5 Pemain Belgia yang Pernah Juara Liga Champions, Ada Duo Real Madrid

Ada yang meraih treble winners

Dalam sedekade terakhir, Belgia memiliki banyak pemain sepak bola hebat. Para pemain tersebut dikenal sebagai generasi emas Tim Nasional Belgia. Karena kualitasnya, banyak di antara mereka yang bermain dan berprestasi di klub-klub besar Eropa.

Pada 2021/2022, dua anggota generasi emas Belgia bahkan baru saja membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions Eropa. Mereka pun melengkapi daftar lima pemain asal Belgia yang pernah mengangkat trofi Liga Champions dalam kariernya.

1. Eric Gerets

5 Pemain Belgia yang Pernah Juara Liga Champions, Ada Duo Real MadridEric Gerets berseragam PSV Eindhoven (twitter.com/PSV)

Pemain Belgia pertama yang berhasil membawa klubnya juara Liga Champions adalah Eric Gerets. Ia merupakan bek kanan yang bermain pada periode 1971—1992. Gerets pernah membela empat klub sepanjang kariernya, termasuk dua klub besar, AC Milan dan PSV Eindhoven.

Masa-masa membela PSV adalah periode tersukses dalam karier Gerets. Ia membela PSV pada 1985–1992. Saat itu, Gerets berhasil meraih sepuluh trofi. Itu termasuk treble winners pada 1987/1988 berupa trofi Eredisivie, Piala KNVB, dan Liga Champions.

Sebagai kapten, Gerets berperan sangat besar dalam kesuksesan PSV. Ia tampil penuh dalam seluruh laga PSV di Liga Champions pada musim tersebut. Bagi PSV sendiri, itu menjadi trofi Liga Champions pertama sekaligus satu-satunya hingga saat ini.

2. Daniel Van Buyten

5 Pemain Belgia yang Pernah Juara Liga Champions, Ada Duo Real MadridDaniel Van Buyten mencium trofi Liga Champions 2012/2013. (twitter.com/ChampionsLeague)

Daniel Van Buyten adalah mantan bek tengah asal Belgia yang paling terkenal saat membela Bayern Munich. Ia berseragam Bayern Munich pada 2006–2014. Van Buyten mencatat total 239 laga bersama mereka di semua ajang. Ia tergolong produktif untuk seorang bek tengah dengan sumbangan 28 gol bagi Bayern Munich.

Van Buyten pernah mengangkat trofi Liga Champions bersama Bayern Munich. Itu terjadi pada 2012/2013, saat Bayern Munich memenangi treble winners. Van Buyten pensiun pada akhir musim 2013/2014 setelah meraih total tiga belas trofi bersama Bayern Munich.

Baca Juga: 6 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belgia, Semuanya Masih Aktif

3. Divock Origi

5 Pemain Belgia yang Pernah Juara Liga Champions, Ada Duo Real MadridDivock Origi berpose dengan trofi Liga Champions 2018/2019. (instagram.com/divockorigi)

Berikutnya, ada Divok Origi, striker Belgia yang menjuarai Liga Champions bersama Liverpool pada 2018/2019. Selama membela Liverpool, Origi memang lebih sering jadi pelapis. Namun, ia punya peran besar dalam kesuksesan The Reds menjuarai Liga Champions.

Origi tampil delapan kali di Liga Champions musim tersebut. Ia mencetak dua gol krusial saat Liverpool membukukan comeback gemilang atas Barcelona pada leg kedua babak semifinal. Bahkan, di final pun Origi mencetak gol yang mengunci kemenangan Liverpool atas Tottenham Hotspur.

Origi sendiri membela Liverpool selama total 8 musim pada 2014–2022. Ia sudah memutuskan untuk hengkang dari Anfield pada akhir 2021/2022. Kabarnya, Origi akan melanjutkan kariernya di Serie A Italia bersama AC Milan.

4. Thibaut Courtois

5 Pemain Belgia yang Pernah Juara Liga Champions, Ada Duo Real MadridThibaut Courtois (instagram.com/thibautcourtois)

Pada 2021/2022, Real Madrid berhasil meraih trofi Liga Champions ke-14 dalam sejarah mereka. Ada dua pemain Belgia dalam skuad juara tersebut. Pertama adalah Thibaut Courtois, kiper jangkung yang membela Real Madrid sejak 2018. Ia akhirnya mengangkat trofi Liga Champions untuk pertama kali dalam kariernya.

Courtois sangat berperan dalam keberhasilan Los Blancos jadi juara. Pada babak enam belas besar, ia sempat menepis sepakan penalti Lionel Messi. Penyelamatan itu pada akhirnya berarti besar bagi Real Madrid karena turut membuat mereka unggul agregat 3-2 atas Paris Saint-Germain.

Sinar Courtois memancar paling terang pada laga final melawan Liverpool. Ia menjadi Man of the Match pada laga tersebut berkat sejumlah penyelamatan hebat yang ia lakukan. Liverpool pun gagal membobol gawang Courtois sehingga membuat Real Madrid menang dan meraih trofi.

5. Eden Hazard

5 Pemain Belgia yang Pernah Juara Liga Champions, Ada Duo Real MadridEden Hazard (instagram.com/hazardeden_10)

Eden Hazard juga merupakan bagian skuad Real Madrid yang menjuarai Liga Champions 2021/2022. Sayangnya, Hazard minim kontribusi dalam keberhasilan tersebut. Ia kerap dihajar cedera. Hazard pun hanya tampil tiga kali di Liga Champions 2021/2022 dengan total 83 menit bermain.

Meski demikian, Hazard tetap berhak mendapatkan medali setelah Real Madrid meraih gelar juara. Ia sendiri mengakhiri musim 2021/2022 dengan jumlah 23 penampilan, tetapi hanya bermain rata-rata 39 menit per laga. Hazard jelas harus memperbaiki kebugarannya jika ingin lebih banyak berkontribusi.

Lima pemain Belgia di atas sukses membuktikan kualitasnya dengan membawa klubnya juara Liga Champions. Sebagian besar dari mereka berperan penting saat timnya meraih trofi. Apakah akan ada lagi pemain Belgia yang menjuarai Liga Champions musim depan?

Baca Juga: Kabar 6 Pemain yang Direkrut Real Madrid Bareng Eden Hazard

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya