5 Pemain Chile yang Pernah Meraih Scudetto, Arturo Vidal Tersukses

Sebagian besar bersama Inter Milan

Chile adalah negara Amerika Latin yang cukup disegani di dunia sepak bola. Meski tak sedigdaya Brasil atau Argentina, Tim Nasional Chile pernah meraih prestasi.

Para pemain asal Chile juga banyak bermain di liga-liga top Eropa. Bahkan, mereka mampu meraih sukses, tak terkecuali di Serie A Italia.

Lima pemain asal Chile berikut ini pernah bermain di Serie A dan sukses meraih trofi. Ada yang pernah lima kali juara bersama dua klub berbeda.

1. Marcelo Salas

5 Pemain Chile yang Pernah Meraih Scudetto, Arturo Vidal TersuksesMarcelo Salas berseragam Lazio. (twitter.com/OfficialSSLazio)

Marcelo Salas sering dianggap sebagai striker terbaik yang pernah dimiliki Chile. Ia berkarier sebagai pemain pada 1993–2008.

Ia pernah berkarier di Italia bersama dua klub, Lazio dan Juventus. Hebatnya, ia berhasil meraih scudetto bersama keduanya.

Bersama Lazio, Salas menjuarai Serie A 1999/2000. Ia juga meraih lima trofi lain bersama Lazio yang memang sedang berjaya pada akhir 1990-an hingga awal 2000-an.

Setelah itu, Salas hijrah ke Juventus pada 2001. Sial bagi Salas, ia tak bisa banyak bermain bagi Juve karena berkali-kali dihantam cedera.

Meski begitu, Salas tetap berhasil mengangkat dua trofi Serie A bersama Juventus pada 2001/2002 dan 2002/2003. Secara total, Salas bermain 97 kali di Serie A bersama Lazio dan Juventus dengan catatan 36 gol.

2. David Pizarro

5 Pemain Chile yang Pernah Meraih Scudetto, Arturo Vidal TersuksesDavid Pizarro berseragam Timnas Chile. (marca.com)

David Pizarro adalah gelandang asal Chile yang lama berkarier di Serie A. Ia pernah membela empat klub Serie A, termasuk Inter Milan.

Pizarro membela Inter Milan semusim saja pada 2005/2006. Namun, ia sukses meraih tiga trofi sekaligus, yaitu Serie A, Coppa Italia, dan Piala Super Italia.

Meski jadi andalan Inter Milan pada musim tersebut, Pizarro akhirnya dilego ke AS Roma pada musim berikutnya. Bersama Roma pun ia sukses meraih tiga trofi, tetapi tidak memenangi scudetto.

Di level internasional, Pizarro juga sempat membawa Timnas Chile juara. Mereka memenangi Copa America 2015.

Baca Juga: 6 Pemain Chile yang Pernah Memperkuat Klub Premier League

3. Luis Jimenez

5 Pemain Chile yang Pernah Meraih Scudetto, Arturo Vidal TersuksesLuis Jimenez berseragam Inter Milan. (skysports.com)

Luis Jimenez sukses menjuarai Serie A Italia bersama Inter Milan. Ia meraih prestasi tersebut dua kali pada 2007/2008 dan 2008/2009.

Jimenez sendiri adalah gelandang serang yang membela Inter Milan pada 2007–2010. Namun, ia tak terlalu banyak tampil karena kalah saing di lini tengah Nerazzurri.

Inter Milan sebenarnya sukses meraih treble winners pada 2009/2010. Sayangnya, Jimenez tidak turut meraihnya karena saat itu sedang dipinjamkan ke klub lain. Selain bersama Inter Milan, Jimenez menghabiskan kariernya bersama klub-klub semenjana.

4. Arturo Vidal

5 Pemain Chile yang Pernah Meraih Scudetto, Arturo Vidal TersuksesArturo Vidal berseragam Juventus. (skysports.com)

Dari semua pemain Chile yang pernah menjuarai Serie A, Arturo Vidal adalah yang tersukses. Gelandang dengan gaya rambut unik ini pernah lima kali meraih scudetto. Ia melakukannya bersama dua klub berbeda.

Vidal sukses mengangkat trofi Serie A empat kali kala membela Juventus pada 2011–2015. Ia kemudian sempat membela Bayern Munich dan Barcelona sebelum bergabung dengan Inter Milan pada 2020.

Vidal pun meraih scudetto kelima dalam kariernya bersama Inter Milan pada 2020/2021. Oleh karena memiliki kontrak bersama Inter MIlan hingga 2023, ia masih berpeluang menambah koleksi scudetto musim depan.

5. Alexis Sanchez 

5 Pemain Chile yang Pernah Meraih Scudetto, Arturo Vidal TersuksesAlexis Sanchez berseragam Inter Milan. (skysports.com)

Satu lagi pemain Chile yang pernah menjuarai Serie A, Alexis Sanchez. Ia meraihnya bersama Vidal pada 2020/2021.

Inter Milan bisa dibilang sebagai klub yang membangkitkan kembali karier Sanchez setelah sempat meredup kala membela Manchester United. Sementara, Serie A sendiri sebenarnya bukan tempat yang asing bagi Sanchez.

Aleix Sanchez mengawali kariernya di Italia bersama Udinese pada 2006–2011. Ia kemudian membela klub-klub besar dunia. Secara keseluruhan bersama Udinese dan Inter Milan, Sanchez telah bermain 174 kali di Serie A dan mencetak 36 gol serta 35 assist.

Lima pemain di atas turut mengharumkan nama Chile dengan membawa klubnya menjuarai Serie A. Mayoritas saat membela Inter Milan. Beberapa dari mereka juga pernah juara di liga lain. Apakah generasi pemain Chile selanjutnya bisa sesukses mereka?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya