8 Pemain Premier League yang Punya 100 atau Lebih Caps Internasional

Cristiano Ronaldo teratas!

Membela tim nasional adalah kesempatan yang tak dimiliki oleh setiap pemain sepak bola. Pastinya setiap timnas hanya akan diwakili oleh para pemain terbaik dari negaranya sehingga dipercaya masuk timnas pasti merupakan kebanggaan tersendiri. Apalagi jika bisa mencatat banyak penampilan, bahkan hingga 100 caps atau lebih.

Ada cukup banyak pemain yang sudah berhasil meraih catatan tersebut. Banyak dari mereka sudah pensiun, tapi ada pula yang masih bermain. Inilah 8 nama di antaranya yang saat ini bermain di Premier League.

1. Cristiano Ronaldo (184 caps)

8 Pemain Premier League yang Punya 100 atau Lebih Caps Internasionalpotret Cristiano Ronaldo (instagram.com/portugal)

Posisi teratas tentu ditempati Cristiano Ronaldo. Bomber Manchester United ini sudah mencatat 184 caps bersama Timnas Portugal. Debut Ronaldo bersama timnas terjadi pada tahun 2003. Kini, lebih dari 18 tahun kemudian, Ronaldo masih terus bermain dengan timnas, bahkan masih menjadi pemain andalan mereka di lini depan.

Dari 184 caps tersebut, sebanyak 25 laga terjadi di Piala Eropa yang adalah rekor terbanyak di sepanjang sejarah turnamen tersebut. Ronaldo juga sudah 17 kali tampil di Piala Dunia. Namun, kini ia terancam absen di Piala Dunia 2022 karena Portugal harus melalui babak playoff kualifikasi. Bisakah Ronaldo memimpin negaranya lolos?

2. Joao Moutinho (142 caps)

8 Pemain Premier League yang Punya 100 atau Lebih Caps Internasionalpotret Joao Moutinho (instagram.com/joaomoutinho8)

Berikutnya ada kompatriot Ronaldo di Timnas Portugal, yaitu Joao Moutinho. Moutinho kini sudah mencatat 142 penampilan bersama timnas sejak mulai debut pada 2005. Gelandang Wolverhampton Wanderers ini juga sudah punya catatan 7 gol dan 26 assist di level internasional.

Sudah berusia 35 tahun, Moutinho sudah cukup jarang jadi tumpuan Portugal di lini tengah. Terakhir kali ia tampil 90 menit bersama timnas adalah pada tahun 2020. Namun, Moutinho belum menyatakan pensiun dari timnas sehingga jumlah penampilannya masih bisa terus bertambah.

3. Hugo Lloris (136 caps)

8 Pemain Premier League yang Punya 100 atau Lebih Caps Internasionalpotret Hugo Lloris (instagram.com/equipedefrance)

Hugo Lloris, sang kiper Totteham Hotspur, juga sudah mencatat ratusan penampilan bersama negaranya, Prancis. Lloris kini punya koleksi 136 caps sehingga ia hanya berjarak 6 caps dari Lilian Thuram yang punya caps terbanyak sepanjang sejarah Timnas Prancis.

Tentunya Lloris sangat berpeluang memecahkan rekor Thuram. Ia masih jadi kiper nomor satu negaranya, bahkan merupakan kapten timnas sejak 2012. Sejauh ini Lloris sudah punya koleksi 2 trofi bersama Prancis, yaitu Piala Dunia 2018 dan Nations League 2020/21. Bisa tambah gelar lagi?

4. Edinson Cavani (126 caps)

8 Pemain Premier League yang Punya 100 atau Lebih Caps Internasionalpotret Edinson Cavani (instagram.com/cavaniofficial21)

Yang satu ini adalah striker senior Uruguay yang kini jadi rekan setim Ronaldo di Manchester United. Edinson Cavani sudah punya catatan 126 penampilan bersama Timnas Uruguay sejauh ini. Ia pun jadi salah satu pemain Uruguay dengan caps terbanyak sepanjang masa.

Sebagai striker, Cavani sering diandalkan negaranya karena punya ketajaman mumpuni. Ia punya 53 gol internasional sejauh ini, hanya kalah dari Luis Suarez. Sumbangan terakhir Cavani terjadi di Copa America 2021 saat Uruguay mentok di perempat final setelah disingkirkan Kolombia.

Baca Juga: Edinson Cavani Rela Turunkan Gaji Demi Gabung Barcelona

5. Andrey Yarmolenko (106 caps)

8 Pemain Premier League yang Punya 100 atau Lebih Caps Internasionalpotret Andrey Yarmolenko (instagram.com/yarmolenkoandrey)

Berikutnya ada Andrey Yarmolenko, winger West Ham United asal Ukraina. Yarmolenko memang tak punya nama besar di Premier League, tapi bersama timnas ia adalah salah satu yang paling diandalkan. Itu termasuk di Piala Eropa 2020 kemarin saat ia menjadi kapten Ukraina dan sempat mencetak 2 gol.

Sejauh ini Yarmolenko sudah punya koleksi 106 caps bersama timnas. Itu termasuk 11 penampilan di Piala Eropa, tapi ia belum pernah merasakan tampil di Piala Dunia. Peluang itu terbuka baginya saat ini dengan syarat ia bisa membawa Ukraina melewati babak playoff untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

6. Thiago Silva (102 caps)

8 Pemain Premier League yang Punya 100 atau Lebih Caps Internasionalpotret Thiago Silva (instagram.com/thiagosilva)

Bek Chelsea asal Brasil, Thiago Silva, juga sudah punya lebih dari 100 laga bersama timnas sejauh ini. Tepatnya adalah 102 caps yang dihiasi dengan sumbangan 7 gol. Silva juga merupakan kapten Timnas Brasil serta salah satu pemain terbaik mereka di lini belakang.

Capaian terbaru Silva bersama timnas adalah membawa Brasil lolos ke Piala Dunia 2022. Sudah berusia 37 tahun, kemungkinan besar itu akan jadi Piala Dunia terakhirnya. Bisakah ia membawa negaranya meraih prestasi di Qatar?

7. Romelu Lukaku (101 caps)

8 Pemain Premier League yang Punya 100 atau Lebih Caps Internasionalpotret Romelu Lukaku (instagram.com/romelulukaku)

Romelu Lukaku yang main bareng Thiago Silva di Chelsea juga sudah punya koleksi lebih dari 100 caps. Tepatnya, Lukaku sudah 101 kali tampil bersama negaranya, Belgia. Itu termasuk juga 5 penampilan di Piala Eropa 2020 saat Belgia hanya mentok hingga perempat final.

Sebagai striker, Lukaku juga punya rasio gol yang menakjubkan di timnas. Ia sudah mencetak 68 gol dalam 101 caps tersebut sehingga menjadi top skor sepanjang masa Timnas Belgia. Berusia 28 tahun, Lukaku masih punya masa depan yang cukup panjang bersama timnas negaranya.

8. Teemu Pukki (100 caps)

8 Pemain Premier League yang Punya 100 atau Lebih Caps Internasionalpotret Teemu Pukki (instagram.com/elpugi)

Nama terakhir mungkin tak disangka karena tak sepopuler tujuh pemain sebelumnya. Teemu Pukki adalah striker asal Finlandia yang saat ini bermain bersama Norwich City. Pukki mulai debut bersama timnas pada tahun 2009 dan sejauh ini ia sudah bermain tepat 100 kali di level internasional.

Pukki saat ini juga berstatus top skor sepanjang masa Timnas Finlandia dengan 33 gol. Ia baru saja merebut predikat tersebut dari Jari Litmanen, striker legendaris Finlandia yang mencetak 32 gol bersama negaranya. Pukki juga berhasil membawa Finlandia tampil di Piala Eropa untuk pertama kalinya tahun ini.

 

Itulah 8 pemain Premier League yang sudah tampil 100 kali atau lebih bersama tim nasional negaranya sejauh ini. Siapa lagi pemain Premier League yang bakal menyusul mereka?

Baca Juga: 10 Pemain Tercepat di Piala Eropa 2020, Spinazzola hingga Teemu Pukki

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya