Comscore Tracker

5 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belanda, Para Legenda!

Semuanya sudah gantung sepatu

Belanda adalah salah satu negara Eropa yang berprestasi di dunia sepak bola. Meski belum pernah juara dunia, Tim Nasional Belanda pernah tiga kali mencapai final Piala Dunia. Tim Oranye juga pernah menjuarai Piala Eropa pada 1988.

Karena kualitasnya, tentu tak sembarang pemain sepak bola Belanda bisa dipanggil timnas. Lima nama berikut ini pantas disebut legenda sepak bola Belanda karena memiliki caps terbanyak sepanjang masa bersama timnas.

1. Wesley Sneijder (134 caps)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belanda, Para Legenda!potret Wesley Sneijder berseragam Timnas Belanda (skysports.com)

Pemain Belanda dengan penampilan terbanyak bersama Timnas Belanda adalah Wesley Sneijder. Ia merupakan mantan gelandang serang yang pernah membela banyak klub besar. Karena moncer bersama klub, tak heran jika Sneijder sangat sering jadi andalan Timnas Belanda.

Sneijder mulai dipanggil Timnas Belanda pada 2003 saat berusia 19 tahun. Ia baru pensiun dari timnas pada 2018 setelah melakoni 134 laga internasional. Selama periode tersebut, Sneijder berhasil mencetak 31 gol bagi Tim Oranye.

Soal prestasi, Sneijder memang tak berhasil membawa Timnas Belanda meraih trofi. Namun, ia turut membawa mereka berlaga di 3 edisi Piala Eropa dan 3 edisi Piala Dunia. Sneijder juga jadi bagian penting skuad yang jadi runner-up Piala Dunia 2010 serta merebut peringkat ketiga Piala Dunia 2014.

2. Edwin van der Sar (130 caps)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belanda, Para Legenda!Edwin van der Sar berseragam Timnas Belanda (skysports.com)

Pemain Belanda dengan caps terbanyak kedua adalah seorang kiper. Ia adalah Edwin van der Sar, kiper jangkung yang populer saat membela Ajax Amsterdam dan Manchester United. Van der Sar membela negaranya dalam total 130 laga sejak debutnya pada 1995 hingga 2008.

Van der Sar bahkan sudah jadi bagian skuad di Piala Dunia 1994, tetapi saat itu tak bermain. Pencapaian terbaik Van der Sar bersama Timnas Belanda adalah peringkat ketiga Piala Dunia 1998 serta semifinalis Piala Eropa 2000 dan 2004. Ia juga pernah terpilih jadi kapten pada pengujung kariernya di Timnas Belanda.

Baca Juga: Pesan Menyentuh Edwin van der Sar untuk Erik ten Hag

3. Frank de Boer (112 caps)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belanda, Para Legenda!Frank de Boer berseragam Timnas Belanda (twitter.com/SkySportsRetro)

Berikutnya, ada Frank de Boer, bek legendaris Belanda yang membela timnas pada 1990—2004. Ia mencetak total 112 penampilan bersama Timnas Belanda dan pernah menjabat sebagai kapten. Sebagai bek, De Boer ternyata cukup produktif dan berhasil menyumbang tiga belas gol bagi timnas.

Setelah pensiun, Frank de Boer alih profesi sebagai pelatih. Ia sempat jadi asisten pelatih Timnas Belanda pada 2008—2010 serta jadi pelatih utama pada 2020—2021. Sebagai pelatih, De Boer menangani Timnas Belanda di Piala Eropa 2020 saat mereka gugur pada babak enam belas besar.

4. Rafael van der Vaart (109 caps)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belanda, Para Legenda!Rafael van der Vaart berseragam Timnas Belanda (skysports.com)

Rafael van der Vaart adalah mantan gelandang yang pernah membela beberapa klub, termasuk Ajax Amsterdam, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur. Kerap bermain sebagai playmaker, ia sempat membela Timnas Belanda pada 2001—2013.

Selama periode tersebut, Van der Vaart mencetak total 109 caps dengan 25 gol. Ia juga sempat menjadi kapten dalam beberapa pertandingan, termasuk pada pengujung laga final Piala Dunia 2010. Van der Vaart melakoni laga terakhir bersama Timnas Belanda pada 2013 setelah gagal berangkat ke Piala Dunia 2014 karena cedera.

5. Giovanni van Bronckhorst (106 caps)

5 Pemain dengan Caps Terbanyak di Timnas Belanda, Para Legenda!Giovanni van Bronckhorst berseragam Timnas Belanda (skysports.com)

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Giovanni van Bronckhorst. Ia merupakan mantan bek Belanda yang memiliki darah Indonesia. Van Bronckhortst pernah membela Arsenal dan Barcelona semasa berkarier. Ia mengangkat trofi liga domestik bersama kedua klub tersebut.

Sementara, di level timnas, karier Van Bronckhorst pun cukup gemilang. Ia tampil 106 kali bagi Timnas Belanda dan mencetak enam gol. Van Bronckhorst sempat terpilih jadi kapten timnas, termasuk ketika mengantarkan negaranya ke final Piala Dunia 2010.

Kelima pemain dengan penampilan terbanyak bagi Timnas Belanda sudah pensiun dari lapangan hijau. Kini, pemain aktif yang paling sering tampil membela Belanda adalah Daley Blind yang punya 96 caps. Bisakah Blind menambah jumlah caps-nya hingga melewati beberapa pemain di atas?

Baca Juga: Menerka Apiknya Performa Timnas Belanda Bersama Pep Guardiola

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya