Comscore Tracker

5 Pemain Inggris yang Sukses Raih Trofi Bersama Klub Italia

Termasuk tiga pemain AS Roma musim 2021/2022

Sepanjang sejarah, cukup banyak pesepak bola asal Inggris yang pernah berkarier di Italia. Beberapa dari antara mereka bahkan berhasi meraih trofi bersama klub Italia. Pada masa lalu, nama-nama itu mencakup Jimmy Greaves, Gerry Hitchens, Trevor Francis, hingga David Platt.

Pada era yang lebih modern saat ini pun ada beberapa pemain Inggris yang sukses meraih trofi saat membela klub Italia. Itu termasuk tiga pemain AS Roma yang baru saja membawa klubnya juara Europa Conference League 2021/2022. Inilah para pemain tersebut.

1. Ashley Young

5 Pemain Inggris yang Sukses Raih Trofi Bersama Klub Italiapotret Ashley Young berseragam Inter Milan (instagram.com/youngy_18)

Ashley Young adalah winger asal Inggris yang paling dikenal kala berkarier bersama Aston Villa dan Manchester United di Premier League. Namun, Young juga pernah berpetualang ke Italia dengan membela Inter Milan. Young berseragam Inter selama 1,5 musim dari Januari 2020 hingga akhir musim 2020/2021.

Bersama Inter, Young turut memenangi scudetto 2020/2021. Ia pun menjadi pemain Inggris ketiga yang pernah meraih trofi.

Dua nama sebelumnya adalah Jimmy Greaves (1961/1962) dan Gerry Hitchens (1962/1963). Setelah juara bersama Inter, Young kembali ke Inggris dan membela Aston Villa hingga kini.

2. Fikayo Tomori

5 Pemain Inggris yang Sukses Raih Trofi Bersama Klub Italiapotret Fikayo Tomori (instagram.com/fikayotomori)

Setelah Ashley Young, Fikayo Tomori mencatatkan namanya sebagai pemain Inggris keempat yang sukses menjuarai Serie A Italia. Tomori baru saja melakukannya pada musim 2021/2022. Pemain berposisi bek tengah ini turut mengantarkan AC Milan meraih Scudetto dengan mencatat 31 penampilan di Serie A.

Tomori sudah membela Milan sejak musim 2020/2021. Namun, saat itu ia hanya berstatus pinjaman dari Chelsea. Ia baru dipermanenkan Milan pada awal 2021/2022, yang ternyata langsung berujung gelar juara. Tomori memiliki kontrak hingga 2025 sehingga masih berpeluang meraih trofi tambahan bareng Milan.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Inggris yang Pernah Dipinjamkan ke Klub di Luar EPL

3. Chris Smalling

5 Pemain Inggris yang Sukses Raih Trofi Bersama Klub Italiapotret Chris Smalling (instagram.com/smalling)

Anggota skuad AS Roma yang menjuarai Europa Conference League 2021/2022 terdiri dari tiga pemain asal Inggris. Salah satunya adalah Chris Smalling. Smalling bukan anggota baru skuad Roma karena ia sudah bergabung dengan Giallorossi sejak musim 2019/2020.

Awalnya, Smalling hanya merupakan pemain pinjaman dari Manchester United. Ia lalu dipermanenkan oleh Roma pada awal 2020/2021 karena berhasil tampil apik. Musim 2021/2022 adalah musim ketiga baginya bersama Roma, dan ia akhirnya meraih trofi pertamanya di Italia.

4. Tammy Abraham

5 Pemain Inggris yang Sukses Raih Trofi Bersama Klub Italiapotret Tammy Abraham (instagram.com/tammyabraham)

Sementara, Tammy Abraham baru bergabung dengan AS Roma pada awal 2021/2022. Striker 24 tahun itu hengkang dari Chelsea menyusul kedatangan Romelu Lukaku ke Stamford Bridge.

Ternyata, keputusan Tammy pindah ke Roma sangat tepat karena ia sukses bersinar bersama Serigala Ibukota. Tammy mengakhiri musim pertamanya bersama Roma dengan torehan 27 gol di semua ajang.

Itu termasuk sembilan gol di Europa Conference League yang turut membawa klubnya juara. Bagi Tammy, trofi Conference League 2021/2022 adalah trofi Eropa ketiga dalam kariernya.

5. Ainsley Maitland-Niles

5 Pemain Inggris yang Sukses Raih Trofi Bersama Klub Italiapotret Ainsley Maitland-Niles (instagram.com/maitlandniles)

Satu lagi pemain asal Inggris yang mengisi skuad AS Roma 2021/2022 adalah Ainsley Maitland-Niles. Maitland-Niles merupakan gelandang yang dipinjam Roma dari Arsenal pada Januari 2022. Bersama Roma, Maitland-Niles memang tak terlalu banyak tampil, dengan catatan hanya dua belas penampilan di semua ajang.

Meski demikian, Maitland-Niles pun turut andil dalam keberhasilan Roma menjuarai Conference League 2021/2022. Ia sempat tampil tiga kali dalam perjalanan Roma menuju final. Setelah ini, kemungkinan besar Maitland-Niles bakal dipulangkan dan kembali membela Arsenal pada musim 2022/2023.

 

Lima pemain asal Inggris di atas berhasil mencatat prestasi di Italia dengan membawa klubnya meraih trofi. Musim depan, adakah pemain Inggris lain yang akan menyusul pencapaian mereka?

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Tertajam di Serie A, Tammy Abraham Termasuk

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya