6 Pemain Top Inggris yang Pernah Bermain di Serie A, Tak Semua Sukses!

Ada yang masih bermain di Serie A hingga kini

Liga Italia Serie A adalah salah satu liga terbaik di Eropa. Meski kualitasnya telah menurun sejak sekitar satu dekade terakhir, kekuatan klub-klub di liga ini tetap tak bisa diremehkan. Sejak dulu hingga sekarang Serie A tetap memiliki daya tarik bagi para pemain top dari berbagai belahan dunia.

Inggris adalah salah satu negara yang sejumlah pemainnya pernah menjalani karier di Serie A. Beberapa dari mereka bahkan adalah pemain top bernama besar. Namun, apakah mereka semua sukses tampil bagus di Italia? Inilah 6 pemain top asal Inggris yang pernah bermain di Serie A dalam beberapa dekade terakhir.

1. David Beckham 

6 Pemain Top Inggris yang Pernah Bermain di Serie A, Tak Semua Sukses!dreamteamfc.com

Nama pertama yang pasti kamu ketahui adalah David Beckham. Gelandang yang terkenal dengan kemampuan tendangan bebasnya ini pernah membela AC Milan dalam dua periode peminjaman dari LA Galaxy pada 2009 dan 2010. Meski hanya berstatus pinjaman, Beckham cukup mampu menunjukkan kualitasnya di Italia.

Beckham memainkan total 33 laga di semua ajang bersama Milan dalam dua periode tersebut. Ia memang hanya mencetak 2 gol, tetapi berhasil menyumbangkan 9 assist. Itu menandakan bahwa umpan-umpan akurat yang menjadi ciri khasnya masih jadi ancaman bagi lawan.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda AC Milan di Era Carlo Ancelotti, Bagaimana Kabarnya?

2. Ashley Cole 

6 Pemain Top Inggris yang Pernah Bermain di Serie A, Tak Semua Sukses!worldfootball.net

Nama Ashley Cole dikenal sebagai bek kiri legendaris Arsenal serta pernah juga membuat kontroversi kala menyeberang dari Arsenal ke Chelsea. Setelah 7 musim di Arsenal dan 8 musim membela Chelsea, Cole mencoba peruntungannya di negara berbeda dengan hijrah ke Italia untuk membela AS Roma pada 2014.

Hasilnya ternyata tak semulus yang dibayangkan. Selama 2 musim merumput di Serie A, Cole hanya bermain 16 kali di semua ajang bagi AS Roma tanpa sumbangan gol ataupun assist. Usia yang sudah menua dan gaya permainan yang kurang cocok dengan atmosfer sepak bola Italia adalah salah satu penghalang Cole tampil bagus di AS Roma.

3. Micah Richards 

6 Pemain Top Inggris yang Pernah Bermain di Serie A, Tak Semua Sukses!violanation.com

Micah Richards adalah bek kanan yang pernah membela Manchester City selama 10 musim dan mempersembahkan 4 trofi bagi City.

Pada musim terakhirnya di City, yaitu musim 2014/2015, Richards sempat dipinjamkan ke klub Serie A yaitu Fiorentina. Selama di Italia, Richards bermain 19 kali di semua ajang dan membuat 1 assist.

4. Joe Hart 

6 Pemain Top Inggris yang Pernah Bermain di Serie A, Tak Semua Sukses!sportsmole.co.uk

Joe Hart adalah pemain yang sempat lama membela Manchester City, tepatnya sejak 2006 hingga 2018. Hart sempat jadi kiper utama City selama 9 musim, namun sejak kedatangan Pep Guardiola, ia mulai tersisih dari tim inti. Hart pun mulai dipinjamkan ke klub-klub lain, termasuk ke Torino di Serie A.

Selama semusim di Torino, Hart dipercaya menjadi kiper utama dan tampil 37 kali di semua ajang. Sayangnya ia hanya mencatat 5 clean sheet dan kebobolan 64 kali sepanjang musim tersebut. Ia juga membuat beberapa blunder fatal sehingga Torino pun tidak mempermanenkan statusnya di akhir musim.

5. Chris Smalling 

6 Pemain Top Inggris yang Pernah Bermain di Serie A, Tak Semua Sukses!thetimes.co.uk

Manchester United, sang tetangga Manchester City, juga pernah memiliki beberapa pemain yang belakangan hijrah ke Serie A Italia. Salah satunya adalah Chris Smalling. Pemain berposisi bek tengah ini sempat membela MU selama 10 musim sejak 2010 hingga 2020. Namun, di musim terakhirnya, ia dipinjamkan ke AS Roma.

Smalling ternyata tampil cukup bagus pada periode peminjamannya sehingga Roma pun memilih untuk mengikatnya secara permanen di awal musim ini. Sejauh ini Smalling sudah bermain 54 kali di semua ajang bagi Roma dan menyumbang 3 gol dan 3 assist. Ia masih terikat kontrak hingga 2023 sehingga kemungkinan masih akan terus memberi kontribusi bagi AS Roma.

6. Ashley Young 

6 Pemain Top Inggris yang Pernah Bermain di Serie A, Tak Semua Sukses!bbc.co.uk

Mantan rekan setim Smalling di Manchester United, Ashley Young, pun saat ini sedang berkarier di Serie A. Namun, Young memilih berlabuh di Inter Milan, klub yang juga dibela dua mantan pemain MU lain, Romelu Lukaku dan Alexis Sanchez. Hijrah ke Inter sejak paruh musim lalu, Young sejauh ini sudah tampil 52 kali di semua ajang.

Ia sukses menjaringkan 4 gol dan membuat 7 assist bagi Nerazzuri. Kontraknya akan habis di akhir musim ini, namun Young berkesempatan mengakhiri pengabdiannya di Inter dengan memenangi Scudetto sebab Inter tengah memimpin klasemen sementara dengan sisa 9 pekan. Mampukah terwujud?

 

Itulah 6 pemain top Inggris yang pernah bermain di Serie A. Menurutmu, siapa di antara mereka yang paling sukses di Italia?

Baca Juga: Kurang Ajar, Mantan Bintang Inter Milan Aniaya Orang Tuanya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya