Lama Membela Real Madrid, 5 Pemain Ini Gagal Raih Trofi Liga Champions

Ada yang masih aktif bermain

Real Madrid adalah klub tersukses di ajang Liga Champions Eropa. Sepanjang sejarah, Los Blancos telah mengoleksi empat belas trofi, jauh mengungguli klub-klub lain. Bahkan, Real Madrid sukses menjuarai Liga Champions sebanyak tujuh kali sejak milenium baru.

Oleh karena itu, banyak pemain yang pernah membela Real Madrid sempat merasakan jadi kampiun Liga Champions. Namun, ternyata ada beberapa pemain yang tak pernah mengalami hal serupa meski cukup lama membela Real Madrid. Inilah lima pemain di antaranya.

1. Ronaldo

Lama Membela Real Madrid, 5 Pemain Ini Gagal Raih Trofi Liga ChampionsRonaldo Luiz (realmadrid.com)

Ronaldo adalah salah satu pesepak bola asal Brasil terbaik pada era modern. Ia bahkan sampai mendapat julukan The Phenomenon alias Sang Fenomenal karena kehebatannya. Selama berkarier, Ronaldo juga pernah memenangi sejumlah trofi dan penghargaan bergengsi, termasuk Piala Dunia dan Ballon d'Or.

Namun, ada satu trofi bergengsi yang tak pernah diraih Ronaldo, yaitu Liga Champions. Padahal, Ronaldo pernah membela sejumlah klub besar Eropa, termasuk Real Madrid. Ia berseragam Madrid pada 2002–2007 saat mereka memiliki skuad penuh bintang bertajuk Los Galacticos.

Sayangnya, proyek Los Galacticos milik Real Madrid terbilang gagal. Mereka hanya memenangi LaLiga dua kali selama dibela Ronaldo serta gagal menjuarai Liga Champions. Kegagalan Ronaldo di ajang Liga Champions bahkan terus berlanjut hingga akhir kariernya sebagai pemain pada 2011.

2. Fernando Gago

Lama Membela Real Madrid, 5 Pemain Ini Gagal Raih Trofi Liga ChampionsFernando Gago (marca.com)

Fernando Gago adalah gelandang bertahan Argentina yang membela Real Madrid pada 2007–2012. Bersama Real Madrid, Gago sempat jadi andalan, tetapi pernah pula dipinjamkan ke klub lain. Ia mencatat total 118 penampilan bersama Real Madrid, termasuk 14 laga Liga Champions.

Sayangnya, Real Madrid tak pernah juara Liga Champions selama dibela Gago. Namun, Gago sempat meraih 4 trofi bareng Los Blancos, termasuk 2 LaLiga. Gago pensiun sebagai pemain pada 2020, dan saat ini ia menjadi pelatih Racing Club di Liga Argentina sejak 2021.

Baca Juga: 5 Kapten Real Madrid yang Tidak Pensiun di Real Madrid

3. Royston Drenthe

Lama Membela Real Madrid, 5 Pemain Ini Gagal Raih Trofi Liga ChampionsRoyston Drenthe (as.com)

Royston Drenthe membela Real Madrid pada periode yang sama dengan Fernando Gago, yaitu pada 2007–2012 sehingga ia pun tak pernah merasakan juara Liga Champions seperti Gago. Drenthe sendiri adalah winger atau bek kiri asal Belanda yang mengawali kariernya bersama Feyenoord.

Drenthe terbilang gagal bersinar bersama Real Madrid. Ia hanya bermain 62 kali bagi Real Madrid di semua ajang dan sempat dipinjamkan ke dua klub. Usai membela Madrid, Drenthe hanya melanjutkan karier bersama klub-klub medioker. Saat ini ia masih aktif bermain bersama Real Murcia di divisi keempat Liga Spanyol.

4. Gonzalo Higuain

Lama Membela Real Madrid, 5 Pemain Ini Gagal Raih Trofi Liga ChampionsGonzalo Higuain (realmadrid.com)

Gonzalo Higuain juga tak sempat memenangi Liga Champions saat membela Real Madrid, bahkan sepanjang kariernya. Higuain didatangkan Real Madrid pada 2007 dari River Plate. Namun, ia hijrah pada musim panas 2013 atau setahun sebelum Real Real Madrid menjuarai Liga Champions 2013/2014.

Prestasi terbaik Higuain di Liga Champions selama membela Real Madrid adalah tiga kali mencapai semifinal. Ia juga sempat berseragam Juventus dan Chelsea, tetapi tetap gagal menjuarai Liga Champions. Namun, setidaknya Higuain sempat memenangi Europa League ketika membela Chelsea.

5. Martin Odegaard

Lama Membela Real Madrid, 5 Pemain Ini Gagal Raih Trofi Liga ChampionsMartin Odegaard (realmadrid.com)

Satu pemain lagi adalah Martin Odegaard, gelandang Norwegia yang menjadi pemain Real Madrid selama 6 tahun. Odegaard dikenal sebagai talenta luar biasa ketika masih remaja. Ia bahkan sudah bergabung dengan Los Blancos saat belum genap berusia 17 tahun pada 2015.

Sayangnya, Odegaard kesulitan mendapat kesempatan tampil bersama Real Madrid. Ia lebih banyak bermain bagi Real Madrid Castilla atau dipinjamkan ke klub lain. Odegaard pun hanya mencatat sebelas penampilan bersama tim senior Madrid sebelum akhirnya hijrah ke Arsenal pada 2021.

Alhasil, Odegaard tidak turut mengangkat trofi Liga Champions yang diraih Real Madrid tiga kali beruntun pada 2016–2018. Bahkan, sejauh ini ia baru bermain dua kali saja di Liga Champions. Kini, bersama Arsenal pun Odegaard belum berhasil meloloskan timnya ke Liga Champions.

 

Meski cukup lama membela Real Madrid, lima pemain di atas tak meraih trofi Liga Champions bareng Los Blancos. Di antara mereka, yang masih cukup berpeluang menjuarai Liga Champions adalah Martin Odegaard. Bisakah ia melakukannya sebelum pensiun?

Baca Juga: 5 Pemain Norwegia yang Kini Bermain di Premier League Selain Odegaard

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya