Europa League

Barcelona harus menerima kenyataan tersingkir dari Liga Champions musim ini. Kekalahan 0-3 dari Bayern Munchen di matchday keenam grup E memastikan mereka hanya finis di posisi ketiga grup. Dengan demikian, Barca harus turun kasta dan berlaga di Europa League untuk pertama kalinya sejak musim 2003/04.

Bagi para pemain Barcelona, hasil tersebut membuat mereka harus bermain di Europa League dalam balutan seragam Barca untuk pertama kalinya. Bahkan, bagi beberapa pemain Barca, ini akan jadi pengalaman pertama mereka tampil di Europa League sepanjang kariernya. Inilah 5 pemain Barca yang akhirnya bakal menjajal Europa League.

1. Sergio Busquets

5 Pemain Barcelona yang Bisa Tampil di Europa League Pertama Kalinyapotret Sergio Busquets (instagram.com/5sergiob)

Pertama ada sang kapten Barcelona, Sergio Busquets. Sejak memulai kariernya pada 2008 hingga kini, gelandang asal Spanyol ini selalu membela Barcelona. Selama periode tersebut, Barca tak pernah absen dari Liga Champions dan mereka pun selalu lolos dari fase grup.

Oleh karena itu, Busquets sejauh ini belum pernah tampil di Europa League. Musim ini ia akan merasakan debutnya di turnamen tersebut jika bermain pada babak playoff Europa League bulan Februari 2022 mendatang. Sebagai kapten, Busquets tentu dituntut tetap tampil maksimal di Europa League meski hanya merupakan kompetisi kelas dua di Eropa.

2. Gerard Pique

5 Pemain Barcelona yang Bisa Tampil di Europa League Pertama Kalinyapotret Gerard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Sama seperti Busquets, Gerard Pique juga sudah membela Barcelona sejak tahun 2008. Sebelumnya, ia membela Manchester United selama 4 musim dan sempat dipinjamkan ke Real Zaragoza. Saat membela MU, Pique sempat 4 kali tampil di Liga Champions, sedangkan saat berseragam Zaragoza ia tak bermain di Eropa.

Pique pun belum pernah merasakan tampil di Europa League dan ia akan mengalaminya pertama kali musim ini. Pique tampil 5 kali di Liga Champions musim ini dan ia adalah pencetak gol tunggal kemenangan Barca saat melawan Dynamo Kiev. Sayangnya, sumbangsih Pique belum cukup membawa klubnya melangkah lebih jauh.

Baca Juga: 5 Target Striker Potensial Xavi di Januari, Pertajam Lini Depan Barca

3. Sergi Roberto

5 Pemain Barcelona yang Bisa Tampil di Europa League Pertama Kalinyapotret Sergi Roberto (instagram.com/sergiroberto)

Satu lagi pemain senior Barcelona yang belum pernah berlaga di Europa League adalah Sergi Roberto. Seperti Busquets, Sergi belum pernah membela klub lain selain Barcelona. Ia mulai berseragam Barca sejak 2010 dan sejauh ini ia mencatat 316 laga di semua ajang, dengan 54 di antaranya di Liga Champions.

Musim ini jadi kesempatan pertama bagi Sergi untuk menjajal Europa League, ajang yang seharusnya bisa dimenangi Barca. Namun, sayangnya Sergi justru tengah cedera otot dan belum diketahui kapan ia bisa bermain kembali. Akankah ia fit dan siap bermain di Europa League pada Februari 2022 mendatang?

4. Ousmane Dembele

5 Pemain Barcelona yang Bisa Tampil di Europa League Pertama Kalinyapotret Ousmane Dembele (instagram.com/_o.dembele7)

Berikutnya ada Ousmane Dembele, winger 24 tahun yang pernah membela tiga klub sejauh ini. Ketiga klub tersebut adalah Rennes, Borussia Dortmund, dan Barcelona. Rennes tak berlaga di Eropa saat dibela Dembele, sementara Dortmund dan Barca selalu tampil di Liga Champions.

Musim ini Dembele akan bermain di Europa League untuk pertama kalinya. Tentunya dengan syarat ia harus fit dan terhindar dari cedera. Dembele baru saja kembali dari cedera lutut yang dideritanya pada Piala Eropa 2020 lalu. Jika terus fit, Dembele tentu bisa jadi andalan Barca, tak hanya di Europa League tapi di semua ajang.

5. Martin Braithwaite

5 Pemain Barcelona yang Bisa Tampil di Europa League Pertama Kalinyapotret Martin Braithwaite (instagram.com/braithwaiteofficial)

Terakhir ada Martin Braithwaite, striker asal Denmark yang mulai membela Barcelona sejak awal 2020. Sebelumnya, nama Braithwaite memang nyaris tak terdengar karena ia hanya membela klub-klub semenjana, seperti Toulouse, Middlesbrough, serta Leganes yang memang tak pernah tampil di kancah Eropa.

Musim lalu Braithwaite tampil untuk pertama kalinya di Liga Champions. Sementara musim ini, ia akan debut di Europa League. Namun, hal itu pun belum tentu terlaksana karena ia sedang menderita cedera lutut sejak September 2021 lalu. Karena cederanya itu, Braithwaite baru tampil 3 kali musim ini dengan catatan 2 gol.

 

Gara-gara Barcelona gagal lolos dari fase grup Liga Champions, lima pemain di atas jadi berkesempatan tampil di Europa League untuk pertama kali dalam kariernya. Sebuah pengalaman baru yang harus patut disyukuri atau disesali?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tak Boleh Menghakimi Kiprah Xavi Hernandez di Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya