6 Pemain Inggris Ini Sukses Bermain di Luar Premier League, Langka!

Ada pemain jagoanmu? 

Sejak dulu Inggris dikenal sebagai salah satu negara kuat di dunia sepakbola. Tak heran jika negara ini selalu menghasilkan pemain-pemain hebat setiap tahunnya. Namun apakah kamu memperhatikan bahwa kebanyakan pemain Inggris hanya bisa sukses di Liga Inggris alias di negerinya sendiri?

Sebenarnya ada cukup banyak pemain Inggris yang pernah bermain di liga-liga lain. Hanya saja yang terbilang sukses tidak banyak. Dari antara yang sedikit itu, ini dia 6 pemain Inggris yang pernah sukses merumput di luar negeri.

1. David Beckham 

6 Pemain Inggris Ini Sukses Bermain di Luar Premier League, Langka!goal.com

David Beckham sudah tentu masuk di daftar ini. Ia adalah salah satu pesepakbola paling populer di bumi. Pencinta sepakbola pasti ingat bahwa setelah meraih bergelimang gelar di Manchester United, Beckham memutuskan untuk hijrah ke Spanyol dan bermain untuk Real Madrid.

Dan bukan hanya bermain, Beckham membuktikan diri bisa sukses di luar Inggris dengan bermain sebanyak 159 kali dalam 4 musim bagi Real Madrid, menyumbang 20 gol dan 51 assist. Ia juga menikmati 5 musim yang sukses bersama Los Angeles Galaxy, termasuk saat dipinjamkan ke AC Milan. Karier gemilangnya pun ia tutup di luar Inggris, tepatnya di Paris Saint-Germain.

2. Steve McManaman 

6 Pemain Inggris Ini Sukses Bermain di Luar Premier League, Langka!managingmadrid.com

Beberapa saat sebelum Beckham jadi idola publik Santiago Bernabeu, Real Madrid sebenarnya sudah punya sosok protagonis asal Inggris lain. Ia adalah Steve McManaman. Ia memang lebih dikenal sebagai legenda Liverpool karena menghabiskan 10 musim di klub kota kelahirannya itu, tapi McManaman juga pernah bermain di Real Madrid dan terbilang sukses.

Dalam 4 musim yang ia habiskan di Spanyol, McManaman bermain sebanyak 158 kali dan menjaringkan 14 gol, seperti dikutip dari Transfermarkt. Gelar yang turut ia persembahkan untuk Los Blancos pun terbilang banyak, tepatnya 8 trofi. Itu termasuk 2 trofi La Liga, 2 Liga Champions, dan 1 Piala Interkontinental.

3. Gary Lineker 

6 Pemain Inggris Ini Sukses Bermain di Luar Premier League, Langka!marca.com

Barcelona sang rival abadi Real Madrid pun pernah dibela pemain asal Inggris, yaitu Gary Lineker. Lineker menghabiskan 8 musim pertama kariernya di Inggris, lalu hijrah ke Spanyol pada 1986. Selama 3 musim berikutnya Lineker jadi salah satu striker idola Barca, menjaringkan 48 gol dalam 128 penampilan.

Lineker memang hanya berhasil mempersembahkan satu trofi bagi Barcelona, yaitu Copa del Rey pada musim 1987-88. Namun laman These Football Times menyebut fans Barca tetap mencintai Lineker karena sikapnya yang rendah hati. Plus, sebuah hattrick pada El Classico di musim pertamanya berhasil mencatatkan sejarah manis bagi petualangan Lineker di luar Inggris.

Baca Juga: 8 Pemain Inggris Ini Catatkan Nilai Transfer Tertinggi, Siapa Teratas?

4. Glenn Hoddle 

6 Pemain Inggris Ini Sukses Bermain di Luar Premier League, Langka!zapsportz.com

Pada periode yang sama dengan Lineker, Glenn Hoddle juga jadi pemain Inggris yang merumput di luar Liga Inggris dan sukses. Bedanya adalah Hoddle memilih bertualang di Prancis pada 1987, bersama AS Monaco yang saat itu dilatih Arsene Wenger. Empat musim ia habiskan di klub tersebut, dan ia sukses membawa Monaco menjadi ancaman serius.

Sebagai gelandang, catatan gol Hoddle terbilang cukup baik, mencetak 27 gol dalam 76 penampilan. Musim pertamanya langsung berbuah trofi Liga Prancis, gelar liga pertama dalam 6 musim terakhir bagi Monaco saat itu. Jika bukan karena cedera parah yang ia alami pada 1990, Hoddle mungkin akan bermain lebih lama di Monaco dan mempersembahkan lebih banyak gelar.

5. Owen Hargreaves 

6 Pemain Inggris Ini Sukses Bermain di Luar Premier League, Langka!readfootball.co

Sementara bagi Owen Hargreaves, perjalanan kariernya justru berkebalikan dengan pemain-pemain di atas. Ia lahir di Kanada dari orangtua berkebangsaan Inggris dan Wales. Pada usia 16 tahun, Hargreaves pindah ke Jerman dan bergabung dengan tim junior Bayern Munchen. Tiga tahun setelahnya, ia mengawali karier di tim senior Munchen.

Menghabiskan 8 musim di Munchen, Hargreaves menjelma jadi salah satu pemain kunci The Bavarian. Total 218 laga ia mainkan dengan sumbangan 10 gol dan 26 assist. Baru pada tahun 2007 ia mulai bermain di Premier League bersama Manchester United. Sayang cedera menahun memaksanya mengakhiri karier pada usia yang masih muda, yaitu 31 tahun.

6. Jadon Sancho 

6 Pemain Inggris Ini Sukses Bermain di Luar Premier League, Langka!goal.com

Satu pemain Inggris lain yang terbilang sukses berkelana di luar negeri adalah Jadon Sancho. Bintang Borussia Dortmund ini memang baru berusia 20 tahun, dan musim ini ia baru menjalani musim ketiganya bersama Dortmund. Namun pencapaiannya sejauh ini terbilang cukup menanjikan.

Laman Transfermarkt mencatat bahwa hingga kini Sancho telah mencatatkan 99 laga bersama Dortmund. Sumbangsihnya? Tak kurang dari 34 gol dan 43 assist! Gak heran jika kini Sancho jadi salah satu pemain yang paling diincar oleh klub-klub Inggris, salah satunya Manchester United. Jika akhirnya pindah, akankah Sancho bersinar sama terangnya di Premier League?

Itulah 6 pemain asal Inggris yang pernah sukses merumput di luar negeri. Siapa dari antara mereka yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: 7 Pemain yang Berpotensi Melakukan Debut Bersama Inggris di Euro 2021

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya