5 Pemain Bertahan yang Pernah Jadi Premier League Player of the Season

Ada yang sukses meraihnya dua kali

English Premier League (EPL) mulai diselenggarakan pada musim 1992/1993. Namun, penghargaan individual kepada pemain terbaik dalam semusim Premier League baru mulai diberikan pada 1994/1995. Bertajuk Premier League Player of the Season, penghargaan ini tentu punya prestise yang cukup tinggi.

Sepanjang sejarah, sebagian besar pemain sepak bola yang terpilih sebagai Premier League Player of the Season berposisi sebagai penyerang atau gelandang. Namun, ada pula lima pemain bertahan yang pernah meraih penghargaan tersebut berkat penampilan apiknya selama satu musim Premier League.

1. Peter Schmeichel (1995/1996)

5 Pemain Bertahan yang Pernah Jadi Premier League Player of the SeasonPeter Schmeichel (premierleague.com)

Gelar Premier League Player of the Season edisi perdana yaitu musim 1994/1995 dimenangi Alan Shearer yang berposisi striker. Lalu, musim berikutnya penghargaan itu diraih oleh Peter Schmeichel. Penjaga gawang legendaris Manchester United ini berperan penting membawa Setan Merah menjuarai Premier League 1995/1996.

Schemichel sukses mencatat clean sheet terbanyak di Premier League musim tersebut, yaitu 18 clean sheet. Kiper asal Denmark ini juga hanya kebobolan 30 kali dalam 36 laga yang ia mainkan. Sejauh ini, Schemeichel masih menjadi satu-satunya kiper yang pernah menjadi pemain terbaik Premier League.

2. Nemanja Vidic (2008/2009 dan 2010/2011)

5 Pemain Bertahan yang Pernah Jadi Premier League Player of the SeasonNemanja Vidic (skysports.com)

Lebih dari sedekade kemudian, gelar Premier League Player of the Season kembali diraih oleh pemain bertahan. Nemanja Vidic dinyatakan yang terbaik setelah membawa Manchester United juara Premier League 2008/2009. Berkat penampilan solid Vidic, United hanya kebobolan 24 kali di Premier League pada musim tersebut.

Pada musim 2010/2011, Vidic lagi-lagi dinyatakan jadi pemain terbaik Premier League. Bek asal Serbia ini juga sukses mengantarkan Manchester United jadi juara saat itu. Vidic pun bersanding dengan Thierry Henry dan Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang pernah dua kali memenangi Premier League Player of the Season.

Baca Juga: 5 Klub Langganan Premier League yang Kini Berjuang di League One

3. Vincent Kompany (2011/2012)

5 Pemain Bertahan yang Pernah Jadi Premier League Player of the SeasonVincent Kompany (skysports.com)

Pada musim 2011/2012, Manchester City berhasil meraih trofi Premier League untuk pertama kalinya. Vincent Kompany yang menjadi kapten City pun dinyatakan sebagai pemain terbaik Premier League. Bek asal Belgia ini sukses memimpin rekan-rekannya jadi juara, padahal itu adalah musim perdananya sebagai kapten.

Selain itu, Kompany juga tampil solid sehingga membuat City punya pertahanan terbaik di Premier League saat itu. Meski hanya pernah sekali meraih gelar Premier League Player of the Season, Kompany sukses membawa City juara Premier League empat kali sepanjang kariernya.

4. Virgil van Dijk (2018/2019)

5 Pemain Bertahan yang Pernah Jadi Premier League Player of the SeasonVirgil van Dijk (skysports.com)

Virgil van Dijk juga pernah menjadi pemain terbaik Premier League, yaitu pada musim 2018/2019. Padahal, saat itu Liverpool gagal menjadi juara. Namun, penampilan The Reds memang luar biasa pada musim tersebut. Mereka menjadi runner-up dengan raihan 97 poin, rekor poin terbanyak bagi klub yang gagal juara Premier League.

Van Dijk berperan besar dalam membawa Liverpool mencatat rekor tersebut. Kontribusinya membuat Liverpool hanya kebobolan 22 kali, tersedikit di Premier League. Bek asal Belanda ini sukses memperkuat lini belakang yang tadinya adalah salah satu titik kelemahan Si Merah.

5. Ruben Dias (2020/2021)

5 Pemain Bertahan yang Pernah Jadi Premier League Player of the SeasonRuben Dias (skysports.com)

Musim 2020/2021 lalu, gelar Premier League Player of the Season kembali diraih oleh pemain bertahan. Ruben Dias jadi pemain bertahan kelima yang mendapatkan penghargaan tersebut. Bek tengah asal Portugal ini meraihnya usai membawa Manchester City jadi juara dengan meyakinkan.

Padahal, Dias masih berusia cukup muda yaitu 24 tahun. Msim 2020/2021 pun adalah musim pertamanya di Premier League. Selain juara Premier League, Dias juga berhasil mengantarkan City mencapai final Liga Champions musim lalu, meski gagal jadi juara.


Tak hanya penyerang dan gelandang, lima pemain di atas membuktikan bahwa gelar Premier League Player of the Season juga bisa diraih pemain bertahan. Musim 2021/2022 ini, siapa yang bakal mendapatkan penghargaan tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Belgia yang Dianggap Gagal Maksimalkan Potensi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya