Kompak, 5 Pemain Asal Brasil yang Sering Main Bareng Lionel Messi

Ada yang jadi rekan Messi di dua klub berbeda

Lionel Messi adalah salah satu pesepak bola terbaik dunia pada era modern, bahkan sepanjang masa. Pemain asal Argentina ini sudah meraih puluhan trofi kolektif dan individu serta memecahkan banyak rekor. Semua itu tentu tak ia raih seorang diri, tetapi juga berkat bantuan rekan-rekan setimnya.

Sejak mulai berkarier pada 2003, Messi telah bermain dengan dengan ratusan pemain di level klub. Beberapa di antara mereka berasal dari Brasil, negara yang secara tradisional merupakan rival Argentina. Meski demikian, Messi tetap bisa kompak dengan mereka. Inilah lima pemain Brasil yang sering main dengan Lionel Messi.

1. Ronaldinho

Kompak, 5 Pemain Asal Brasil yang Sering Main Bareng Lionel Messipotret Ronaldinho dan Lionel Messi (instagram.com/ronaldinho)

Pertama ada Ronaldinho, pemain legendaris Brasil yang merupakan mentor Messi ketika muda. Saat Messi mulai membela Barcelona pada 2004, Ronaldinho sudah menjadi bintang bagi Barca. Ronaldinho pun banyak membantu Messi untuk berkembang, bahkan gol pertama Messi bagi Barca adalah hasil assist Ronaldinho.

Messi dan Ronaldinho kemudian bahu-membahu hingga 2008 ketika Ronaldinho akhirnya meninggalkan Barca dan berlabuh di AC Milan. Selama jadi rekan setim, Messi dan Ronaldinho main bareng sebanyak 80 kali di semua ajang. Uniknya, mereka berdua hanya sempat bekerja sama secara langsung dalam mencetak gol sebanyak sembilan kali.

2. Dani Alves

Kompak, 5 Pemain Asal Brasil yang Sering Main Bareng Lionel Messipotret Lionel Messi dan Dani Alves (instagram.com/danialves)

Dani Alves mulai menjadi rekan setim Messi pada 2008. Saat itu Alves baru didatangkan dari Sevilla dan langsung diplot sebagai bek kanan utama Barca. Alves pun jadi sering berkolaborasi dengan Messi karena Messi juga sering dipasang di sisi kanan lini serang Barcelona.

Alves bertahan di Barcelona hingga 2016. Selama sekitar 8 tahun, ia dan Messi main bareng dalam 349 laga di semua ajang. Alves pun menjadi pemain Brasil yang paling sering main bareng Messi. Secara total, Messi pernah mencetak 43 gol hasil dari assist Dani Alves.

Dani Alves sendiri baru saja kembali ke Barcelona pada 2021/2022. Namun, Messi sudah keburu pindah ke Paris Saint-Germain sehingga kerja sama Messi-Alves tak batal terulang lagi. Masih adakah kesempatan mereka berdua jadi rekan setim lagi pada masa depan?

Baca Juga: Tantangan Berat Dani Alves di Barcelona

3. Neymar

Kompak, 5 Pemain Asal Brasil yang Sering Main Bareng Lionel Messipotret Neymar dan Lionel Messi (instagram.com/neymarjr)

Neymar adalah satu-satunya pemain Brasil yang pernah jadi rekan setim Messi di dua klub berbeda. Pertama kali keduanya berkombinasi tentu ketika sama-sama di Barcelona. Itu terjadi pada 2013 hingga 2017. Bersama Luis Suarez, Messi dan Neymar membentuk trio MSN yang sangat kompak dan ditakuti karena ketajamannya di depan gawang lawan.

Neymar lalu pindah ke Paris Saint-Germain pada 2017. Siapa sangka, Messi menyusulnya 4 tahun kemudian sehingga kini keduanya kembali berkombinasi di lini depan. Sejauh ini, Messi dan Neymar sudah bermain dalam 170 laga di semua ajang.

Mereka berdua juga sudah bekerja sama mencetak total 56 gol. Rinciannya adalah 36 gol Messi dibuat berkat assist Neymar, sementara Messi membuat 20 assist bagi Neymar. Karena mereka saat ini masih jadi rekan setim, jumlah tersebut kemungkinan besar masih akan terus bertambah.

4. Adriano

Kompak, 5 Pemain Asal Brasil yang Sering Main Bareng Lionel Messipotret Adriano dan Lionel Messi (twitter.com/barcatimes)

Pemain yang satu ini mungkin kurang populer dibanding para pemain Brasil lain yang pernah main di Barcelona. Namun, Adriano juga pernah cukup sering main bareng Lionel Messi. Pemain bernama asli Adriano Correia Claro ini adalah bek atau gelandang asal Brasil yang membela Barca pada 2010 hingga 2016.

Selama periode tersebut, Messi dan Adriano mencatat penampilan 161 penampilan bersama di semua ajang. Kerja sama keduanya juga sukses menghasilkan sebelas gol. Sejak meninggalkan Barcelona pada 2016, nama Adriano sudah jarang terdengar. Namun, saat ini ia masih belum pensiun meski sedang berstatus tanpa klub sejak Juli 2021.

5. Philippe Coutinho

Kompak, 5 Pemain Asal Brasil yang Sering Main Bareng Lionel Messipotret Lionel Messi dan Philippe Coutinho (instagram.com/phil.coutinho)

Satu lagi pemain asal Brasil yang cukup sering main bareng Lionel Messi adalah Philippe Coutinho. Kebersamaan Messi dan Coutinho memang tidak berlangsung lama. Coutinho baru bergabung dengan Barca pada Januari 2018. Ia juga sempat dipinjamkan selama semusim, lalu Messi pun meninggalkan Barca pada awal 2021/2022.

Messi dan Coutinho praktis hanya jadi rekan setim selam 2,5 musim. Namun, keduanya sempat main bareng dalam 74 laga di semua ajang. Mereka juga bekerja sama secara langsung dalam mencetak enam gol, yaitu masing-masing tiga gol bagi Messi dan Coutinho.

 

Meski Argentina dan Brasil adalah rival abadi di dunia sepak bola, itu tak menghalangi Lionel Messi untuk bekerja sama dengan para pemain asal Brasil. Bahkan, segala kesuksesan dan prestasi Messi selama kariernya pun tak lepas dari jasa mereka.

Baca Juga: Suarez Mau Reuni dengan Gerrard dan Coutinho di Aston Villa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya