5 Pemain dengan Gol Terbanyak pada Musim Debut di Premier League

Erling Haaland bisa menyusul

English Premier League (EPL) dianggap salah satu liga terbaik di Eropa. Tak sembarang pemain bisa sukses di EPL, khususnya pemain yang baru pertama kali berkarier di sana.

Meski begitu, beberapa pemain pernah membuktikan diri bisa langsung moncer pada musim pertama di Premier League. Lima striker berikut ini adalah contohnya.

Inilah pemain dengan gol terbanyak pada musim debut di Premier League.

1. Andy Cole (34 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak pada Musim Debut di Premier LeagueAndy Cole (nufc.co.uk)

Andy Cole adalah striker asal Inggris yang terkenal sebagai legenda Manchester United. Sebelum membela Setan Merah, Cole lebih dahulu memperkuat Newcastle United. Bersama Newcastle, Cole menjalani musim debut di EPL pada 1993/1994.

Hasilnya, Cole yang saat itu baru berusia 22 tahun langsung mencetak 34 gol di Premier League. Ia sukses merebut sepatu emas dan terpilih jadi pemain muda terbaik EPL 1993/1994. Torehan 34 gol milik Cole masih bertahan sebagai rekor gol terbanyak dalam 1 musim EPL hingga kini.

2. Kevin Phillips (30 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak pada Musim Debut di Premier LeagueKevin Phillips (safc.com)

Kevin Phillips baru menjalani debut di Premier League pada 1999/2000 saat berusia 26 tahun. Phillips adalah striker asal Inggris yang mengawali kariernya di divisi bawah. Ia baru bermain di EPL setelah membawa Sunderland promosi dari divisi Championship.

Hebatnya, musim debut Phillips di EPL langsung berbuah 30 gol. Ia pun meraih gelar top skor, bahkan memenangi sepatu emas Eropa. Ketajaman Phillips juga membuat Sunderland yang berstatus klub promosi finis di posisi ketujuh Premier League 1999/2000.

Baca Juga: 5 Pemain yang Mampu Mencetak Dua Gol di Laga Debut Premier League

3. Fernando Torres (24 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak pada Musim Debut di Premier LeagueFernando Torres (liverpoolfc.com)

Beberapa striker asing langsung tajam pada musim perdana di Premier League. Salah satunya Fernando Torres. Striker asal Spanyol tersebut pertama kali menjajal sepak bola Inggris saat didatangkan Liverpool dari Atletico Madrid pada musim panas 2007.

Musim 2007/2008 dilalui Torres dengan gemilang. Ia mencetak 33 gol di semua ajang, termasuk 24 gol di EPL. Musim 2007/2008 bahkan menjadi musim tertajam Torres sepanjang kariernya. Sayangnya, Liverpool gagal memenangi gelar pada musim tersebut.

4. Ruud van Nistelrooy (23 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak pada Musim Debut di Premier LeagueRuud van Nistelrooy (manutd.com)

Selisih satu gol dengan Torres, Ruud van Nistelrooy mencetak 23 gol pada musim debutnya di Premier League. Striker asal Belanda tersebut diboyong Manchester United dari PSV Eindhoven pada musim panas 2001. Ia langsung mencetak minimal 20 gol per musim dalam 3 musim pertamanya di EPL.

Nistelrooy membela Manchester United selama 5 musim. Ia mencetak total 95 gol dalam 150 penampilan di EPL. Empat trofi domestik berhasil diraih Nistelrooy bersama Setan Merah, plus gelar top skor EPL pada 2002/2003.

5. Sergio Aguero (23 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak pada Musim Debut di Premier LeagueSergio Aguero mencetak gol penentu gelar juara EPL 2011/2012 bagi Manchester City. (mancity.com)

Sergio Aguero adalah pemain asing dengan gol terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Striker asal Argentina ini mencetak total 184 gol di EPL bersama Manchester City. Ketajaman Aguero tak mengejutkan, karena sejak musim debutnya pun ia sudah mencetak 23 gol di EPL.

Itu terjadi pada musim 2011/2012. Tak sekadar mencetak banyak gol, Aguero juga sukses membawa Manchester City juara EPL untuk pertama kalinya saat itu. Bahkan, golnya di laga terakhir ke gawang Queens Park Rangers jadi penentu Manchester City juara.

Pada 2022/2023 ini, ada pemain yang berpeluang menyamai atau melampaui para pemain di atas. Ia adalah Erling Haaland, striker yang baru bergabung dengan Manchester City musim ini.

Sejauh ini, Halaand sudah mencetak 21 gol di EPL 2022/2023. Karena musim masih cukup panjang, torehan gol Haaland bisa terus bertambah. Berapa total gol yang bakal ia ciptakan di EPL musim ini?

Baca Juga: 6 Pemain Tercepat yang Mencetak 20 gol di Premier League 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya