6 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

Semuanya pernah mengangkat trofi Piala Dunia

Brasil adalah negara tersukses sepanjang sejarah Piala Dunia FIFA. Timnas Brasil telah lima kali menjadi kampiun serta dua kali jadi runner-up. Sejumlah penghargaan individual di Piala Dunia pun pernah diraih Brasil, seperti pemain terbaik atau top skor.

Kedigdayaan Brasil di Piala Dunia tidak mengherankan karena sejak dulu mereka memang dikenal sebagai gudangnya pemain hebat. Contohnya adalah enam pemain berikut yang mencatat penampilan terbanyak bersama Brasil di Piala Dunia.

1. Cafu (20 penampilan)

6 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaCafu (fifa.com)

Cafu adalah pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah Timnas Brasil. Pemain berposisi bek kanan ini mencatat 142 caps bersama timnas, 20 di antaranya di ajang Piala Dunia. Cafu selalu tampil membela Brasil di Piala Dunia sejak edisi 1994 hingga 2006.

Prestasi terbaik Cafu di Piala Dunia adalah jadi juara pada Piala Dunia 1994 dan 2002. Pada Piala Dunia 1998 pun ia sukses membawa Brasil ke final meski gagal juara. Cafu pun kini memiliki rekor sebagai satu-satunya pemain yang pernah tampil dalam tiga laga final Piala Dunia.

2. Ronaldo (19 penampilan)

6 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaRonaldo merayakan gol di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Sementara itu, Ronaldo Nazario hanya kalah satu penampilan di Piala Dunia dari Cafu. Seluruh 19 laga dimainkan penyerang berjuluk The Phenomenon ini hanya dalam tiga edisi. Sinar Ronaldo khususnya paling nyata di Piala Dunia 2002 saat ia menjadi top skor sekaligus membawa Brasil juara.

Dengan total 15 gol, Ronaldo juga sempat tercatat sebagai top skor sepanjang masa Piala Dunia. Rekor itu terus bertahan hingga akhirnya dipecahkan Miroslav Klose di Piala Dunia 2014. Ronado juga masih menadi salah satu pemain Brasil tertajam sepanjang masa dengan 62 gol dalam 99 caps.

3. Dunga (18 penampilan)

6 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaDunga mengangkat trofi Piala Dunia 1994. (mlssoccer.com)

Berikutnya ada Dunga eks gelandang bertahan yang pernah menjadi pelatih Timnas Brasil. Semasa bermain, Dunga pernah membela Brasil dalam tiga edisi Piala Dunia. Yang tersukses adalah Piala Dunia 1994. Saat itu, Dunga dipercaya menjabat sebagai kapten Brasil dan berhasil membawa negaranya juara.

Di Piala Dunia 1998, Dunga kembali menjabat sebagai kapten dan berhasil membawa Brasil ke final. Sayangnya, mereka harus puas jadi runner-up setelah dikalahkan Prancis. Dunga pensiun dari timnas setelah turnamen berakhir. Secara total, ia mencatat 18 penampilan di Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Brasil yang Berpotensi Bersinar pada 2022/2023

4. Claudio Taffarel (18 penampilan)

6 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaClaudio Taffarel (fifa.com)

Ada pula kiper Brasil yang pernah 18 penampilan di Piala Dunia. Ia adalah Claudio Taffarel, penjaga gawang yang berkarier pada periode 1985–2003. Taffarel pernah jadi andalan di Timnas Brasil. Ia adalah kiper utama Brasil di Piala Dunia 1990, 1994, dan 1998.

Ketika Brasil menjuarai Piala Dunia 1994, Taffarel berperan besar dengan mencatat 5 clean sheet dalam 7 penampilan. Ia juga tampil gemilang di Piala Dunia 1998 meski gagal membawa Brasil juara. Saat ini, Taffarel menjabat sebagai pelatih kiper di klub English Premier League, Liverpool.

5. Roberto Carlos (17 penampilan)

6 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaRoberto Carlos (fifa.com)

Roberto Carlos adalah salah satu bek kiri terbaik yang pernah dimiliki Brasil. Tak heran ia menjadi pemain Brasil dengan caps terbanyak kedua, hanya kalah dari Cafu. Sebanyak 127 penampilan dimainkan Roberto Carlos bersama timnas, termasuk 17 partai Piala Dunia.

Satu gelar juara dunia berhasil diraih Roberto Carlos di Piala Dunia 2002. Ia bahkan sampai menduduki posisi runner-up pemilihan Ballon d'Or tahun tersebut, hanya kalah dari kompatriotnya, yaitu Ronaldo. Selain trofi Piala Dunia, Roberto Carlos juga merasakan 2 gelar Copa America dan 1 Piala Konfederasi.

6. Lucio (17 penampilan)

6 Pemain Brasil dengan Penampilan Terbanyak di Piala DuniaLucio (fifa.com)

Satu lagi pemain Brasil dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia adalah Lucio. Setara dengan Reberto Carlos, Lucio juga mencatat 17 penampilan dalam tiga edisi Piala Dunia. Bek tengah yang melegenda bersama Bayern Munich ini juga turut mengangkat trofi Piala Dunia 2002.

Lucio juga pernah menjabat sebagai kapten Brasil, termasuk di Piala Dunia 2010. Sayangnya, saat itu ia hanya bisa membawa Brasil sampai perempat final. Secara keseluruhan, Lucio bermain 105 kali bersama timnas dengan sumbangan empat gol.

 

Enam pemain di atas berperan besar membawa Brasil menjadi tim tersukses di Piala Dunia. Di Piala Dunia 2022, Brasil juga jadi salah satu unggulan terkuat juara. Akankah Brasil mengukuhkan kedigdayaannya dengan meraih trofi Piala Dunia keenam di Qatar?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Timnas Brasil pada 2022, Vinicius Dominan!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya