8 Pemain Bernama Depan Gabriel yang Pernah Berkarier di EPL

Empat di antaranya pernah membela Arsenal

Ada satu trivia unik yang berkaitan dengan skuad Arsenal pada 2022/2023. The Gunners saat ini memiliki tiga pemain asal Brasil yang sama-sama memiliki nama depan Gabriel. Mereka adalah Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli, dan Gabriel Magalhaes.

Fans setia Arsenal tentu masih ingat bahwa dulu mereka juga pernah memiliki pemain bernama Gabriel. Nama Gabriel sendiri memang jamak dimiliki laki-laki, khususnya di Amerika Latin. Bahkan, ada delapan pemain bernama depan Gabriel yang pernah berkarier di English Premier League (EPL).

1. Gabriel Heinze

8 Pemain Bernama Depan Gabriel yang Pernah Berkarier di EPLGabriel Heinze (manutd.com)

Pemain bernama depan Gabriel pertama yang pernah merumput di Premier League adalah Gabriel Heinze. Ia merupakan bek asal Argentina yang membela Manchester United pada 2004–2007. Sang pemain biasa diplot sebagai bek kiri, tetapi juga bisa bermain di jantung pertahanan.

Bersama Manchester United, Heinze bermain 83 kali di semua ajang. Ia turut meraih trofi EPL 2006/2007, bahkan sempat menjadi pemain terbaik Manchester United pada 2004/2005. Heinze pun tercatat sebagai pemain pertama dari luar Eropa yang meraih penghargaan tersebut.

2. Gabriel Paletta

8 Pemain Bernama Depan Gabriel yang Pernah Berkarier di EPLGabriel Paletta (skysports.com)

Berikutnya, ada Gabriel Paletta, bek tengah kelahiran Argentina yang pernah membela Timnas Italia. Paletta pernah bermain di Premier League bersama Liverpool pada 2006/2007. Saat itu, ia baru berusia 20 tahun, sehingga hanya diberi kesempatan tampil 8 kali, termasuk 3 kali di EPL.

Setelah itu, Paletta ternyata hanya bertahan semusim di Liverpool karena langsung dijual ke Boca Juniors. Paletta juga sempat lama berkarier di Serie A Italia. Ia pernah membela AC Milan. Saat ini pun ia masih bermain di Serie A 2022/2023 bersama klub yang baru promosi, AC Monza.

3. Gabriel Obertan

8 Pemain Bernama Depan Gabriel yang Pernah Berkarier di EPLGabriel Obertan (manutd.com)

Selain Heinze, Manchester United juga pernah memiliki pemain lain yang bernama Gabriel, yaitu Gabriel Obertan. Ia adalah winger asal Prancis yang membela Manchester United pada 2009–2011.

Sayangnya, selama 2 musim, ia lebih banyak jadi penghangat bangku cadangan dengan total 27 penampilan. Obertan kemudian hijrah ke sesama klub EPL, Newcastle United.

Ia membela The Magpies selama 5 musim, tetapi jumlah penampilannya tak istimewa, hanya 77 kali di semua ajang. Secara umum, Obertan gagal memberi impresi istimewa selama bermain di Inggris.

4. Gabriel Tamas

8 Pemain Bernama Depan Gabriel yang Pernah Berkarier di EPLGabriel Tamas (skysports.com)

Pemain satu ini juga berasal dari Eropa, tepatnya Rumania. Gabriel Tamas adalah bek tengah yang pernah bermain di Inggris bersama West Bromwich Albion. Ia membela West Brom pada 2010–2013.

Awalnya pinjaman, Tamas dipermanenkan setelah turut membawa The Baggies promosi ke EPL. Ia bermain total 77 kali bagi West Brom, termasuk 45 penampilan di Premier League.

Namanya memang jarang terdengar karena West Brom hanya klub semenjana. Tamas yang sudah berusia 38 tahun masih aktif bermain di negaranya sendiri.

Baca Juga: Apik di Arsenal, Gabriel Jesus Justru Tak Masuk Skuad Brasil

5. Gabriel Paulista

8 Pemain Bernama Depan Gabriel yang Pernah Berkarier di EPLGabriel Paulista (arsenal.com)

Sebelum trio Gabriel pada 2022/2023, Arsenal sudah pernah memiliki pemain bernama depan Gabriel. Ia adalah Gabriel Paulista, bek yang juga berasal dari Brasil. Gabriel Paulista berkostum Arsenal selama 2,5 musim pada 2015–2017 setelah diboyong dari Villarreal.

Selama bermain untuk Arsenal, Gabriel Paulista mencatat 64 penampilan di semua ajang. Ia juga turut mengangkat 2 trofi Piala FA dan 1 Community Shield. Gabriel Paulista kembali ke Spanyol pada 2017 dan membela Valencia hingga saat ini.

6. Gabriel Martinelli

8 Pemain Bernama Depan Gabriel yang Pernah Berkarier di EPLGabriel Martinelli (instagram.com/gabriel.martinelli)

Arsenal kembali mendatangkan pemain Brasil bernama depan Gabriel pada 2019. Gabriel Martinelli diboyong dari Ituano saat masih berusia 18 tahun. Sejak musim pertamanya, Martinelli sudah menunjukkan potensi luar biasa sehingga diberi cukup banyak kesempatan.

Martinelli kini makin matang. Ia pun menjadi salah satu andalan di lini depan Arsenal.

Sejauh ini, Martinelli sudah bermain 95 kali dengan torehan 22 gol dan 15 assist. Kontribusi terbarunya adalah 1 gol dan 1 assist saat Arsenal membekuk Liverpool 3-2 pada pekan kesembilan Premier League 2022/2023.

7. Gabriel Magalhaes

8 Pemain Bernama Depan Gabriel yang Pernah Berkarier di EPLGabriel Magalhaes (instagram.com/_gabrielmagalhaes)

Gabriel Magalhaes menyusul Martinelli ke Arsenal pada 2020. Ia dibeli Arsenal setelah tampil apik bersama Lille di Ligue 1 Prancis. Seperti Martinelli, Gabriel Magalhaes pun sukses berkembang menjadi pemain andalan di Arsenal.

Sejauh ini, Gabriel Magalhaes sudah bermain 81 kali di semua ajang. Sebagai bek tengah, torehan golnya terbilang apik, yaitu sembilan gol.

Gabriel Magalhaes juga tetap tak melupakan tugasnya di lini pertahanan. Arsenal masih jadi salah satu tim dengan pertahanan tersolid di Premier League 2022/2023.

8. Gabriel Jesus

8 Pemain Bernama Depan Gabriel yang Pernah Berkarier di EPLGabriel Jesus meraih banyak sukses bersama Manchester City. (instagram.com/dejesusoficial)

Gabriel Jesus melengkapi trio Gabriel yang dimiliki Arsenal pada 2022/2023. Jesus bergabung dengan The Gunners dari Manchester City pada musim panas 2022.

Bersama The Citizens, ia telah menikmati kesuksesan luar biasa sejak didatangkan dari Palmeiras pada 2017. Jesus mencatat 95 gol dan 46 assist dalam 236 penampilan bersama Manchester City serta mengangkat sepuluh trofi.

Ia tak selalu jadi striker utama di Manchester City. Oleh karena itu, ia dibeli Arsenal. bersama Arsenal, Jesus adalah andalan di lini depan. Sejauh ini ia sudah membuat 5 gol dalam 11 penampilan.

Sebanyak 4 dari 8 pemain di atas pernah meraih trofi saat membela klub Premier League. Akankah ada lagi pemain bernama depan Gabriel yang menyusul mereka ke EPL dan meraih sukses?

Baca Juga: 10 Fakta Gabriel Magalhaes, Sosok Tangguh di Lini Belakang Arsenal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya