Comscore Tracker

7 Pemain Cetak Tiga Hattrick dalam Satu Musim Premier League

Erling Haaland jadi sosok teranyar sekaligus tercepat

Sinar Erling Braut Haaland benar-benar benderang terang pada awal musim kompetisi 2022/2023. Baru beberapa bulan berseragam Manchester City, Haaland sudah menunjukkan ketajaman yang luar biasa. Striker Norwegia berusia 22 tahun ini seolah tak bisa berhenti mencetak gol di English Premier League (EPL).

Terbaru, Haaland membuat hattrick saat Manchester City membantai rival sekotanya, Manchester United, pada pekan kedelapan EPL, Minggu (2/10/2022). Capaian ini merupakan hattrick ketiga Erling Haaland di EPL sejauh musim 2022/2023 ini berlangsung. Dengan demikian, Haaland pun termasuk ke dalam deretan tujuh pemain yang pernah membuat tiga hattrick dalam semusim EPL.

1. Alan Shearer (1994/1995 dan 1995/1996)

7 Pemain Cetak Tiga Hattrick dalam Satu Musim Premier LeagueAlan Shearer (planetfootball.com)

Pemain pertama yang membuat tiga hattrick dalam semusim EPL adalah Alan Shearer. Eks striker legendaris Inggris ini melakukannya pada musim 1994/1995 saat masih membela Blackburn Rovers. Ketajaman Shearer membuatnya jadi top skor EPL musim tersebut sekaligus mengantarkan Blackburn menjadi juara.

Pada musim kompetisi 1995/1996, Shearer malah membuat lima hattrick di EPL. Jumlah itu masih tercatat sebagai rekor hattrick terbanyak dalam semusim EPL hingga kini. Secara keseluruhan, Shearer membuat sebelas hattrick selama bermain di EPL; rekor terbaik kedua setelah catatan Sergio Aguero.

2. Ruud van Nistelrooy (2002/2003)

7 Pemain Cetak Tiga Hattrick dalam Satu Musim Premier LeagueRuud van Nistelrooy (premierleague.com)

Berikutnya, ada Ruud van Nistelrooy, bomber tajam asal Belanda yang bermain di EPL medio 2001–2006 bersama Manchester United. Van Nistelrooy mencetak total lima hattrick di EPL selama membela Setan Merah. Tiga di antaranya terjadi pada musim 2002/2003.

Newcastle United, Fulham, serta Charlton Athletic adalah para korban hattrick Van Nistelrooy kala itu. Musim 2002/2003 pun berakhir dengan gelar juara EPL bagi Manchester United. Van Nistelrooy juga menjadi pencetak gol terbanyak sekaligus terpilih sebagai pemain terbaik EPL.

3. Dimitar Berbatov (2010/2011)

7 Pemain Cetak Tiga Hattrick dalam Satu Musim Premier LeagueDimitar Berbatov (manutd.com)

Pemain Manchester United kembali membuat tiga hattrick dalam semusim EPL pada 2010/2011. Ia adalah Dimitar Berbatov, eks striker top asal Bulgaria. Hattrick pertama Berbatov di EPL pada musim tersebut bahkan terbilang spesial karena tercipta ke gawang Liverpool, rival abadi Manchester United.

Sudah begitu, Berbatov juga sukses mencetak lima gol dalam satu laga saat melawan Blackburn Rovers pada musim yang sama. Sama seperti Van Nistelrooy, ketajaman Berbatov saat itu juga berujung gelar top skor sekaligus trofi EPL bagi Manchester United.

Baca Juga: Sejumlah Rekor Manis Haaland usai Cetak Hattrick di Derbi Manchester

4. Luis Suarez (2013/2014)

7 Pemain Cetak Tiga Hattrick dalam Satu Musim Premier LeagueLuis Suarez (liverpoolfc.com)

Ada pula pemain Liverpool yang pernah tiga kali membuat hattrick dalam semusim EPL. Luis Suarez adalah pelakunya pada musim kompetisi 2013/2014. Suarez memang tampil luar biasa tajam pada musim tersebut. Ia menjadi top skor dengan 31 gol,hingga nyaris membawa Liverpool meraih trofi EPL perdana.

Torehan 31 gol Suarez saat itu mencakup tiga hattrick ke gawang West Bromwich Albion, Norwich City, dan Cardiff City. Secara keseluruhan, Suarez pernah membuat enam hattrick selama merumput di EPL.

5. Harry Kane (2016/2017)

7 Pemain Cetak Tiga Hattrick dalam Satu Musim Premier LeagueHarry Kane (tottenhamhotspur.com)

Nama Harry Kane tentu juga ada di daftar ini. Ketajaman Kane jelas terbukti dengan tiga kali menjadi top skor EPL sejauh ini. Salah satu musim tertajam Kane di EPL adalah 2016/2017. Kala itu, ia membuat total 29 gol di EPL, termasuk di antaranya catatan empat kali hattrick.

Empat hattrick Kane kala itu bahkan terjadi hanya dalam kurun empat bulan saja. Sayangnya, Kane belum pernah memenangi trofi selama merumput di EPL sejak awal berkarier. 

6. Sergio Aguero (2017/2018 dan 2018/2019)

7 Pemain Cetak Tiga Hattrick dalam Satu Musim Premier LeagueSergio Aguero (mancity.com)

Sergio Aguero adalah pemain dengan total hattrick terbanyak di EPL. Selama membela Manchester City medio 2011–2021, Aguero sudah dua belas kali membuat trigol dalam partai EPL. Torehan terbanyaknya dalam semusim adalah tiga hattrick yang terjadi pada musim 2017/2018 dan 2018/2019.

Catatan Aguero pada musim 2018/2019 khususnya istimewa. Saat itu, ia membuat back-to-back hattrick ke gawang dua klub besar EPL, Arsenal dan Chelsea. Kini, pemain aktif yang paling mendekati jumlah hattrick Aguero di EPL adalah Harry Kane yang sudah menyentuh angka delapan kali hattrick.

7. Erling Haaland (2022/2023)

7 Pemain Cetak Tiga Hattrick dalam Satu Musim Premier LeagueErling Haaland (instagram.com/mancity)

Erling Haaland menjadi pemain terbaru yang masuk daftar ini. Selain itu, Haaland juga adalah yang tercepat. Ia langsung membuat tiga hattrick pada musim pertamanya di EPL. Bahkan, Haaland melakukannya dalam delapan partai awal yang sekaligus menjadi rekor tercepat.

Sejauh ini, total gol Haaland di EPL 2022/2023 sudah mencapai angka 14 gol. Semuanya ia ciptakan dalam delapan penampilan saja. Patut dinantikan rekor gila apa lagi yang bakal dipecahkan Haaland sembari membuat EPL tampak seperti "liga petani" pada sisa musim 2022/2023 ini.

Sebagian besar pemain yang mencetak tiga hattrick dalam semusim Premier League di atas sukses mengakhiri musim dengan torehan trofi EPL sekaligus gelar top skor. Besar kemungkinan, Haaland juga bakal meraih hal yang sama. Siapakah yang bisa menghentikannya?

Baca Juga: 3 Hattrick Erling Haaland untuk Manchester City di EPL 2022/2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya