Comscore Tracker

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!

Dari legenda MU sampai legenda Liverpool

Newcastle United adalah salah satu klub Inggris yang langganan tampil di Premier League sejak dulu. Mereka baru 3 musim absen dari divisi teratas sejak era Premier League, bahkan mereka pernah jadi runner-up Premier League pada musim 1995/1996 dan 1996/1997.

Meskipun mereka lebih sering finis di papan tengah atau bawah, Newcastle ternyata pernah dibela oleh sejumlah pemain bintang. Beberapa di antaranya mungkin terlupakan atau tak diketahui banyak orang. Ini dia 10 pemain top yang ternyata pernah membela Newcastle United.

1. Nicky Butt yang lebih dikenal sebagai legenda Manchester United ternyata pernah membela Newcastle selama 6 musim

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!nufc.com

Butt pindah ke Newcastle pada tahun 2004 setelah menghabiskan 12 musim penuh kesuksesan di MU. Bersama Newcastle, gelandang asal Inggris ini bermain 171 kali dan menyumbang 5 gol serta 5 assist.

2. Seperti Butt, Andy Cole pun juga lebih dikenal sebagai legenda MU, tetapi ia juga pernah membela Newcastle

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!nufc.com

Malah sebenarnya Cole didatangkan MU karena penampilannya yang luar biasa bersama Newcastle. Selama dua musim dari tahun 1993 hingga 1995, Cole bermain 69 kali dan mencetak 56 gol! Catatan gol yang menakjubkan itu akhirnya membuat MU kepincut untuk mendatangkannya ke Old Trafford.

3. Sol Campbell kemungkinan besar lebih kamu ingat sebagai bek legendaris Arsenal

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!goal.com

Campbell membela Newcastle pada musim terakhir kariernya, yaitu 2010/2011. Ia sudah berusia 36 tahun kala itu sehingga bek yang terkenal garang pada masa jayanya ini hanya bermain 8 kali bagi Newcastle di semua ajang.

Baca Juga: Messi Norwegia Mulai Kasih Tuah ke Arsenal

4. Nama Dietmar Hamann mendunia ketika membela Liverpool, namun sebelumnya ia lebih dulu membela Newcastle

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!goal.com

Hanya semusim yang dihabiskan Hamann di Newcastle dengan catatan 28 penampilan dan 4 gol. Liverpool lalu mendatangkannya pada tahun 1999 dan gelandang asal Jerman ini menikmati 7 musim penuh kesuksesan dengan The Reds.

5. Ingat Patrick Kluivert? Striker Belanda yang bersinar bersama Barcelona ini pernah menjajal Premier League selama semusim

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!newcastletoons.com

Ia membela Newcastle di musim 2004/2005 setelah hengkang dari Barca. Ia sebenarnya tampil cukup bagus kala itu dengan mencetak 13 gol dalam 37 pertandingan. Namun, di akhir musim Newcastle tetap melepasnya sehingga Kluivert kembali ke Spanyol untuk membela Valencia.

6. Masih ada lagi legenda Manchester United yang ternyata pernah bermain di Newcastle, yaitu Louis Saha

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!whatculture.com

Striker asal Prancis ini membela Newcastle pada tahun 1999 sebagai pinjaman dari klub Ligue 1, Metz. Kala itu Saha baru berusia 21 tahun, dan selama setengah musim Saha bermain 11 kali dengan catatan 1 gol dan 1 assist.

7. Ada pula Alan Smith yang sebelumnya terkenal bersama Leeds United dan MU

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!bbc.co.uk

Sempat dikenal sebagai striker berbahaya, karier Smith mulai berantakan karena mengalami cedera parah saat membela MU pada tahun 2006. Ia memang berhasil sembuh dan kembali ke lapangan hijau, tetapi ketajamannya menurun drastis. Hengkang dari MU, Smith membela Newcastle selama 5 musim dan bermain 94 kali di semua ajang, tetapi gagal mencetak satu gol pun.

8. Mark Viduka pernah bersama-sama dengan Smith di Leeds United dan di Newcastle pun mereka kembali satu tim

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!skysports.com

Viduka membela Newcastle selama dua musim dari tahun 2007 hingga 2009. Ia bermain 40 kali di semua ajang dan mencetak 8 gol. Newcastle sendiri adalah klub terakhir bagi striker asal Australia ini. Ia pensiun karena cedera menahun yang dialami.

9. Jon Dahl Tomasson populer kala membela AC Milan dan ternyata ia juga pernah membela Newcastle

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!chroniclelive.co.uk

Tomasson adalah striker asal Denmark yang pernah meraih trofi Liga Champions bersama AC Milan. Newcastle adalah salah satu klub yang ia bela di awal kariernya selama semusim, tepatnya pada musim 1997/1998. Bersama Newcastle, Tomasson bermain 34 kali dan mencetak 4 gol seperti catatan Transfermarkt.

10. Terakhir, ada Ian Rush, yang merupakan legenda hidup Liverpool

10 Pemain Bintang yang Pernah Membela Newcastle United, Gak Nyangka!chroniclelive.co.uk

Ian Rush merupakan pencetak gol terbanyak Liverpool sepanjang masa dengan 346 gol di semua ajang bagi Liverpool. Setelah 8 musim membela Liverpool, Rush hengkang ke Leeds United, kemudian Newcastle. Ia membela Newcastle pada musim 1997/1998 atau pada musim yang sama dengan Tomasson. Namun, Rush hanya sempat bermain 13 kali di Newcastle dan mencetak 1 gol.

 

Itulah 10 pemain top dunia yang ternyata pernah bermain untuk Newcastle United meskipun kini mungkin sudah terlupakan banyak orang. Di antara mereka, siapa pemain yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: Hitung Peluang, Ini 6 Pemain Newcastle Jets yang Jadi Saingan Abimanyu

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya