5 Pemain Brasil yang Paling Sering Juara Premier League

Semuanya bermain di klub Manchester

Kualitas pemain asal Brasil di dunia sepak bola sudah tak perlu diragukan. Sejak dulu, sederet pemain Brasil telah berhasil menaklukkan liga-liga top Eropa. Salah satunya tentu saja English Premier League yang kerap dianggap sebagai salah satu liga terbaik dunia saat ini.

Dari bebrapa nama pemain Brasil yang pernah juara Premier League, kelima pemain berikut ini adalah yang paling sering melakukannya. Uniknya, mereka semua ternyata sama-sama meraihnya bersama klub-klub Manchester, lho!

Langsung simak ada siapa aja, yuk, di daftar ini!

1. Fernandinho (5 kali)

5 Pemain Brasil yang Paling Sering Juara Premier LeagueFernandiho (instagram.com/fernandinho)

Manchester City berhasil keluar sebagai juara English Premier League 2021/2022. Kesuksesan itu berarti besar bagi kapten mereka, Fernandinho. Pasalnya, trofi tersebut membuat Fernandinho menjadi pemain Brasil tersukses sepanjang sejarah Premier League dengan koleksi lima gelar juara.

Fernandinho membela Manchester City sejak 2013. Sebelum musim 2021/2022, gelandang 37 tahun itu sukses membawa City memenangi Premier League 2013/2014, 2017/2018, 2018/2019, dan 2020/2021. Selain itu, ia juga berhasil meraih delapan trofi lain bareng City.

Kini, pengabdian sembilan tahun Fernandinho kepada City telah dipastikan berakhir. Ia sudah memutuskan untuk meninggalkan City setelah kontraknya habis pada musim panas 2022. Meski demikian, Fernandinho akan tetap dikenang tak hanya sebagai legenda Manchester City, tetapi, juga salah satu pemain Brasil terbaik di Premier League.

2. Ederson Moraes (4 kali)

5 Pemain Brasil yang Paling Sering Juara Premier LeagueEderson Moraes (instagram.com/ederson93)

Manchester City juga memiliki dua pemain asal Brasil yang pernah empat kali menjuarai Premier League. Salah satunya adalah Ederson Moraes. Sang penjaga gawang kelahiran 1993 itu berseragam City sejak 2017. Maka, ia pun turut menjuarai empat trofi Premier League yang diraih City dalam lima musim terakhir.

Bermain bersama City yang sedang dominan juga membuat Ederson meraih sejumlah pencapaian individual. Salah satunya, Ederson adalah peraih Premier League Golden Glove dalam tiga musim terakhir. Ia pun menjadi kiper yang paling sering memenangi penghargaan tersebut, sejajar dengan Pepe Reina dan Joe Hart.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Pendatang Baru yang Tampil Apik di Premier League 21/22

3. Gabriel Jesus (4 kali)

5 Pemain Brasil yang Paling Sering Juara Premier LeagueGabriel Jesus (instagram.com/dejesusoficial)

Satu lagi pemain Manchester City asal Brasil yang punya koleksi empat trofi Premier League adalah Gabriel Jesus. Striker 25 tahun ini didatangkan Manchester City bersamaan dengan Ederson pada 2017. Maka, raihan trofi milik Gabriel Jesus pun sama persis dengan Ederson.

Sejauh ini, Jesus sudah bermain 236 kali bagi City di semua ajang dan menyumbang 95 assists. Namun, bisa jadi kontribusi Jesus bagi City tak akan bertambah lagi. Pasalnya, ia santer dikabarkan akan hengkang pada musim panas 2022. Arsenal adalah salah satu klub yang kabarnya tertarik mendatangkannya.

4. Anderson (4 kali)

5 Pemain Brasil yang Paling Sering Juara Premier LeagueAnderson (skysports.com)

Berikutnya, ada dua pemain Brasil yang sering meraih trofi Premier League bersama Manchester United. Salah satunya adalah Anderson. Pemain berposisi gelandang ini turut andil membawa United memenangi Premier League empat kali,  2007/2008, 2008/2009, 2010/2011, dan 2012/2013.

Selama membela Manchester United medio 2007–2015, Anderson mencatatkan 181 penampilan di semua ajang. Ia juga mencetak 9 gol dan 21 assists bagi Setan Merah. Sayangnya, Anderson sering dianggap gagal mencapai potensi maksimalnya selama berkarier. Maka, tak banyak capaian menonjol yang ia raih selain bersama United.

5. Rafael da Silva (3 kali)

5 Pemain Brasil yang Paling Sering Juara Premier LeagueRafael da Silva (skysports.com)

Semantara itu, Rafael da Silva sukses memenangi Premier League tiga kali bersama Manchester United. Rafael adalah bek sayap yang berseragam United medio 2008–2015. Rafael biasa bermain di pos bek kanan. Ia mencatatkan 170 penampilan bersama United di semua ajang.

Rafael memiliki saudara kembar yang juga pernah membela United, yaitu Fabio da Silva. Namun, nasib Fabio tak semujur Rafael karena ia kesulitan mendapat tempat di tim inti. Rafael sendiri saat ini sudah kembali ke negaranya untuk membela Botafogo sejak 2021.

Kelima pemain di atas adalah pengoleksi trofi Premier League terbanyak di antara para pemain asal Brasil. Saat ini, masih ada cukup banyak pemain Brasil yang bermain di Premier League. Adakah yang bisa menyusul capaian mereka dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Klub Langganan Premier League yang Kini Berjuang di League One

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya