5 Pemain Brasil yang Mencetak Gol pada Laga Debut Internasional

Dari Pele hingga Antony

Brasil adalah negara penghasil banyak pesepak bola kelas dunia. Timnas Brasil senantiasa disesaki banyak pemain top sejak dulu hingga sekarang. Alhasil, tidak mudah bagi pemain Brasil untuk mendapat kesempatan tampil bersama timnas.

Mereka yang pernah tampil pun tak selalu bertahan lama membela Timnas Brasil. Namun, ada pula yang sudah bersinar bahkan sejak debutnya misalnya dengan mencetak gol. Inilah lima pemain Brasil yang sukses mencetak gol saat debut bersama timnas.

1. Pele

5 Pemain Brasil yang Mencetak Gol pada Laga Debut InternasionalPele (fifa.com)

Edson Arantes do Nascimento alias Pele adalah legenda sepak bola dunia. Banyak yang menganggapnya pemain terbaik sepanjang masa. Prestasi Pele selama bermain memang sulit ditandingi pemain mana pun, khususnya di level internasional.

Pele adalah satu-satunya pemain yang memenangi Piala Dunia FIFA tiga kali. Ia juga masih berstatus top skor sepanjang masa Timnas Brasil. Semua prestasi itu bermula dari debutnya bersama timnas pada tahun 1957.

Saat itu, Brasil berhadapan dengan Argentina dalam laga persahabatan. Pele sukses menghiasi debutnya itu dengan gol. Meski Brasil akhirnya kalah, Pele sukses mencatat rekor. Berusia 16 tahun 9 bulan, ia menjadi pencetak gol termuda bagi Timnas Brasil sampai saat ini.

2. Jairzinho

5 Pemain Brasil yang Mencetak Gol pada Laga Debut InternasionalJairzinho (twitter.com/CBF_Futebol)

Jairzinho juga merupakan pencetak gol ulung Timnas Brasil semasa aktif bermain. Pria bernama lengkap Jair Ventura Filho ini bisa menjadi winger maupun striker. Salah satu prestasi terhebat Jairzinho adalah menjadi top skor Brasil saat juara Piala Dunia 1970.

Secara keseluruhan, Jairzinho mencetak 35 gol dalam 82 caps bersama timnas. Gol perdana Jairzinho bagi timnas terjadi pada debutnya. Saat itu ia mencetak satu gol saat Brasil mengalahkan Portugal 4-1 dalam laga persahabatan tahun 1964.

Baca Juga: 10 Pemain Top yang Pernah Main di Liga Yunani, Ada Rivaldo

3. Rivaldo

5 Pemain Brasil yang Mencetak Gol pada Laga Debut InternasionalRivaldo (fifa.com)

Ada pula Rivaldo, pemain yang turut membawa Brasil juara Piala Dunia 2002. Rivaldo adalah gelandang serang yang juga bisa menjadi striker. Selama membela timnas pada 1993–2003, Rivaldo mencetak 35 gol dalam 76 penampilan.

Ketajaman Rivaldo sudah terlihat dalam debutnya bersama timnas. Laga debutnya itu bertajuk persahabatan melawan Meksiko pada 1993. Satu gol Rivaldo cukup bagi Brasil untuk menyudahi laga tersebut dengan kemenangan 1-0.

4. Neymar Jr

5 Pemain Brasil yang Mencetak Gol pada Laga Debut InternasionalNeymar Jr (twitter.com/CBF_Futebol)

Saat ini bintang terbesar yang dimiliki Brasil adalah Neymar Jr. Pemain Paris Saint-Germain itu sudah bersinar sejak usia remaja. Debut Neymar bersama Timnas Brasil pun terjadi saat ia masih berusia 18 tahun pada 2010.

Saat itu Neymar tampil dalam laga persahabatan melawan Amerika Serikat. Ia hanya butuh 28 menit untuk menghiasi debutnya itu dengan gol. Itu adalah gol pertama dari total 77 gol yang telah ia buat bagi timnas sejauh ini.

Dengan demikian, Neymar sudah menyamai rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Brasil. Sayangnya, tak seperti Pele, Neymar belum berhasil membawa negaranya juara dunia. Piala Dunia 2026 bisa jadi peluang terakhir bagi Neymar yang sudah berusia 31 tahun.

5. Antony

5 Pemain Brasil yang Mencetak Gol pada Laga Debut InternasionalAntony (twitter.com/CBF_Futebol)

Selain Neymar, Timnas Brasil kini juga berisi banyak winger muda potensial. Salah satunya Antony, winger anyar Manchester United. Antony telah menunjukkan sinarnya sejak membela Ajax Amsterdam pada 2020–2022.

Debut Antony bersama timnas juga terjadi saat ia berseragam Ajax. Tepatnya, Antony debut 2021 di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Ia turun sebagai pemain pengganti melawan Venezuela dan sukses mencetak gol.

Sejauh ini, Antony telah mencetak 2 gol dalam 16 caps bersama timnas. Itu termasuk empat penampilan di Piala Dunia 2022. Berusia 23 tahun, karier Antony di Timnas Brasil kemungkinan besar masih akan panjang.

 

Tampil membela Timnas Brasil adalah kebanggaan luar biasa. Apalagi jika seorang pemain bisa mencetak gol pada debutnya bersama Selecao. Siapa lagi pemain Brasil yang bisa melakukannya dan menyusul lima pemain di atas?

Baca Juga: 10 Transfer Pemain Termahal pada 2022, Antony hingga Erling Haaland!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya