Comscore Tracker

5 Pemain yang Cetak Gol pada Debutnya Bersama Manchester City

Erling Haaland mampu jadi berikutnya?

Erling Haaland akan bergabung dengan Manchester City mulai musim 2022/2023 mendatang. Striker muda asal Norwegia itu punya potensi besar untuk bersinar bareng The Cityzens. Bahkan, bisa jadi ia tak akan butuh waktu lama untuk melakukannya.

Ketika membela Borussia Dortmund, Haaland terbukti sebagai pemain yang cepat beradaptasi. Ia bahkan langsung mencetak hat-trick pada partai debutnya bersama Dortmund.

Bisakah Haaland melakukan hal yang sama di City? Jika ya, maka ia bakal menyamai capaian lima pemain berikut yang mencetak gol pada debutnya di Manchester City. Siapa saja mereka?

1. Robinho

5 Pemain yang Cetak Gol pada Debutnya Bersama Manchester CityRobinho (twitter.com/premierleague)

Robinho adalah pemain pertama yang dibeli Manchester City sejak era kepemilikan Abu Dhabi United Group. Striker asal Brasil ini didatangkan dari Real Madrid pada 2008 dengan mahar 43 juta euro atau Rp665 miliar. Harga mahal itu ternyata tak sia-sia karena Robinho tak butuh waktu lama untuk pamer ketajaman.

Robinho mencetak gol pada debutnya bersama City di laga Premier League 2008/2009 melawan Chelsea. Golnya tercipta melalui tendangan bebas dan sempat membawa City unggul. Namun, Chelsea membalikkan keadaan sehingga mencoreng debut Robinho dengan kekalahan 1-3.

Robinho sendiri akhirnya menyudahi musim pertamanya sebagai top skor City dengan lima belas gol di semua ajang. Sayangnya, karier Robinho di City berakhir dengan cepat. Ia dipinjamkan ke Santos pada paruh musim 2009/2010, sebelum dijual ke AC Milan pada akhir musim tersebut.

2. Emmanuel Adebayor

5 Pemain yang Cetak Gol pada Debutnya Bersama Manchester CityEmmanuel Adebayor (mancity.com)

Emmanuel Adebayor juga sukses mencetak gol pada debutnya bersama Manchester City. Striker asal Togo ini diboyong City dari Arsenal pada 2009.

Ia mencatat debut pada laga Premier League 2009/2010 melawan Blackburn Rovers. Bahkan, Adebayor hanya butuh 3 menit untuk mencetak gol pada debutnya itu. Gol Adebayor turut membawa City memenangi laga tersebut 2-0.

Sepanjang 2009/2010, Adebayor mencetak 14 gol dalam 31 laga bersama City. Kebersmaan Adebayor dan City sendiri pada akhirnya tidak berlangsung lama. Ia bertahan hanya 1,5 musim dengan torehan 19 gol dalam 45 laga bersama City.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City dengan Harga Pasar Termahal, Haaland Terbaru

3. Mario Balotelli

5 Pemain yang Cetak Gol pada Debutnya Bersama Manchester CityMario Balotelli (twitter.com/ManCity)

Berikutnya, ada Mario Balotelli, striker asal Italia yang terkenal bengal. Balotelli bergabung dengan Manchester City pada 2010. Ia menjalani debut bersama City di babak playoff Europa League. Saat itu, City bertandang ke markas klub Romania, Politehnica Timisoara.

Hasilnya, Balotelli langsung mencetak gol pada laga tersebut dan membawa City menang 1-0. Itu menjadi gol pertama dari total 30 gol yang ia cetak selama 3 musim membela City. Masa-masa Balotelli di City juga dihiasi dua trofi yaitu trofi Premier League dan Piala FA.

4. Sergio Aguero

5 Pemain yang Cetak Gol pada Debutnya Bersama Manchester CitySergio Aguero (instagram.com/kunaguero)

Sergio Aguero adalah top skor sepanjang masa Manchester City. Ketajaman sang striker Argentina bersama City bahkan sudah terlihat sejak partai debutnya. Aguero pertama kali tampil membela Manchester City pada pekan pertama Premier League 2011/2012 menghadapi Swansea City.

Aguero turun sebagai pemain pengganti pada laga itu. Hebatnya, ia langsung menorehkan dua gol yang turut membawa City menang 4-0. Musim perdana Aguero berakhir dengan torehan 30 gol, termasuk gol kemenangan ke gawang Queens Park Rangers yang membawa City menjuarai Premier League.

Setelah itu, Aguero terus setia membela Manchester City hingga akhir 2020/2021. Ia mencetak total 259 gol, jumlah terbanyak dalam sejarah City. Kemungkinan besar, rekor Aguero tersebut bakal bertahan sangat lama. Benar-benar legenda!

5. Javi Garcia

5 Pemain yang Cetak Gol pada Debutnya Bersama Manchester CityJavi Garcia (instagram.com/javigarcia_6)

Satu lagi pemain yang sukses mencetak gol pada debutnya bersama Manchester City adalah Javi Garcia. Garcia bukan seorang penyerang, melainkan seorang gelandang bertahan. Selama membela City, Garcia pun hanya mencetak 2 gol dalam 76 laga di semua ajang.

Uniknya, gol pertama Garcia bagi City terjadi pada laga debutnya. Itu terjadi pada partai Premier League 2012/2013 melawan Stoke City. Namun, City tetap gagal memenangi laga tersebut karena ditahan imbang 1-1. Garcia membela City selama 2 musim dan berhasil mengangkat 2 trofi.

 

Lima pemain di atas tak butuh waktu lama untuk mencetak gol bagi Manchester City. Mereka langsung berhasil melakukannya saat melakoni debut. Menarik ditunggu apakah Erling Haaland juga akan langsung pamer ketajaman pada laga perdananya bareng City.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL Sedekade Terakhir

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya