Comscore Tracker

5 Pemain Flamengo Musim 2022 yang Pernah Membela Klub Besar Eropa

Mereka sukses menangi trofi selama bermain di Eropa 

Flamengo adalah salah satu klub tersukses di Brasil. Mereka punya koleksi tujuh gelar juara Serie A Liga Brasil, termasuk dua gelar dalam tiga musim terakhir. Saat ini pun Flamengo masih berpeluang menjuarai Serie A Brasil musim 2022 yang tengah berlangsung.

Demi kembali jadi juara, Flamengo sudah mendatangkan sejumlah pemain anyar pada musim panas 2022. Itu termasuk tiga pemain yang pernah membela klub besar Eropa. Maka, saat ini Flamengo memiliki lima pemain eks penggawa klub besar Eropa yang kualitasnya tak perlu diragukan.

1. Diego Ribas

5 Pemain Flamengo Musim 2022 yang Pernah Membela Klub Besar EropaDiego Ribas (instagram.com/diegoribas10)

Diego Ribas da Cunha adalah gelandang asal Brasil yang sempat berkarier di Eropa selama 12 tahun. Diego pernah membela beberapa klub Eropa, termasuk dua klub besar yaitu Juventus dan Atletico Madrid. Ia gagal meraih trofi bersama Juve, tetapi turut memenangi LaLiga 2013/2014 saat berkostum Atletico.

Trofi Europa League 2011/2012 pun suskes diraih Diego bersama Atletico. Setelah sukses di Eropa, Diego pulang ke Brasil dan membela Flamengo sejak 2016. Diego kini menjabat sebagai kapten Flamengo, dan sejauh ini sudah bermain 219 kali bagi Flamengo dengan raihan 10 trofi.

Sudah berusia 37 tahun, Diego kini sudah makin minim penampilan bersama Flamengo. Kontraknya di Flamengo pun akan berakhir pada akhir 2022. Bisa jadi, setelah itu Diego akan menutup kariernya sebagai pemain yang sudah berlangsung 20 tahun.

2. Filipe Luis

5 Pemain Flamengo Musim 2022 yang Pernah Membela Klub Besar EropaFilipe Luis (instagram.com/filipeluis)

Saat memenangi LaLiga 2013/2014, Atletico Madrid juga memiliki Filipe Luis. Luis adalah bek kiri asal Brasil yang membela Atletico pada 2010–2014 dan 2015–2019. Selama dua periode tersebut, Luis menjadi andalan Atletico dalam memenangi total enam trofi serta dua kali mencapai final Liga Champions.

Karier Filipe Luis di Atletico sempat disela oleh kepindahannya ke Chelsea pada 2014/2015. Bersama Chelsea, Luis pun turut meraih trofi Premier League dan Piala Liga. Luis mulai membela Flamengo sejak 2019, dan sejauh ini sudah meraih delapan trofi bersama mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil Termahal yang Direkrut Klub LaLiga, Raphinha Terbaru

3. David Luiz

5 Pemain Flamengo Musim 2022 yang Pernah Membela Klub Besar EropaDavid Luiz (instagram.com/davidluiz23)

David Luiz juga adalah bek asal Brasil yang sempat sukses di Eropa bersama Chelsea. Luiz memenangi 6 gelar juara dalam 6 musim berseragam The Blues, termasuk Premier League dan Liga Champions. Selain itu, Luiz juga pernah mengangkat trofi kala membela Benfica, Paris Saint-Germain, dan Arsenal.

Pada musim panas 2021, David Luiz akhirnya menyudahi petualangannya di Eropa dan pulang ke Brasil. Ia bergabung dengan Flamengo, dan sejauh ini sudah bermain 41 kali di semua ajang. Kontrak Luiz bersama Flamengo tersisa hingga akhir 2022, dan belum diketahui akan ke mana langkah Luiz selanjutnya.

4. Arturo Vidal

5 Pemain Flamengo Musim 2022 yang Pernah Membela Klub Besar EropaArturo Vidal (instagram.com/kingarturo23oficial)

Pada musim panas 2022, Flamengo kedatangan dua pemain baru yang pernah membela klub besar Eropa. Salah satunya Arturo Vidal. Gelandang asal Chile ini bergabung dengan Flamengo secara gratis. Sebelumnya, Vidal berkostum Inter Milan sejak 2020 dan sempat memenangi Scudetto serta Coppa Italia.

Selain Inter, deretan klub besar Eropa yang pernah dibela Vidal mencakup Juventus, Bayern Munich, hingga Barcelona. Hebatnya, ia selalu sukses menjuarai liga domestik bersama klub-klub tersebut. Maka, pengalaman dan mental juara Vidal bakal sangat membantu Flamengo untuk terus bersaing meraih trofi.

5. Guillermo Varela

5 Pemain Flamengo Musim 2022 yang Pernah Membela Klub Besar EropaGuillermo Varela (instagram.com/guillermovarela4)

Flamengo juga baru memboyong Guillermo Varela, bek kanan asal Uruguay. Varela memang tak terlalu populer, tetapi ia ternyata pernah membela salah satu klub besar Eropa yaitu Manchester United. Varela digaet United pada 2013 saat baru berusia 20 tahun, dan ia bertahan hingga 2017.

Sayangnya, Varela hanya sempat bermain sebelas kali saja bagi United. Namun, ia sempat turut memenangi Piala FA 2015/2016 bareng Setan Merah.

Karier Varela baru terangkat lagi setelah hengkang dari United. Varela saat ini masih berstatus pemain Dynamo Moscow dan membela Flamengo sebagai pinjaman.

 

Flamengo saat ini masih menjalani Serie A Brasil musim 2022. Mereka tengah menduduki posisi runner-up hingga pekan ke-22 dengan selisih 9 poin dari puncak klasemen. Bisakah lima pemain di atas membawa Flamengo naik peringkat hingga juara pada akhir musim nanti?

Baca Juga: 5 Pemain Brasil dengan Biaya Transfer Termahal pada Musim Panas 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya