5 Pemain yang Pernah Cetak Hattrick untuk 3 Klub Premier League

Mereka sukses beradaptasi bersama klub baru

Mencetak hattrick di English Premier League adalah capaian yang tidak mudah dilakukan, apalagi melakukannya bersama lebih dari satu klub. Tak semua pemain bisa beradaptasi serta mempertahankan ketajaman setelah pindah klub meski tetap bermain di liga yang sama.

Sepanjang sejarah Premier League, ada beberapa pemain yang pernah mencetak hattrick bersama dua klub. Namun, ada lima pemain yang torehannya lebih hebat lagi yaitu mencetak hat-trick bagi tiga klub. Inilah para pemain tersebut.

1. Kevin Campbell

5 Pemain yang Pernah Cetak Hattrick untuk 3 Klub Premier Leaguepotret Kevin Campbell berseragam Arsenal (transfermarkt.com)

Kevin Campbell adalah mantan striker asal Inggris yang merupakan lulusan akademi Arsenal. Campbell membela The Gunners selama tujuh musim dengan catatan 46 gol di Liga Inggris. Ia juga sempat membuat dua hattrick bagi Arsenal di Premier League musim 1993/1994.

Setelah hengkang dari Arsenal, Campbell sempat membela Nottingham Forest dan Everton. Ia pun berhasil menciptakan masing-masing satu hattrick bagi kedua klub tersebut di Premier League. Sepanjang kariernya, Campbell mengoleksi total 83 gol di Premier League bersama empat klub berbeda.

2. Les Ferdinand

5 Pemain yang Pernah Cetak Hattrick untuk 3 Klub Premier Leaguepotret Les Ferdinand berseragam Queens Park Rangers (twitter.com/QPR)

Les Ferdinand adalah salah satu pemain tertajam dalam sejarah Premier League. Ia menempati urutan kesebelas daftar pencetak gol terbanyak di Premier League dengan 149 gol. Jumlah itu diciptakan Ferdinand bagi enam klub berbeda, termasuk Queens Park Rangers, Newcastle United, dan Tottenham Hotspur.

Ferdinand juga pernah membuat dua hattrick bagi QPR serta masing-masing satu hattrick bersama Newcastle dan Tottenham. Sayangnya, Ferdinand tak pernah menjuarai Premier League. Satu-satunya trofi yang pernah ia raih di Inggris adalah Piala Liga 1998/1999 bersama Tottenham.

Baca Juga: 7 Pemain Manchester United dengan Hattrick Terbanyak di Premier League

3. Yakubu Aiyegbeni

5 Pemain yang Pernah Cetak Hattrick untuk 3 Klub Premier Leaguepotret Yakubi Aiyegbeni berseragam Portsmouth (premierleague.com)

Pemain asal Afrika pun ada yang pernah membuat hattrick bagi tiga klub Premier League. Ia adalah Yakubu Aiyegbeni, mantan striker asal Nigeria yang mengoleksi total 95 gol di Premier League. Itu membuat Yakubu menjadi salah satu pemain Afrika tertajam sepanjang sejarah Liga Inggris.

Ketajaman Yakubu juga tak terbatas pada satu klub saja. Ia pernah membela empat klub Premier League dan sukses mencetak dua digit gol bagi setiap klub. Plus, Yakubu juga pernah membuat hattrick bersama tiga klub, yaitu Portsmouth, Everton, dan Blackburn Rovers.

4. Teddy Sheringham

5 Pemain yang Pernah Cetak Hattrick untuk 3 Klub Premier Leaguepotret Teddy Sheringham berseragam Tottenham Hotspur (premierleague.com)

Berikutnya ada Teddy Sheringham, striker asal Inggris yang berkarier di Premier League hingga usia 41 tahun. Sheringham pun sempat memecahkan rekor pencetak gol tertua di Premier League. Rekor itu ia torehkan bersama West Ham United pada usia 40 tahun dan 8 bulan.

Bahkan, Sheringham juga adalah pencetak hattrick tertua di Premier League. Ia menciptakan hattrick untuk Portsmouth di Premier League 2003/2004 saat berusia 37 tahun dan 146 hari. Selain bersama Portsmouth, Sheringham juga pernah membuat hattrick di Premier League bersama Tottenham dan Manchester United.

5. Nicolas Anelka 

5 Pemain yang Pernah Cetak Hattrick untuk 3 Klub Premier Leaguepotret Nicolas Anelka berseragam Chelsea (transfermarkt.com)

Satu lagi pemain yang pernah mencetak hattrick di Premier League bersama tiga klub adalah Nicolas Anelka. Hattrick pertamanya ia ciptakan bersama Arsenal pada musim 1998/1999. Kemudian, Anelka membuat hattrick bagi Manchester City pada 2003/2004 kala City belum menjadi klub besar seperti sekarang.

Anelka juga sempat membela Chelsea dan ia juga menciptakan hattrick bagi The Blues pada musim 2008/2009. Selama berkarier, Anelka pernah membela enam klub Premier League dengan torehan total 126 gol. Suksesnya juga ditandai dengan dua trofi Premier League, masing-masing bersama Arsenal dan Chelsea.

 

Lima pemain di atas terbukti piawai beradaptasi dengan klub-klub yang dibelanya. Alhasil, mereka bisa menciptakan hattrick bersama tiga klub berbeda. Tak sembarang pemain bisa melakukan hal tersebut.

Baca Juga: 14 Pemain Manchester City yang Pernah Cetak Hattrick di Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya