7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Modern

Nama-nama legendaris, nih!

Sebagai salah satu negara kuat di dunia sepak bola, sejak dulu Belanda senantiasa menghasilkan pemain-pemain kelas dunia, tak terkecuali di barisan penyerang. Negara yang timnasnya pernah terkenal dengan strategi total football ini pernah memproduksi banyak penyerang tajam yang bermain di liga-liga top Eropa.

Liga-liga top Eropa tersebut adalah Liga Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, serta Prancis. Siapa saja pemain Belanda yang sukses tampil tajam di liga-liga top tersebut di era modern? Berikut ini adalah 7 nama teratas.

7. Dennis Bergkamp (98 gol)

7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Modernarsenalstation.com

Mulai dari urutan ke-7, ada Dennis Bergkamp, striker yang dikenal sebagai legenda Arsenal. Bergkamp memang cukup lama membela Arsenal, yaitu selama 11 musim sejak 1995 hingga 2006. Selama periode tersebut, ia mencetak total 87 gol dalam 314 laga di Premier League.

Sebelumnya, Bergkamp juga sudah lebih dulu bermain untuk Inter Milan di Serie A selama dua musim. Ia mencetak 11 gol dalam 52 laga di dua musim tersebut. Secara total, Bergkamp mengoleksi 98 gol di liga-liga top Eropa.

6. Klaas-Jan Huntelaar (98 gol sejauh ini)

7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Moderntransfermarkt.com

Berikutnya ada Klaas-Jan Huntelaar yang sejah ini juga sudah mengoleksi total 98 gol di liga-liga top Eropa. Koleksi tersebut ia dapatkan di tiga liga, yaitu LaLiga, Serie A, dan Bundesliga. Pada 2009, Huntelaar bermain untuk Real Madrid selama setengah musim dan mencetak 8 gol dalam 20 pertandingan LaLiga.

Setelah itu, ia pindah ke AC Milan dan bermain selama semusim, namun hanya mencetak 7 gol dalam 25 laga Serie A. Barulah ketika bergabung dengan Schalke, Huntelaar menunjukkan ketajamannya. Ia masih aktif bermain dan sejauh ini jumlah golnya di Bundesliga adalah 83 gol. Huntelaar masih berpeluang menambah golnya hingga kontraknya berakhir di Juni nanti.

Baca Juga: 10 Top Skor Schalke Sepanjang Masa, dari Fischer hingga Huntelaar!

5. Patrick Kluivert (106 gol) 

7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Modernfcbarcelona.com

Patrick Kluivert lebih dikenal sebagai legenda Barcelona karena pernah membela klub Catalan itu selama 6 musim sejak 1998 hingga 2004. Namun, Kluivert juga pernah membela Valencia, AC Milan, Newcastle United, dan Lille. Secara total, Kluivert pernah bermain di 4 liga top Eropa.

Koleksi gol terbanyak tentu didapatkan Kluivert di LaLiga, yaitu 90 gol. Sementara itu, di Liga Italia dan Inggris ia mencetak masing-masing 6 gol plus 4 gol di Liga Prancis. Namun, ia hanya berhasil mengoleksi satu trofi di empat liga tersebut, yaitu trofi LaLiga bersama Barcelona.

4. Arjen Robben (125 gol) 

7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Moderngoal.com

Posisi keempat ditempati pemain yang beposisi sebagai winger, namun punya ketajaman luar biasa, Arjen Robben. Sepanjang kariernya, Robben pernah membela tiga tim besar di liga top Eropa, yaitu Chelsea di Premier League, Real Madrid di LaLiga, dan Bayern Munchen di Bundesliga.

Robben sukses mencetak 15 gol di Premier League, 11 gol di LaLiga, dan 99 gol di Bundesliga sehingga total golnya mencapai angka 125. Tak hanya gol, koleksi trofi Robben pun sangat memukau. Selama berkarier di liga-liga top Eropa, ia berhasil memenangkan tak kurang dari 29 trofi!

3. Robin van Persie (144 gol)

7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Moderntheguardian.com

Robin van Persie hanya pernah bermain di satu liga top Eropa sepanjang kariernya, yaitu Premier League. Ia membela Arsenal selama 8 musim sebelum hengkang dan bermain untuk Manchester United selama 3 musim. Dalam total 11 musim tersebut, van Persie sukses mencetak 144 gol di ajang Premier League.

Van Persie juga sempat dua kali menjadi top skor Premier League dan itu diraih secara beruntun pada musim 2011/2012 bersama Arsenal, lalu pada musim 2012/2013 bersama Manchester United. Torehan 5 trofi melengkapi kariernya di Inggis sebelum akhirnya ia pindah ke Liga Turki pada 2015.

2. Ruud van Nistelrooy (157 gol)

7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Moderngoal.com

Di urutan kedua ada Ruud van Nistelrooy yang khususnya dikenal saat membela Manchester United dan Real Madrid. Namun, selain kedua klub itu, Nistelrooy juga pernah bermain di Jerman membela Hamburg SV sebelum kembali ke Spanyol dan mengakhiri kariernya bersama Malaga.

Total 11 musim dihabiskan Nistelrooy di liga-liga top Eropa dan ia sukses menjaringkan 157 gol di ajang liga. Yang terbanyak tentu bersama MU, yaitu 95 gol di Premier League. Nistelrooy juga sukses menjadi top skor di Premier League dan LaLiga serta meraih total 8 trofi di kedua negara tersebut.

1. Roy Makaay (178 gol)

7 Pemain Belanda Tertajam di Liga Top Eropa pada Era Modernthesefootballtimes.co

Inilah pemain yang berstatus pemain Belanda tertajam di liga-liga top Eropa. Makaay pernah bermain selama 6 musim di LaLiga dengan membela dua klub, yaitu Tenerife dan Deportivo La Coruna. Total 100 gol ia ciptakan dalam 205 partai LaLiga. Ia juga sempat satu kali menjadi top skor LaLiga serta meraih 5 trofi di Spanyol yang semuanya bersama Deportivo La Coruna.

Setelah itu, Makaay hijrah ke Jerman untuk membela Bayern Munchen dan ketajamannya sama sekali tak berkurang. Sejak 2003 hingga 2007, Makaay sukses mencetak 78 gol dari 129 penampilannya di Bundesliga sehingga total golnya di liga top Eropa menjadi 178 gol. Hingga kini, belum ada pemain Belanda yang bisa menandingi rekor tersebut.

 

Itulah 7 pemain Belanda dengan koleksi gol terbanyak di liga-liga top Eropa pada era modern. Menurutmu, apakah catatan gol Makaay akan bisa ditandingi suatu saat nanti?

Baca Juga: Hebat, 5 Kiper Ini Jadi Top Skor Semusim Liga untuk Klubnya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya