5 Pemain Dortmund yang Dijual Murah dari Harga Beli, Rugi!

Strategi transfer Borussia Dortmund tak melulu berhasil

Borussia Dortmund memiliki reputasi sebagai klub yang jago dalam melakukan jual-beli pemain. Dortmund sering membeli pemain dengan harga murah, lalu menjualnya dengan harga mahal.

Meski begitu, Borussia Dortmund bukannya tak pernah mengalami hal sebaliknya. Mereka ternyata pernah menjual pemain dengan harga murah dari harga belinya. Sebab, sebagian besar pemain tersebut terbilang gagal bersinar bersama Dortmund.

Inilah lima pemain Dortmund yang dijual murah dari harga beli.

1. Marcio Amoroso

5 Pemain Dortmund yang Dijual Murah dari Harga Beli, Rugi!Marcio Amoroso (twitter.com/FussballBR)

Marcio Amoroso adalah penyerang asal Brasil yang didatangkan Borussia Dortmund dari Parma pada 2001. Dortmund harus mengeluarkan uang 25,5 juta euro alias Rp387 miliar, harga yang sangat mahal ketika itu.

Awalnya, harga itu terbilang layak karena Amoroso berhasil tampil tajam bersama Dortmund. Pada musim pertamanya, Amoroso bahkan sukses mencetak 26 gol di semua ajang. Itu termasuk delapan belas gol di liga yang membuatnya jadi top skor sekaligus mengantarkan Dortmund menjuarai Bundesliga 2001/2002.

Sayangnya, setelah itu, karier Amoroso bersama Borussia Dortmund mulai diganggu cedera. Meski masih cukup tajam, ia tak bisa banyak bermain bagi Dortmund.

Alhasil, Amoroso dilepas Dortmund pada 2004 secara gratis. Ia sempat melanjutkan kariernya hingga 2010, tetapi tak pernah bersinar lagi.

2. Ciro Immobile

5 Pemain Dortmund yang Dijual Murah dari Harga Beli, Rugi!Ciro Immobile (skysports.com)

Pada musim panas 2014, Borussia Dortmund mendatangkan Ciro Immobile dari Torino. Immobile digadang-gadang bisa jadi striker top Dortmund karena baru saja menjadi top skor Serie A 2013/2014 bersama Torino.

Dortmund pun tak segan mengeluarkan biaya 18,5 juta euro atau Rp282 miliar demi memboyong Immobile. Apa daya, Immobile ternyata tumpul bersama Dortmund. Ia hanya membuat 10 gol dalam 34 penampilan di semua ajang, termasuk hanya 3 gol dalam 24 partai Bundesliga.

Immobile pun langsung dilepas Dortmund ke Sevilla pada Januari 2016 dengan harga lebih rendah. Biayanya hanya 11 juta euro alias Rp168 miliar.

Baca Juga: Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Berhasil Dijual Lille dengan Harga Mahal

3. Sebastian Rode

5 Pemain Dortmund yang Dijual Murah dari Harga Beli, Rugi!Sebastian Rode (bvb.de)

Borussia Dortmund juga sempat dibuat rugi karena mendatangkan gelandang asal Jerman, Sebastian Rode. Sang pemain diboyong Dortmund dari Bayern Munich pada 2014 dengan harga 12 juta euro atau Rp183 miliar.

Saat itu, Rode yang berusia 25 tahun memang menunjukkan potensi bagus selama 2 musim berseragam Bayern Munich. Namun, kariernya bersama Dortmund akhirnya lebih banyak diwarnai cedera.

Setelah hanya tampil 22 kali dalam 3 musim, Rode dilepas ke Eintracht Frankfurt dengan harga 4 juta euro atau Rp61 miliar. Uniknya, setelah hijrah ke Frankfurt, Rode jarang cedera dan masih jadi andalan hingga kini.

4. Andriy Yarmolenko

5 Pemain Dortmund yang Dijual Murah dari Harga Beli, Rugi!Andriy Yarmolenko (bvb.de)

Berikutnya, ada Andriy Yarmolenko, winger asal Ukraina yang terkenal pernah membela West Ham United. Sebelum berseragam West Ham, Yarmolenko ternyata lebih dahulu membela Borussia Dortmund.

Ia diboyong pada 2017 dari Dynamo Kiev dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp378 miliar. Yarmolenko sempat dapat banyak kesempatan bermain pada awal kariernya bersama Dortmund. Namun, belakangan kehilangan tempat di tim inti.

Sang pemain sempat mengalami cedera. Yarmolenko pun hanya bertahan semusim di Dortmund dan dijual ke West Ham dengan harga 20 juta euro atau Rp303 miliar.

5. Omer Toprak

5 Pemain Dortmund yang Dijual Murah dari Harga Beli, Rugi!Omer Toprak (instagram.com/oemertoprak.89)

Omer Toprak adalah bek asal Turki yang menghabiskan sebagian besar kariernya di Jerman. Ia bersinar saat membela Bayer Leverkusen sehingga dibeli Borussia Dortmund pada 2017.

Dortmund memboyong Toprak dengan harga 13,2 juta euro alias Rp200 miliar. Pada musim pertamanya di sana, ia pun mampu bermain sebanyak 36 kali di semua ajang. Namun, musim berikutnya, ia mulai jarang bermain, bahkan dipinjamkan ke klub lain pada musim ketiga.

Setelah hanya bermain 51 kali dalam 3 musim, Toprak dijual ke Werder Bremen. Biayanya mencapai 4,4 juta euro atau Rp67 miliar.

Borussia Dortmund ternyata pernah menjual pemain dengan harga murah dari harga belinya. Namun, secara umum, Dortmund tetap lebih sering untung dalam bursa transfer.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dijual Mahal Borussia Dortmund ke Klub Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya