5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim Premier League

Mereka tak pernah jadi top skor

Pemain Brasil telah meramaikan English Premier League (EPL) sejak lama. Beberapa dari mereka sukses mencetak banyak gol, bahkan membawa timnya juara. Namun, ternyata belum pernah ada pemain Brasil yang menjadi top skor EPL.

Sejumlah pemain Brasil memang pernah mencetak banyak gol dalam 1 musim Premier League. Namun, mereka tak meraih gelar top skor karena koleksinya kalah dari pemain lain.

Inilah lima pemain Brasil dengan gol terbanyak dalam 1 musim Premier League itu.

1. Roberto Firmino (15 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim Premier LeagueRoberto Firmino (liverpoolfc.com)

Roberto Firmino adalah pemain Brasil tertajam sepanjang sejarah Premier League. Striker Liverpool tersebut sudah mengoleksi 78 gol sejak mulai berkarier di EPL pada 2015.

Firmino juga merupakan pemain Brasil dengan gol terbanyak dalam semusim. Ia sempat mencetak 15 gol pada 2017/2018.

Firmino bahkan mampu mencapai dua digit gol di Premier League dalam 3 musim lain. Namun, ia kemungkinan bakal meninggalkan EPL. Kontraknya bersama Liverpool habis pada musim panas 2023. Sejauh ini belum diperpanjang.

2. Robinho (14 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim Premier LeagueRobinho (twitter.com/premierleague)

Robinho adalah eks striker Brasil yang pernah membela Manchester City. Ia merupakan pemain pertama yang dibeli Manchester City sejak dimiliki Abu Dhabi United Group pada 2008. Hebatnya, musim pertama Robinho di Inggris langsung berbuah banyak gol.

Robinho mencetak 15 gol di bagi Manchester City pada 2008/2009. Itu termasuk 14 gol di EPL.

Sayangnya, kebersamaan Robinho dan Manchester City tak berlangsung lama. Ia dilepas pada 2010 karena minim kontribusi pada musim keduanya di Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gol Terbanyak pada Musim Debut di Premier League

3. Gabriel Jesus (14 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim Premier LeagueGabriel Jesus (mancity.com)

Gabriel Jesus juga pernah mencetak 14 gol dalam 1 musim di Premier League. Itu terjadi pada 2019/2020 saat masih membela Manchester City. Namun, The Citizens gagal juara karena kalah saing dengan Liverpool.

Jesus juga sempat mencetak 13 gol di EPL 2017/2018. Itu adalah musim penuh pertamanya di Inggris.

Gabriel Jesus sendiri masih menunjukkan ketajaman di Premier League meski telah pindah ke Arsenal. Sayangnya, cedera membuatnya harus menepi sementara di tengah persaingan EPL 2022/2023.

4. Philippe Coutinho (13 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim Premier LeaguePhilippe Coutinho (liverpoolfc.com)

Ada pula Philippe Coutinho, gelandang serang yang pernah tampil tajam bersama Liverpool. Ia mencetak total 41 gol di Premier League selama 5,5 musim memperkuat Liverpool.

Koleksi terbaik Coutinho adalah 13 gol pada 2016/2017. Namun, sinarnya mulai meredup sejak hengkang dari Liverpool pada akhir 2018.

Ia tak pernah lagi menunjukkan ketajaman serupa seperti saat berseragam Liverpool. Coutinho kini membela Aston Villa di EPL, tetapi penampilannya tidak banyak menarik perhatian.

5. Richarlison (13 gol)

5 Pemain Brasil dengan Gol Terbanyak dalam 1 Musim Premier LeagueRicharlison (instagram.com/richarlison)

Richarlison juga pernah mencetak 13 gol dalam 1 musim Premier League. Ia melakukannya dua kali beruntun bersama Everton pada 2018/2019 dan 2019/2020.

Selama 4 musim membela Everton, Richarlison tiga kali menjadi top skor klubnya. Namun, pada musim panas 2022, ia hengkang ke Tottenham Hotspur. 

Richarlison kini kesulitan tampil tajam, bahkan masih nihil gol di EPL. Untungnya, ia masih punya banyak waktu untuk memperbaiki kariernya bersama Tottenham.

Lima pemain Brasil di atas pernah tampil tajam dalam semusim EPL. Namun, mereka tidak berhasil merebut gelar top skor.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Gabung Klub Premier League pada Musim Panas 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya