5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Resmi Bersama Borussia Dortmund

Ada yang langsung sukses membuat hat-trick!

Mencetak gol pada laga debut adalah capaian yang istimewa bagi seorang pemain sepak bola. Pertandingan debut umumnya masih kental dengan nuansa beradaptasi bagi seorang pemain yang baru bergabung.

Namun, sederet pemain ternyata langsung bisa menghiasi debutnya dengan mencetak gol. Momen seperti ini juga pernah dilakukan oleh sederet pemain Borussia Dortmund.

Mereka suskes menciptakan gol pada laga resmi pertama bersama Dortmund sebagai rekrutan anyar. Bahkan, salah satunya ada yang langsung membuat hat-trick, lho!

Siapa saja mereka? Intip sederet profil pemain tersebut berikut ini, yuk!

1. Mladen Petric

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Resmi Bersama Borussia DortmundMladen Petric (skysports.com)

Mladen Petric adalah mantan striker asal Kroasia yang pernah membela Borussia Dortmund pada 2007/2008. Saat itu, Petric diboyong Dortmund setelah tampil tajam di Liga Swiss bersama FC Basel. Ternyata, Petric langsung berhasil mencetak gol saat melakoni debut bersama Dortmund.

Debutnya itu terjadi pada putaran pertama DFB-Pokal menghadapi FC Magdeburg. Satu gol Petric turut membawa Dortmund menang 4-1 dan melaju. Petric bahkan mencetak total lima gol di ajang DFB-Pokal musim tersebut, termasuk satu gol di partai final melawan Bayern Munich.

Sayangnya, Dortmund gagal juara karena kalah dari Bayern. Di Bundesliga sendiri, Petric sukses menciptakan 13 gol saat itu. Musim 2007/2008 pun diakhirinya dengan catatan 18 gol di semua ajang. Sayangnya, Petric hanya membela Dortmund semusim karena langsung diboyong Hamburg SV pada musim berikutnya.

2. Michy Batshuayi

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Resmi Bersama Borussia DortmundMichy Batshuayi (instagram.com/mbatshuayi)

Michy Batshuayi adalah striker asal Belgia yang masih membela Chelsea sejak 2016. Namun, selama membela The Blues, ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain, salah satunya ke Borussia Dortmund pada paruh kedua musim 2017/2018. Sebagai pinjaman, Batshuayi ternyata sukses bersinar bersama Dortmund.

Batshuayi mencetak 9 gol dalam 14 laga yang ia mainkan bersama Dortmund. Ia bahkan langsung membuat dua gol pada debutnya menghadapi FC Koln di Bundesliga. Sayangnya, meski kerap tampil tajam, Batshuayi masih kesulitan mendapatkan tempat di tim utama Chelsea hingga kini.

Baca Juga: 12 Fakta Sebastien Haller, Striker Anyar Borussia Dortmund

3. Paco Alcacer

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Resmi Bersama Borussia DortmundPaco Alcacer (bvb.de)

Pemain yang satu ini juga sukses tampil tajam bersama Dortmund saat bermain sebagai pinjaman. Paco Alcacer sempat dipinjamkan ke Dortmund oleh Barcelona pada musim 2018/2019. Striker asal Spanyol ini menjalani debut bersama Dortmund pada laga Bundesliga menghadapi Eintracht Frankfurt.

Turun sebagai pengganti, Alcacer mencetak satu gol yang melengkapi kemenangan Dortmund 3-1. Secara total, Alcacer mengoleksi 19 gol dalam 32 penampilan pada musim pertamanya. Ia dipermanenkan Dortmund pada musim berikutnya, tetapi tidak lagi jadi pilihan utama setelah kedatangan Erling Haaland.

4. Julian Brandt

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Resmi Bersama Borussia DortmundJulian Brandt (instagram.com/julianbrandt)

Berikutnya, ada Julian Brandt, gelandang serang asal Jerman yang memulai karier bersama Bayer Leverkusen. Setelah bersinar di Leverkusen, Brandt diboyong Dortmund pada 2019. Pada musim pertamanya, Brandt hanya mencetak tiga gol di Bundesliga.

Uniknya, salah satu golnya itu terjadi pada partai debutnya bersama Dortmund. Pada pekan pembuka Bundesliga 2019/2020, Brandt mencetak gol yang turut membawa Dortmund menang 5-1 atas FC Koln. Hingga kini Brandt masih membela Dortmund dengan torehan 20 gol dalam 125 pertandingan.

5. Erling Haaland

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Resmi Bersama Borussia DortmundErling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Dari semua pemain di daftar ini, Erling Haaland adalah pemain yang debutnya di Dortmund paling memukau. Bagaimana tidak, striker Norwegia ini langsung mencetak hat-trick pada laga debutnya!

Momen itu terjadi di laga Bundesliga antara Dortmund melawan FC Augsburg pada Januari 2020. Saat itu, Haaland yang baru berusia 19 tahun masuk sebagai pemain pengganti pada menit 56.

Ketika ia masuk ke lapanga, Dortmund tengah dalam kondisi tertinggal 1-3. Secara brilian Haaland sukses mencetak hat-trick dalam 23 menit hingga membalikkan keadaan. Laga itu berakhir dengan kemenangan 5-3 bagi Dortmund.

Hat-trick itu menjadi awal dari total 86 gol dalam 89 laga yang Haaland mainkan bersama Dortmund. Selama membela Dortmund, ia juga sukses meraih satu trofi DFB-Pokal dan sempat menjadi Golden Boy 2020. Sayangnya, Haaland hanya membela Dortmund selama 2,5 musim lantaran kini sudah bergabung bersama Manchester City.

Pada musim panas 2022, Borussia Dortmund mendatangkan sejumlah pemain anyar, itu termasuk Sebastien Haller dan Karim Adeyemi yang sama-sama berposisi striker. Apakah salah satu dari mereka bakal mencetak gol pada debut resmi bersama Dortmund di kompetisi 2022/2023 mendatang?

Baca Juga: 5 Pemain Asing dengan Torehan Gol Terbanyak bagi Borussia Dortmund

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya