Comscore Tracker

5 Pemain Klub Besar yang Mulai Berkembang saat Dilatih Erik ten Hag

Ada yang bereuni dengan Ten Hag di Manchester United

Erik ten Hag adalah pelatih baru Manchester United mulai musim 2022/2023. Bagi United, kedatangan Ten Hag pantas menimbulkan optimisme. Pasalnya, kehebatan sang pelatih asal Belanda telah terbukti selama menangani Ajax Amsterdam dengan raihan tiga trofi Eredivisie Belanda plus tiga trofi lain.

Tak hanya trofi, kualitas Ten Hag selama melatih Ajax juga terlihat dari sejumlah pemain yang ia bina. Bersama Ten Hag, beberapa pemain muda Ajax berkembang pesat hingga akhirnya diboyong oleh klub-klub besar Eropa. Lima pemain berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Hakim Ziyech

5 Pemain Klub Besar yang Mulai Berkembang saat Dilatih Erik ten HagHakim Ziyech (instagram.com/hziyech)

Hakim Ziyech adalah winger asal Maroko yang kariernya mulai meroket bersama Ajax Amsterdam. Ia mulai membela Ajax pada 2016 setelah diboyong dari Twente oleh pelatih Peter Bosz. Perkembangan Ziyech makin pesat sejak Ajax dilatih oleh Erik ten Hag mulai Desember 2017.

Selama di Ajax, Ziyech terkenal sebagai jagonya membuat assist. Ia membuat 80 assists dalam 164 penampilan bersama Ajax di semua ajang. Ziyech kemudian diboyong Chelsea pada 2020. Sayangnya, performa Ziyech bersama The Blues masih belum sebagus ketika ia membela Ajax.

2. Matthijs de Ligt

5 Pemain Klub Besar yang Mulai Berkembang saat Dilatih Erik ten HagMatthijs de Ligt (instagram.com/mdeligt_)

Matthijs de Ligt adalah produk asli akademi Ajax Amsterdam. Bek tengah asal Belanda ini mulai membela tim senior Ajax pada musim 2016/2017 saat berusia 17 tahun. Pada musim berikutnya, De Ligt mulai sering menjadi starter setelah kepergian Davinson Sanchez ke Tottenham Hotspur.

Setelah kedatangan Ten Hag, De Ligt makin berkembang pesat. Ia adalah salah satu pemain kunci Ajax saat meraih dua trofi sekaligus mencapai semifinal Liga Champions 2018/2019. Karena prestasi tersebut, De Ligt akhirnya diboyong Juventus pada 2019 dan hingga kini masih menjadi salah satu bek andalan Juve.

Baca Juga: Ketimbang Chelsea, De Ligt Malah Pilih Bayern Munich

3. Frenkie de Jong

5 Pemain Klub Besar yang Mulai Berkembang saat Dilatih Erik ten HagFrenkie de Jong (instagram.com/frenkiedejong)

Seperti De Ligt, Frenkie de Jong juga adalah jebolan akademi Ajax yang mulai membela tim senior pada 2016/2017. Pemain berposisi gelandang ini mulai jadi andalan Ajax setelah kedatangan Ten Hag. Ia bertahan di Ajax hingga 2018/2019 dan mencatat total 89 penampilan di semua ajang.

De Jong lalu bergabung dengan Barcelona dan bertahan hingga saat ini. Namun, ia tengah diincar Manchester United untuk kembali mengisi skuad besutan Ten Hag. Meski ingin bertahan, De Jong masih menjalani negosiasi alot dengan pihak Barca dan United untuk menentukan masa depannya.

4. Sergino Dest

5 Pemain Klub Besar yang Mulai Berkembang saat Dilatih Erik ten HagSergino Dest (instagram.com/sgd_2)

Sergino Dest juga saat ini tengah membela Barcelona setelah mengawali kariernya di Ajax Amsterdam. Dest adalah fullback asal Amerika Serikat yang membela Ajax pada 2019/2020. Ia hanya sempat merumput bersama Ajax semusim saja karena langsung diboyong Barcelona pada musim berikutnya.

Dest baru berusia 19 tahun ketika membela Ajax. Namun, pelatih Erik ten Hag sempat mengandalkannya dalam 37 laga di semua ajang. Kini, bersama Barca pun Dest sukses merebut tempat utama di pos bek kanan. Ia masih punya banyak waktu untuk terus berkembang jadi bek jempolan Barca.

5. Donny van de Beek

5 Pemain Klub Besar yang Mulai Berkembang saat Dilatih Erik ten HagDonny van de Beek (instagram.com/donnyvdbeek)

Terakhir, ada Donny van de Beek, gelandang asal Belanda yang membela Ajax Amsterdam pada 2015–2020. Selama berkostum Ajax, Van de Beek selalu jadi andalan di lini tengah. Khususnya setelah Ten Hag menjadi pelatih Ajax, posisi Van de Beek di tim utama tak tergantikan.

Van de Beek pun membalas kepercayaan Ten Hag dengan kontribusi nyata. Ia membuat 41 gol dan 34 assists dalam 175 penampilan bersama Ajax. Sayangnya, nasib Van de Beek berubah drastis setelah bergabung ke Manchester United pada 2020.

Jangankan jadi andalan, Van de Beek bahkan sampai dipinjamkan ke klub lain pada musim 2021/2022 demi mendapat menit bermain. Namun, dengan kedatangan Erik ten Hag ke Manchester United, bisa jadi peruntungan Van de Beek bakal kembali seperti sedia kala mulai musim depan.

 

Lima pemain di atas mulai mencuat namanya saat ditangani oleh Erik ten Hag di Ajax Amsterdam. Mereka pun jadi bukti nyata bahwa Ten Hag piawai mengasah kemampuan para pemain muda potensial. Fans Manchester United pasti tak sabar menanti Ten Hag melakukan hal serupa bersama Setan Merah.

Baca Juga: Semoga Tyrell Malacia Tak Seperti Depay Atau Van de Beek di MU

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya