5 Pemain Premier League yang Dibawa Senegal ke Piala Afrika 2021

Bisakah mereka membawa Senegal juara?

Gelaran Piala Afrika 2021 saat ini tengah berlangsung. Negara-negara terbaik dari benua Afrika sedang berjibaku memperebutkan gelar juara. Salah satu negara yang jadi unggulan dalam turnamen kali ini adalah Senegal. Sang finalis edisi 2019 ini layak diunggulkan karena sejumlah pemain top yang mereka miliki.

Cukup banyak pemain Senegal yang berlaga di liga-liga top Eropa, termasuk Premier League Inggris. Skuad yang dibawa Senegal ke Piala Afrika 2021 berisi setidaknya lima pemain klub Premier League. Inilah kelima pemain tersebut.

1. Sadio Mane

5 Pemain Premier League yang Dibawa Senegal ke Piala Afrika 2021Sadio Mane (instagram.com/sadiomaneofficiel)

Pertama tentu ada Sadio Mane, striker Liverpool yang merupakan andalan Timnas Senegal di lini depan. Mane adalah salah satu pemain yang paling disegani di Piala Afrika 2021 karena kualitasnya yang sudah terbukti. Ia sudah mencetak lebih dari seratus gol di Premier League serta sudah pernah membawa Liverpool meraih empat trofi bergengsi.

Tak hanya di level klub, ketajaman Mane bersama timnas pun sudah teruji. Mane untuk sementara menempati posisi kedua top skor Senegal sepanjang masa dengan 27 gol dalam 83 caps. Kemungkinan besar, tak lama lagi, Mane akan merebut status pemain tertajam negaranya.

2. Edouard Mendy

5 Pemain Premier League yang Dibawa Senegal ke Piala Afrika 2021Edouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Penjaga gawang Senegal di Piala Afrika 2021 juga berstatus bintang Premier League. Ia adalah Edouard Mendy, kiper Chelsea yang tampil luar biasa sepanjang musim 2020/2021 lalu. Karena performanya itu, Mendy terpilih menjadi kipet terbaik dunia 2021 versi FIFA.

Bagi Mendy, Piala Afrika 2021 adalah edisi kedua yang ia lakoni. Ia juga bermain di Piala Afrika 2019 lalu meski akhirnya hanya tampil dua kali. Pada edisi tahun ini, Mendy sempat absen pada dua laga awal Senegal di fase grup, tetapi sudah bermain pada laga terakhir grup melawan Malawi.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Dipanggil Negaranya ke Piala Afrika 2021

3. Nampalys Mendy

5 Pemain Premier League yang Dibawa Senegal ke Piala Afrika 2021Nampalys Mendy (instagram.com/papy.mendy)

Pemain yang satu ini juga memiliki nama belakang Mendy. Nampalys Mendy adalah gelandang bertahan yang membela Leicester City sejak 2016. Sejauh ini ia sudah tampil 80 kali bagi Leicester di semua ajang, tetapi sudah melewatkan banyak laga pada musim 2021/2022 ini karena cedera.

Meski demikian, Mendy tetap dibawa oleh Timnas Senegal ke Piala Afrika 2021. Ini merupakan edisi Piala Afrika pertama bagi Mendy karena pemain berusia 29 tahun ini baru debut bersama timnas pada tahun 2021 lalu. Sejauh ini, ia baru tampil sembilan kali bagi negaranya, termasuk pada partai ketiga fase grup Piala Afrika 2021.

4. Cheikhou Kouyate

5 Pemain Premier League yang Dibawa Senegal ke Piala Afrika 2021Cheikhou Kouyate (instagram.com/roilionpapis8)

Ada pula Cheikhou Kouyate, gelandang bertahan Crystal Palace yang juga bisa bermain di posisi bek. Kouyate sudah bermain di Premier League sejak 2014. Awalnya ia membela West Ham United, lalu hengkang ke Crystal Palace pada 2019. Kouyate sudah sangat berpengalaman main di Premier League dengan total hampir 250 laga sejauh ini.

Bersama Timnas Senegal pun pemain berusia 32 tahun ini sangat berpengalaman. Kouyate bahkan dipercaya menjadi kapten Senegal pada Piala Afrika 2019 dan sukses mengantarkan negaranya sampai ke final. Ia tak lagi menjadi kapten pada edisi tahun ini, tetapi pengalaman Kouyate masih sangat dibutuhkan Senegal untuk meraih prestasi.

5. Ismaila Sarr 

5 Pemain Premier League yang Dibawa Senegal ke Piala Afrika 2021Ismaila Sarr (instagram.com/ismaila_sarr_18)

Satu lagi pemain Premier League yang dibawa Senegal ke Piala Afrika 2021 adalah Ismaila Sarr. Sarr adalah penyerang berusia 23 tahun yang membela Watford sejak 2019. Catatannya bersama Watford sejauh ini cukup apik, yaitu 24 gol dan 16 assist dalam 82 laga di semua ajang.

Karena bakatnya, tak heran jika Sarr sudah dipercaya membela Timnas Senegal 40 kali sejauh ini meski masih muda. Kombinasi Sarr dengan Sadio Mane di lini depan bakal jadi ancaman serius bagi tim-tim lain di Piala Afrika 2021 ini.

 

Dengan amunisi lima pemain yang membela klub-klub Premier League, Timnas Senegal memang pantas jadi salah satu unggulan juara pada Piala Afrika 2021 ini. Setelah dipastikan lolos ke babak 16 besar, bisakah mereka merebut trofi juara tahun ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis Keturunan Senegal yang Pernah Bermain di EPL

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya