Comscore Tracker

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Bersama Barcelona, Ada Ronaldo

Mampukah Robert Lewandowski menyusul mereka?

Barcelona mendapat suntikan striker anyar berkualitas luar biasa pada musim panas 2022. Robert Lewandowski resmi merapat dan siap menjadi juru gedor utama Barca mulai musim kompetisi 2022/2023 mendatang. Sebagai striker tertajam di Eropa dalam dua musim terakhir, Lewandowski diproyeksi mampu mendulang banyak gol bagi Blaugrana.

Bahkan, bukan mustahil Lewandowski bisa langsung tancap gas dan mencetak gol pada laga debut resminya nanti bersama Barca. Bukan tanpa alasan, sudah banyak striker top Barcelona yang langsung membuat gol saat melakoni debut.

Mampukah Robert Lewandowski menyamai pencapaian sederet pemain ini?

1. Ronaldo Luiz

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Bersama Barcelona, Ada RonaldoRonaldo Luiz (fcbarcelona.com)

Ronaldo Luiz adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Brasil pada era modern. Ronaldo pernah membela Barcelona pada musim 1996/1997. Meski hanya semusim, penampilan Ronaldo yang kala itu masih berusia 20 tahun sangat fenomenal, bahkan sampai membuatnya memenangi Ballon d'Or 1997.

Pada musim tersebut, Ronaldo langsung mencetak dua gol pada debutnya bersama Barcelona. Momen itu terjadi pada leg pertama Piala Super Spanyol 1996. Menghadapi Atletico Madrid, brace Ronaldo membawa Barca menang 5-2. Leg kedua dimenangi Atletico 3-1, tetapi Barca unggul agregat hingga berhak mengangkat trofi.

Dua gol Ronaldo saat itu menjadi awal dari total 47 gol dalam 49 laga yang ia ciptakan sepanjang 1996/1997. Ronaldo pun sukses menjadi top skor LaLiga musim tersebut plus membawa Barca menjuarai Piala Winners dan Copa del Rey. 

2. Juan Roman Riquelme

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Bersama Barcelona, Ada RonaldoJuan Roman Riquelme (twitter.com/FCBarcelona)

Juan Roman Riquelme adalah mantan gelandang serang Argentina yang terkenal sebagai salah satu playmaker paling flamboyan yang pernah dimiliki jagad sepak bola. Nama Riquelme terutama populer saat membela Villarreal. Namun, sebelum itu, Riquelme lebih dulu membela Barcelona pada 2002/2003.

Riquelme menjalani debut bersama Barca pada leg pertama kualifikasi Liga Champions melawan Legia Warsawa. Barca memenangi laga tersebut 3-0, dimana Riquelme jadi pencetak gol kedua. Sayangnya, setelah itu permainan Riquelme bersama Barca tidak terlalu menonjol sehingga ia hanya bertahan semusim saja di Barcelona.

Baca Juga: Antara Robert Lewandowski, Benzema, LaLiga, dan Barcelona

3. Samuel Eto'o

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Bersama Barcelona, Ada RonaldoSamuel Eto'o (fcbarcelona.com)

Sementara itu, Samuel Eto'o adalah striker Kamerun yang melegenda bersama Barcelona. Eto'o membela Barca medio 2004–2009 dengan torehan 130 gol dalam 198 penampilan. Jumlah itu membuatnya jadi salah satu striker asing tertajam dalam sejarah Blaugrana.

Ketajaman Eto'o bersama Barca bahkan sudah tampak sejak laga debutnya. Pada pekan pembuka LaLiga 2004/2005 melawan Racing Santander, Eto'o mencetak gol kedua Barca dalam kemenangan 2-0. Uniknya, Eto'o ternyata bukan satu-satunya pemain yang mencetak gol pada debutnya di laga tersebut.

4. Ludovic Giuly

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Bersama Barcelona, Ada RonaldoLudovic Giuly (fcbarcelona.com)

Partai melawan Racing Santander di pekan perdana LaLiga 2004/2005 ternyata juga menjadi laga debut Ludovic Giuly bersama Barca. Hebatnya, ia pun sukses mencetak gol pada laga tersebut. Giuly adalah pencetak gol pertama sebelum 5 menit berselang Eto'o menggandakan keunggulan Barca.

Ludovic Giuly sendiri adalah winger Prancis yang berkostum Barcelona medio 2004–2007. Sebelumnya, ia bersinar bersama AS Monaco hingga membawa Monaco menjadi runner-up Liga Champions 2003/2004. Bersama Barca, Giuly akhirnya bisa mewujudkan impian meraih trofi Liga Champions pada musim 2005/2006.

5. Munir El Haddadi

5 Pemain Sukses Cetak Gol saat Debut Bersama Barcelona, Ada RonaldoMunir El Haddadi (fcbarcelona.com)

Munir El Haddadi adalah striker asal Maroko jebolan akademi Barca. Munir melakoni debut bersama Barca pada partai pembuka LaLiga 2014/2015 melawan Elche. Hebatnya, Munir yang saat itu belum genap 18 tahun langsung mencetak gol dan turut membawa Barca menang 3-0.

Sayangnya, awal yang baik itu tak menjadi jaminan karier Munir bersama Barca berjalan mulus. Seiring berjalannya waktu, Munir kesulitan mendapat tempat utama di tim inti hingga sempat dipinjamkan ke dua klub lainnya. Munir akhirnya hanya bermain 56 kali dan mencetak 12 gol bagi Barca sebelum hijrah ke Sevilla pada awal 2019.

Mencetak gol pada laga debut memang tidak menjadi jaminan kesuksesan seorang pemain. Namun, jika mampu melakukannya tentu meningkatkan kepercayaan diri sang pemain untuk terus mencetak gol demi gol. Mampukah Robert Lewandowski mencetak gol pada laga debut resminya bersama Barcelona musim 2022/2023 mendatang?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya