7 Pemain yang Diboyong Barcelona dari Sevilla Sebelum Jules Kounde

Banyak pemain yang sukses bersama Barca!

Jules Kounde akhirnya resmi bergabung dengan Barcelona. Setelah sempat hampir merapat ke Chelsea, bek tengah asal Prancis itu akhirnya memutuskan untuk tetap bermain di Spanyol. Sevilla pun lagi-lagi harus melepas pemain top mereka ke Barcelona.

Sepanjang sejarah, Barcelona memang sudah sering mendatangkan pemain dari Sevilla. Banyak dari mereka juga menikmati karier yang sukses setelah pindah ke Barca. Sebelum Jules Kounde, inilah tujuh pemain yang pernah diboyong Barcelona dari Sevilla.

1. Dani Alves

7 Pemain yang Diboyong Barcelona dari Sevilla Sebelum Jules KoundeDani Alves (fcbarcelona.com)

Dani Alves layak disebut pemain paling sukses yang pernah pindah dari Sevilla ke Barcelona. Alves diboyong Barca dari Sevilla pada 2008 dengan mahar 35,5 juta euro atau Rp542 miliar.

Kepindahan itu menjadi awal karier Alves yang sangat sukses bersama Barca selama sekitar 8 musim. Alves sukses menjadi andalan Barca hingga menorehkan total 408 penampilan di semua ajang.

Jumlah itu membuatnya jadi pemain asing dengan penampilan terbanyak kedua bagi Barca setelah Lionel Messi. Ia juga sukses meraih 26 trofi bersama Barca, termasuk 6 trofi LaLiga dan 3 Liga Champions. Luar biasa!

2. Seydou Keita

7 Pemain yang Diboyong Barcelona dari Sevilla Sebelum Jules KoundeSeydou Keita (fcbarcelona.com)

Pada 2008, Barcelona tak hanya memboyong Dani Alves dari Sevilla. Blaugrana juga membeli Seydou Keita dengan harga 14 juta euro atau Rp214 miliar. Keita pun menjadi pemain Mali pertama yang pernah bergabung dengan Barcelona.

Seperti Dani Alves, Keita menikmati karier yang sukses bersama Barca. Pemain berposisi gelandang ini membela Barca hingga 2012 dan mencatat total 188 penampilan di semua ajang, dengan sumbangan 22 gol. Ia juga sukses meraih 14 trofi bersama Barcelona, termasuk treble winners 2008/2009.

3. Adriano Correia

7 Pemain yang Diboyong Barcelona dari Sevilla Sebelum Jules KoundeAdriano Correia (fcbarcelona.com)

Berikutnya, ada Adriano Correia, bek asal Brasil yang digaet Barcelona dari Sevilla pada 2010. Adriano saat itu diboyong dengan harga 9,5 juta euro atau Rp145 miliar. Ia lalu sempat jadi andalan Barca selama beberapa musim, meski sempat pula tersingkir dari tim utama.

Adriano berkostum Barcelona hingga 2016. Total penampilannya adalah 189 laga di semua ajang dengan torehan 17 gol. Ia juga sukses meraih 15 trofi, termasuk 5 trofi LaLiga dan 2 Liga Champions. Adriano saat ini berusia 37 tahun, tetapi masih belum pensiun dan sedang berstatus tanpa klub.

Baca Juga: 5 Pemain Premier League Ini Kariernya Menurun Usai Pindah ke Barcelona

4. Ivan Rakitic

7 Pemain yang Diboyong Barcelona dari Sevilla Sebelum Jules KoundeIvan Rakitic (fcbarcelona.com)

Ivan Rakitic juga sangat sukses bersama Barcelona setelah dibeli dari Sevilla. Gelandang asal Kroasia ini diboyong pada 2014 dengan harga 18 juta euro atau Rp273 miliar. Harga itu terbilang murah untuk pemain sekaliber Rakitic, apalagi melihat kontribusinya selama membela Barca.

Selama enam musim membela Barca, Rakitic nyaris selalu jadi andalan di lini tengah. Ia mencatat 311 penampilan di semua ajang dengan sumbangan 36 gol. Rakitic juga sukses meraih tiga belas trofi bersama Barca. Kini, Rakitic sudah kembali membela Sevilla sejak 2020.

5. Aleix Vidal

7 Pemain yang Diboyong Barcelona dari Sevilla Sebelum Jules KoundeAleix Vidal (instagram.com/av22oficial)

Pemain yang merapat dari Sevilla ke Barcelona tentu tak melulu sukses. Salah satu yang terbilang gagal tampil maksimal adalah Aleix Vidal. Winger atau bek kanan asal Spanyol ini diboyong Barca dari Sevilla pada 2015, lalu bertahan hingga 2018.

Sayangnya, Vidal hanya sempat bermain 51 kali di semua ajang bersama Blaugrana. Namun, ia tetap berhasil meraih 6 trofi, termasuk 2 trofi LaLiga. Seperti Rakitic, Vidal kemudian kembali ke Sevilla setelah meninggalkan Barca. Namun, saat ini pun ia sudah hijrah dari Sevilla dan membela Espanyol.

6. Clement Lenglet

7 Pemain yang Diboyong Barcelona dari Sevilla Sebelum Jules KoundeClement Lenglet (instagram.com/clement_lenglet)

Sebelum Jules Kounde, Barcelona ternyata sudah pernah mendatangkan bek tengah Prancis dari Sevilla. Ia adalah Clement Lenglet, yang diboyong pada 2018 dengan mahar 35,9 juta euro atau Rp544 miliar.

Lenglet masih membela Barca, tetapi sedang dipinjamkan ke Tottenham Hotspur untuk musim 2022/2023. Sejauh ini, Lenglet sudah tampil 159 kali di semua ajang dan menyumbang 7 gol. Ia juga turut meraih tiga trofi bersama Barca.

Namun, musim 2021/2022 lalu ia mulai tersisih dari skuad utama sehingga kini dipinjamkan. Bisa jadi, Lenglet pada akhirnya akan dilepas Barca ke klub lain.

7. Luuk de Jong

7 Pemain yang Diboyong Barcelona dari Sevilla Sebelum Jules KoundeLuuk de Jong (instagram.com/luukdejong9)

Pemain terbaru sebelum Kounde yang didatangkan Barcelona dari Sevilla adalah Luuk de Jong. Ia bergabung dengan Barca pada musim 2021/2022 lalu. Namun, striker Belanda hanya berstatus pinjaman di Barca. Meski hanya semusim, De Jong cukup berkontribusi bagi Barca musim lalu.

Sepanjang 2021/2022, De Jong bermain 29 kali di semua ajang dan mencetak 7 gol serta 1 assist. Salah satu golnya bahkan terjadi ke gawang Real Madrid di ajang Supercopa Spanyol, meski saat itu Barca kalah 2-3. Setelah musim lalu berakhir, De Jong kembali ke Sevilla, kemudian hijrah ke PSV Eindhoven.


Cukup banyak pemain yang pernah hijrah dari Sevilla ke Barcelona. Sebagian besar bahkan terbilang sukses bersama Barca. Apakah Jules Kounde juga bakal menikmati kesuksesan serupa?

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Pemain Bintang Ini Ternyata Pernah Membela Sevilla

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya