5 Pemain Brasil yang Jadi Kapten Klub Liga Top Eropa 2021/2022

Tak hanya punya skill, tapi juga kepemimpinan

Brasil sejak dulu terkenal sebagai salah satu negara penghasil pemain-pemain terhebat. Tak terhitung banyaknya pemain asal Brasil yang sukses mendunia dan meraih banyak sukses. Pemain asal Brasil khususnya terkenal memiliki skill individual mumpuni karena tradisi Jogo Bonito yang mereka miliki.

Namun, pemain asal Brasil ternyata tak hanya bisa diandalkan permainannya. Beberapa dari mereka juga punya jiwa kepemimpinan tinggi sehingga dipercaya menjadi kapten timnya. Sebagai buktinya, inilah lima pemain Brasil yang dipercaya menjadi kapten klub di liga top Eropa musim 2021/2022.

1. Fernandinho (Manchester City)

5 Pemain Brasil yang Jadi Kapten Klub Liga Top Eropa 2021/2022Fernandiho (instagram.com/fernandinho)

Pertama ada Fernandinho, gelandang yang saat ini menjadi kapten Manchester City. Fernandinho setia membela City sejak didatangkan dari Shakhtar Donetsk pada 2013. Sejauh ini, ia sudah tampil dalam lebih dari 360 laga bagi City di semua ajang. Peran sebagai gelandang bertahan ia jalani dengan apik hingga berbuah banyak trofi bagi klubnya.

Karena kontribusi serta pengalamannya, Fernandinho dipercaya menjadi kapten utama City sejak 2020. Sudah berusia 36 tahun, menit bermain Fernandinho memang tak sebanyak dulu. Namun, ia tetap berperan penting memimpin rekan-rekannya di dalam serta di luar lapangan.

2. Marcelo (Real Madrid)

5 Pemain Brasil yang Jadi Kapten Klub Liga Top Eropa 2021/2022Marcelo (instagram.com/marcelotwelve)

Pemain yang satu ini malah sudah lebih lama lagi membela klubnya. Marcelo adalah bek kiri asal Brasil yang sudah berseragam Real Madrid sejak 2007. Artinya, musim 2021/2022 adalah musim ke-15 baginya membela Los Blancos. Sejauh ini, sudah 536 laga ia mainkan besama Real Madrid dengan sumbangan 38 gol dan 101 assist.

Marcelo mulai dipercaya menjadi kapten utama Real Madrid sejak awal musim ini setelah kepindahan Sergio Ramos. Sama seperti Fernandinho, Marcelo juga sudah semakin jarang mendapat kesempatan bermain. Namun, kontribusi pemain berusia 33 tahun ini selama membela Real Madrid membuatnya tetap pantas dihormati sebagai legenda klubnya.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Sudah Melewati Masa Keemasan, Marcelo Salah Satunya!

3. Marquinhos (Paris Saint-Germain)

5 Pemain Brasil yang Jadi Kapten Klub Liga Top Eropa 2021/2022Marquinhos (instagram.com/marquinhosm5)

Paris Saint-Germain juga memercayai pemain asal Brasil menjadi kapten mereka. Ia adalah Marquinhos, bek tengah berusia 27 yang sudah membela PSG Sejak 2013. Sejauh ini, Marquinhos masih terus menjadi andalan PSG di lini belakang. Ia sudah tampil lebih dari 340 kali di semua ajang dan sukses mengangkat total 24 trofi bersama PSG.

Jabatan kapten sendiri mulai diemban oleh Marquinhos sejak 2020. Ia terjadi setelah PSG ditinggal oleh mantan kapten mereka yang juga berasal dari Brasil, yaitu Thiago Silva. Marquinhos masih punya kontrak hingga 2024 sehingga kemungkinan besar ia masih akan cukup lama menjadi kapten Les Parisiens.

4. Dante (OGC Nice)

5 Pemain Brasil yang Jadi Kapten Klub Liga Top Eropa 2021/2022Dante (instagram.com/ogcnice)

Dante juga dipercaya menjadi kapten klub Ligue 1, yaitu OGC Nice. Dante adalah bek asal Brasil yang pernah membela Bayern Munchen. Ia membela Nice sejak 2016 dan sejauh ini sudah tampil 181 partai di semua ajang.

Saat membela Munchen, Dante menikmati karier yang bertabur trofi. Kini, bersama Nice, ia belum pernah memenangi gelar. Namun, musim 2021/2022 ini Nice tampil cukup apik dengan menempati posisi kedua klasemen sementara setelah 21 pekan. Meski mungkin sulit menyalip PSG di tangga teratas, pencapaian tersebut tetap cukup membanggakan bagi Nice.

5. Joao Pedro (Cagliari)

5 Pemain Brasil yang Jadi Kapten Klub Liga Top Eropa 2021/2022Joao Pedro (instagram.com/cagliaricalcio)

Satu lagi pemain Brasil yang saat ini menjadi kapten klub liga top Eropa adalah Joao Pedro. Joao Pedro adalah gelandang serang sekaligus kapten Cagliari, klub yang dibelanya sejak 2014. Pemain berusia 29 tahun ini mulai dipercaya memimpin rekan-rekannya sejak Radja Nainggolan memutuskan hengkang dari Cagliari pada 2020.

Sejauh ini, Joao Pedro sudah mencetak 82 gol serta 28 assist dalam 256 penampilannya bagi Cagliari. Itu termasuk sembilan golnya di Serie A 2021/2022 sehingga ia jadi top skor sementara klubnya musim ini. Sayangnya, ketajaman Joao Pedro belum mampu mengangkat posisi Cagliari yang harus bertengger di zona degradasi hingga pekan ke-22.

 

Lima pemain di atas membuktikan bahwa para pemain asal Brasil tak hanya punya skill mumpuni, tetapi juga jiwa kepemimpinan untuk menjadi kapten. Menurutmu, siapa lagi pemain Brasil yang pantas ditunjuk menjadi kapten dari klubnya saat ini?

Baca Juga: 6 Pemain Afrika yang Jadi Kapten Klub Ligue 1 Musim 2021/2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya