5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala Dunia

Nama Pele dan Ronaldo tentu termasuk di dalamnya

Brasil adalah negara tersukses di ajang Piala Dunia FIFA. Timnas Brasil selalu tampil dalam setiap edisi sekaligus pernah lima kali jadi juara. Brasil juga memiliki banyak pemain yang pernah bersinar di Piala Dunia, misalnya dengan mencetak banyak gol.

Pemain Brasil dengan koleksi gol terbanyak di Piala Dunia adalah Ronaldo. Striker berjuluk El Fenomeno tersebut mencetak total 15 gol di Piala Dunia. Namun, siapa pemain Brasil yang sukses mencetak gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia? Inilah lima nama teratas.

1. Ademir (9 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaAdemir (twitter.com/FIFAWorldCup)

Bukan Ronaldo, daftar ini dipimpin oleh Ademir de Menezes. Ademir hanya pernah tampil di Piala Dunia 1950 Brasil. Namun, satu edisi itu sudah cukup baginya untuk membuat rekor. Ia mencetak sembilan gol sehingga menjadi pemain Brasil dengan gol terbanyak di satu edisi Piala Dunia.

Torehan sembilan gol juga membuat Ademir jadi top skor Piala Dunia 1950. Sayangnya, edisi tersebut berakhir tragis bagi Brasil. Meski amat diunggulkan juara, Brasil harus menerima kenyataan hanya jadi runner-up karena kalah bersaing dengan Uruguay. Ademir sendiri hanya lanjut membela timnas hingga 1953. Ia pensiun dengan catatan 32 gol dalam 39 caps

2. Ronaldo (8 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaRonaldo (fifa.com)

Ronaldo ternyata tak berhasil melewati torehan gol Ademir dalam satu edisi Piala Dunia. Eks striker Barcelona dan Real Madrid ini pernah tampil dalam tiga edisi Piala Dunia. Edisi terbaiknya adalah Piala Dunia 2002 Korea/Jepang, di mana ia membawa Brasil juara dunia.

Selain jadi juara, Ronaldo saat itu juga merebut sepatu emas berkat torehan delapan golnya. Itu adalah jumlah gol terbanyak baginya dalam satu edisi Piala Dunia. Total 15 gol sendiri membuat Ronaldo tercatat sebagai pemain tertajam kedua di Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Timnas Brasil Selama Berkiprah di Piala Dunia 2022

3. Leonidas (7 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaLeonidas (twitter.com/CBF_Futebol)

Ada pula Leonidas da Silva, striker Brasil di Piala Dunia 1934 Italia dan Piala Dunia 1938 Prancis. Di Piala Dunia pertamanya, Leonidas hanya mencetak satu gol. Namun, di Piala Dunia 1938, Leonidas sukses menjadi top skor dengan torehan tujuh gol.

Sayangnya, Brasil hanya jadi juara ketiga di Piala Dunia 1938. Leonidas sendiri hanya punya catatan penampilan yang minim bersama timnas, yaitu 19 caps. Hebatnya, ia mampu menghiasinya dengan total 21 gol.

4. Jairzinho (7 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaJairzinho (fifa.com)

Jair Ventura Filho juga pernah mencetak tujuh gol di satu edisi Piala Dunia. Eks winger yang akrab disapa Jairzinho melakukannya di Piala Dunia 1970 Meksiko. Meski tak menjadi top skor, tujuh gol Jairzinho berandil besar membawa Brasil jadi juara.

Jairzinho juga tampil di Piala Dunia 1974 Jerman dan mencetak dua gol. Namun, Brasil hanya menempati peringkat keempat pada edisi tersebut. Secara keseluruhan, Jairzinho mengoleksi 81 caps dan 33 gol selama membela timnas.

5. Pele (6 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaPele (fifa.com)

Nama Edson Arantes do Nascimento alias Pele tentu tak ketinggalan di daftar ini. Salah satu legenda terbesar sepak bola ini masih menjadi top skor sepanjang masa Timnas Brasil dengan 77 gol. Di ajang Piala Dunia, ia adalah pemain tertajam kedua Brasil dengan 12 gol.

Pele tampil dalam 4 edisi Piala Dunia dan turut memenangi 3 di antaranya. Itu adalah rekor yang belum bisa disamai siapa pun hingga kini. Edisi tertajam Pele adalah Piala Dunia 1958 Swedia. Ia mencetak 6 gol, termasuk hat-trick di semifinal dan 2 gol di final.

Padahal, itu adalah edisi Piala Dunia perdana bagi Pele yang baru berusia 17 tahun. Sinar Pele juga benderang di edisi Piala Dunia terakhirnya pada 1970. Ia membawa Brasil juara dengan torehan 4 gol dan 6 assist, termasuk 1 gol dan 2 assist di partai final.

Kelima pemain di atas adalah para legenda sepak bola Brasil yang namanya akan selalu dikenang. Di masa depan, adakah pemain Brasil yang bisa mencetak lebih banyak gol dari mereka dalam satu edisi Piala Dunia?

Baca Juga: Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya