5 Pemain Inggris yang Jadi Andalan Pep Guardiola di Manchester City

Dua di antaranya sudah meninggalkan The Cityzens

Manchester City adalah salah satu klub Inggris yang paling banyak mengandalkan pemain asing. Khususnya sejak menjadi klub kaya, The Cityzens memang sering mendatangkan pemain bintang dari luar Inggris. Tak terkecuali pada era pelatih Pep Guardiola, yang dimulai sejak 2016.

Meski demikian, Guardiola yang berasal dari Spanyol pun juga pernah mengandalkan sejumlah pemain lokal. Beberapa dari mereka pun masih bertahan di Etihad Stadium hingga kini. Inilah lima pemain Inggris yang paling sering jadi andalan Manchester City di bawah Pep Guardiola.

1. Raheem Sterling (292 penampilan)

5 Pemain Inggris yang Jadi Andalan Pep Guardiola di Manchester CityRaheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Raheem Sterling adalah pemain Inggris yang paling sering diandalkan Manchester City di bawah Pep Guardiola. Sterling mulai membela Manchester City pada 2015, alias semusim sebelum kedatangan Guardiola. Ia telah jadi andalan The Cityzens sejak musim pertamanya, dan tetap moncer di bawah Guardiola.

Selama ditangani Guardiola, Sterling mencatat 292 penampilan bersama Manchester City. Ia adalah salah satu pencetak gol andalan Manchester City, bahkan sempat jadi top skor klubnya pada 2019/2020. Namun, kolaborasi Sterling dan Guardiola akhirnya usai setelah ia pindah ke Chelsea pada musim 2022/2023.

2. Kyle Walker (223 penampilan)

5 Pemain Inggris yang Jadi Andalan Pep Guardiola di Manchester CityKyle Walker (instagram.com/kylewalker2)

Sementara, Kyle Walker masih bertahan di Manchester City hingga kini. Walker adalah bek kanan yang diboyong Guardiola dari Tottenham ke Manchester City pada musim panas 2017. Sejak itu, Walker jadi salah satu andalan Guardiola, hingga mencatat 223 penampilan di semua ajang sejauh ini.

Hingga musim 2022/2023 ini pun Walker masih jadi pilihan utama di pos bek kanan. Namun, jumlah penampilannya memang mulai menurun karena ia mulai rentan cedera. Saat ini pun, ia tengah didera cedera paha dan belum diketahui kapan bisa pulih.

Baca Juga: 5 Pemain yang Punya Kontrak Panjang bersama Manchester City

3. John Stones (204 penampilan)

5 Pemain Inggris yang Jadi Andalan Pep Guardiola di Manchester CityJohn Stones (instagram.com/johnstonesofficial)

John Stones adalah salah satu pemain pertama yang dibeli Manchester City era Pep Guardiola. Bek tengah berusia 28 tahun ini diboyong dari Everton pada musim panas 2016. Hingga kini, Stones masih bertahan di Manchester City, dengan total 202 penampilan di semua ajang.

Penampilan Stones yang kadang inkonsisten dan kerap dibekap cedera, membuatnya tak selalu jadi pilihan utama di jantung pertahanan Manchester City. Pada musim 2022/2023 ini pun ia baru tampil tujuh kali di semua ajang. Namun, saat dalam puncak performa, Stones adalah salah satu bek terbaik yang dimiliki Manchester City.

4. Phil Foden (186 penampilan)

5 Pemain Inggris yang Jadi Andalan Pep Guardiola di Manchester CityPhil Foden (instagram.com/philfoden)

Phil Foden pantas disebut sebagai salah satu produk terbaik akademi Manchester City. Foden mulai membela tim senior The Cityzens pada 2017, dan sejak itu potensi besarnya langsung terbukti. Tak heran jika Foden terus menjadi andalan Guardiola meski usianya baru 22 tahun.

Sejauh ini, Foden telah bermain 186 kali bagi Manchester City di semua ajang. Ia juga berjasa membawa Manchester City meraih 11 trofi, termasuk 4 trofi EPL. Memiliki kontrak hingga 2027, kemungkinan besar Foden bakal terus menjadi andalan Manchester City hingga waktu yang sangat lama.

5. Fabian Delph (62 penampilan)

5 Pemain Inggris yang Jadi Andalan Pep Guardiola di Manchester CityFabian Delph (mancity.com)

Satu lagi pemain Inggris yang cukup sering diandalkan Pep Guardiola di Manchester City adalah Fabian Delph. Ia adalah pemain yang bisa menjadi bek maupun gelandang. Ia membela Manchester City pada 2015–2019 dan mencatat total 89 penampilan di semua ajang.

Sebanyak 62 penampilan di antaranya dibuat Delph saat Manchester City dilatih Guardiola. Meski lebih sering jadi pelapis, karier Delph bersama Manchester City sukses berbuah tujuh trofi. Pada musim panas 2022 kemarin, Delph baru saja menyatakan pensiun setelah terakhir membela Everton.

 

Manchester City lebih banyak mengandalkan pemain asing sejak menjadi klub kaya. Namun, beberapa pemain Inggris berhasil mencuri tempat inti karena telah membuktikan kualitasnya. Akankah ada lagi andalan baru Manchester City yang berasal dari Inggris?

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Paling Sering Tampil bareng Timnas

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya