5 Pemain Inggris yang Pernah Membela Klub Turki, Dele Alli Terbaru

Ada yang berhasil meraih trofi di Turki

Dele Alli resmi diumumkan sebagai pemain pinjaman klub Turki, Besiktas. Alli dipinjam Besiktas dari Everton untuk musim 2022/2023. Gelandang Inggris berusia 26 tahun itu memang sepertinya hanya akan jadi pelapis di Everton musim ini sehingga ia dilepas ke Besiktas.

Kehadiran Alli tentu bakal turut meramaikan Super Lig Turki 2022/2023. Selain itu, Alli juga kini termasuk dalam barisan pemain Inggris yang pernah membela klub Turki. Inilah lima pemain di antaranya.

1. Cameron Jerome

5 Pemain Inggris yang Pernah Membela Klub Turki, Dele Alli TerbaruCameron Jerome berseragam Goztepe. (twitter.com/Goztepe)

Cameron Jerome adalah striker Inggris yang pernah cukup lama berkarier di Premier League. Namun, Jerome hanya pernah membela klub-klub semenjana, seperti Birmingham City, Stoke City, Norwich City, dan Crystal Palace. Total golnya di Premier League pun hanya 32 gol dalam 211 penampilan.

Lama berkarier di Inggris, Jerome sempat mencoba peruntungan di Turki bersama Goztepe pada 2018–2020. Ia mencatat 50 penampilan di Super Lig dengan sumbangan 8 gol. Saat ini Jerome yang berusia 36 tahun masih aktif bermain di divisi Championship bersama Luton Town.

2. Daniel Sturridge

5 Pemain Inggris yang Pernah Membela Klub Turki, Dele Alli TerbaruDaniel Sturridge berseragam Trabzonspor. (instagram.com/danielsturridge)

Daniel Sturridge adalah striker yang pernah membela Manchester City, Chelsea, dan Liverpool. Sturridge paling tajam saat berseragam Liverpool, tetapi trofi terbanyak ia raih semasa membela Chelsea. Sturridge bahkan sempat meraih trofi Liga Champions bersama Chelsea dan Liverpool.

Setelah sukses di negara sendiri, Sturridge sempat bermain di Turki pada 2019/2020 bersama Trabzonspor. Sturridge bermain 16 kali dengan catatan 7 gol dan turut mengangkat trofi Piala Turki. Saat ini Sturridge yang berusia 32 tahun masih aktif bermain, tetapi sedang berstatus tanpa klub.

Baca Juga: 10 Pemain Asing Top yang Pernah Juara Liga Turki, Siapa Saja?

3. Aaron Lennon

5 Pemain Inggris yang Pernah Membela Klub Turki, Dele Alli TerbaruAaron Lennon berseragam Kayserispor. (twitter.com/KayserisporFK)

Pada 2020/2021, ada dua pemain Inggris yang bermain di Super Lig Turki. Salah satunya Aaron Lennon, winger yang paling populer saat membela Tottenham Hotspur pada 2005–2015. Lennon juga merupakan bagian skuad Tottenham yang memenangi trofi mayor terakhir mereka yaitu Piala Liga 2007/2008.

Lennon bermain di Super Lig Turki 2020/2021 bersama Kayserispor. Ia bermain 36 kali dan menyumbang 5 gol bagi Kayserispor, tetapi tidak mencetak gol. Semusim di Turki, Lennon kembali ke Inggris pada 2021 dan membela Burnley. Kini, ia berstatus tanpa klub setelah dilepas Burnley.

4. Danny Drinkwater

5 Pemain Inggris yang Pernah Membela Klub Turki, Dele Alli TerbaruDanny Drinkwater berseragam Kasimpasa. (instagram.com/dannydrinkwater)

Ada pula Danny Drinkwater yang membela Kasimpasa selama setengah musim pada 2020/2021. Drinkwater adalah gelandang yang baru saja dilepas Chelsea pada musim panas 2022. Ia berseragam Chelsea sejak 2017, tetapi minim kesempatan bermain dan lebih banyak dipinjamkan ke klub lain.

Saat membela Kasimpasa pun Drinkwater hanya berstatus pinjaman dari Chelsea. Ia bermain sebelas kali bagi Kasimpasa tanpa sumbangan ataupun assist. Setelah dilepas Chelsea, Drinkwater masih belum bergabung dengan klub baru hingga kini.

5. Dele Alli

5 Pemain Inggris yang Pernah Membela Klub Turki, Dele Alli TerbaruDele Alli menandatangani kontrak dengan Besiktas. (instagram.com/besiktas)

Dele Alli menjadi pemain Inggris terbaru yang pernah membela klub Turki. Ia dipinjam Besiktas, salah satu klub tersukses di Super Lig dengan enam belas trofi. Trofi terakhir bahkan belum lama mereka menangi, tepatnya pada 2020/2021 lalu.

Namun, musim 2021/2022 lalu peringkat Besiktas merosot drastis ke posisi keenam. Besiktas pun berbenah di bursa transfer pada musim panas 2022 dengan memboyong sejumlah pemain, termasuk Alli. Alli bakal berkolaborasi dengan empat pemain lain yang baru diboyong Besiktas dari klub Premier League.

 

Besiktas adalah klub Turki yang cukup berprestasi. Mereka pun jadi salah satu unggulan juara Super Lig 2022/2023. Jika berhasil, Dele Alli bakal tercatat sebagai salah satu pemain Inggris yang sukses menjuarai Liga Turki.

Baca Juga: Dele Alli, Si Pangeran Nigeria yang Sukses Jadi Pesepak Bola

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya