Comscore Tracker

5 Pemain Inggris Tertajam di Serie A, Tammy Abraham Termasuk

Tammy juga baru saja berhasil memecahkan rekor lain

Tammy Abraham berhasil mencetak dua gol saat AS Roma mengalahkan Torino dalam partai terakhir mereka di Serie A 20212022. Hasil itu memastikan Roma bakal berlaga di Europa League musim depan. Sementara, bagi Tammy Abraham sendiri, dua gol tersebut membuatnya mengoleksi total tujuh belas gol di Serie A musim ini.

Mengingat ini adalah musim debut Tammy Abraham bermain di Serie A, angka tersebut tentu terbilang impresif. Bahkan, Tammy kini termasuk dalam lima pemain Inggris dengan gol terbanyak sepanjang sejarah Serie A. Siapa saja mereka?

1. Gerry Hitchens (58 gol) 

5 Pemain Inggris Tertajam di Serie A, Tammy Abraham Termasukpotret Gerry Hitchens berseragam Inter Milan (thesefootballtimes.co)

Saat ini, pemain Inggris dengan catatan gol terbanyak sepanjang sejarah Serie A Italia dipegang oleh Gerry Hitchens. Hitchens merupakan penyerang asal Inggris yang pernah membela empat klub Serie A pada era 1950-an hingga 1960-an. Keempat klub tersebut adalah Inter Milan, Torino, Atalanta, dan Cagliari.

Secara total, Hitchens mencetak 58 gol dalam 205 laga di Serie A bersama keempat klub tersebut. Ia juga sempat membawa Inter Milan meraih Scudetto pada musim 1961/1962. Uniknya, Hitchens justru tak pernah meraih trofi mayor selama bermain di negaranya sendiri.

2. David Platt (31 gol) 

5 Pemain Inggris Tertajam di Serie A, Tammy Abraham Termasukpotret David Platt berseragam Sampdoria (thesefootballtimes.co)

Posisi kedua daftar ini ditempati oleh David Platt. Platt adalah mantan gelandang yang pernah membela Aston Villa dan Arsenal. Selain itu, ia juga pernah berkarier di Serie A bersama Juventus, Bari, dan Sampdoria. Platt membela Sampdoria selama dua musim, sementara ia bersama Juventus dan Bari masing-masing semusim.

Secara total, Platt mencetak 31 gol di Serie A. Sebagaina besar torehan gol tersebut ia cetak saat bersama Sampdoria. Ia juga sukses meraih dua trofi selama di Italia. Kedua trofi tersebut adalah Piala UEFA 1992/1993 bersama Juventus serta Coppa Italia 1993/1994 bareng Sampdoria. Platt mengakhiri kariernya di Inggris pada 2001 setelah membela Nottingham Forest.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal dalam Sejarah AS Roma, Salah Satunya Tammy Abraham

3. Trevor Francis (18 gol)

5 Pemain Inggris Tertajam di Serie A, Tammy Abraham Termasukpotret Trevor Francis berseragam Sampdoria (gentlemanultra.com)

Berikutnya ada Trevor Francis, mantan striker Inggris yang juga pernah membela Sampdoria di Serie A. Ia berkostum Sampdoria sejak 1982 hingga 1986 seraya mencetak tujuh belas gol di liga. Satu trofi pun sukses Francis raih bersama Sampdoria, yaitu trofi Coppa Italia 1984/1985.

Setelah itu, Francis sempat berseragam Atalanta selama semusim dan mencetak satu gol tambahan di liga. Maka, secara total Francis mengoleksi delapan belas gol selama bermain di Serie A. Francis sendiri lebih dikenal sebagai legenda Nottingham Forest karena ia turut memenangi dua trofi Liga Champions bersama mereka.

4. Mark Hateley (17 gol)

5 Pemain Inggris Tertajam di Serie A, Tammy Abraham Termasukpotret Mark Hateley berseragam AC Milan (sempreinter.com)

Berselisih satu gol dengan Trevor Francis, ada nama Mark Hateley yang pernah mencetak tujuh belas gol di Serie A. Semua catatan gol tersebut ia ciptakan bagi satu klub saja, AC Milan. Hateley membela Milan sejak 1984 hingga 1987. Secara total, ia menyumbangkan 21 gol bagi Rossoneri di semua ajang.

Sayangnya, Hateley tak berhasil meraih trofi apapun bersama AC Milan. Saat itu Hateley memang bergabung dengan Milan dimana mereka baru promosi dari Serie B sehingga wajar jika secara klub masih minim prestasi. Masa-masa tersukses dalam karier Hateley adalah saat membela Rangers FC di Liga Skotlandia, dimana ia meraih sebelas trofi dalam tujuh musim.

5. Tammy Abraham (17 gol)

5 Pemain Inggris Tertajam di Serie A, Tammy Abraham TermasukTammy Abraham (instagram.com/tammyabraham)

Tammy Abraham langsung masuk jajaran pemain Inggris tertajam di Serie A pada musim debutnya. Dengan torehan tujuh belas gol di Serie A 2021/2022, Tammy juga memecahkan rekor lain. Ia pun kini menjadi pemain Inggris dengan gol raihan terbanyak dalam satu musim kompetisi Serie A.

Secara total, mantan striker Chelsea ini bahkan membuat 26 gol di semua ajang pada 2021/2022. Jumlah itu pun masih mungkin bertambah karena Tammy masih akan melakoni laga final Europa Conference League. Mampukah ia membawa Roma meraih trofi Eropa pada musim pertamanya di Italia?

Tammy Abraham memiliki kontrak hingga 2026 bersama AS Roma. Dengan demikian, ia masih punya banyak waktu untuk terus menambah jumlah golnya di Serie A. Bisa jadi, Tammy pada akhirnya akan tercatat sebagai pemain Inggris tertajam sepanjang sejarah Serie A.

Baca Juga: Final Europa Conference League: AS Roma Dominan atas Feyenoord

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya