5 Pemain Inggris yang Juara Liga di Negara Lain, Tak Cuma Jago Kandang

Ada yang baru saja juara di musim lalu

Sejak dulu, sebagian besar pemain Inggris umumnya dikenal hanya sebagai jago kandang. Artinya seringkali mereka hanya berkarier di negaranya sendiri. Sedikit pemain yang berani bertualang ke liga-liga lain di luar negeri. Meski ada, umumnya mereka terbilang tidak sukses.

Akan tetapi, tentu ada pemain-pemain top Inggris yang pernah bermain di luar negeri. Bahkan, tak sekadar bermain, mereka juga sukses meraih trofi liga domestik di negara lain. Mau tahu siapa saja? Ini dia 5 pemain Inggris yang pernah berhasil melakukannya.

1. David Beckham

5 Pemain Inggris yang Juara Liga di Negara Lain, Tak Cuma Jago KandangDavid Beckham (ibtimes.co.in)

Pertama tentu ada David Beckham, salah satu pemain Inggris paling populer sepanjang masa. Beckham terkenal sebagai legenda Manchester United, tempat ia memulai karier dan meraih banyak trofi. Namun, ia juga pernah bermain di 4 liga lain, yaitu Spanyol, Italia, Prancis, dan Amerika Serikat.

Gelandang yang terkenal sebagai ahli tendangan bebas ini berhasil meraih gelar juara di tiga liga. Ia juara LaLiga bersama Real Madrid, juara Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain, dan juara MLS dengan LA Galaxy. Beckham sukses membuktikan bahwa pemain Inggris juga bisa jadi juara di berbagai liga lain.

2. Steve McManaman

5 Pemain Inggris yang Juara Liga di Negara Lain, Tak Cuma Jago KandangSteve McManaman (the42.ie)

Sebelum Beckham, sebenarnya sudah ada pemain asal Inggris yang sukses menjuarai LaLiga bersama Real Madrid. Ia adalah Steve McManaman, winger yang lebih dikenal sebagai legenda Liverpool. McManaman membela Liverpool pada 1990 hingga 1999, lalu ia hengkang ke Real Madrid dan berkarier di Spanyol hingga 2003.

McManaman kemudian sukses jadi andalan Madrid. Ia tampil 158 kali di semua ajang dengan catatan 14 gol dan 20 assist serta turut mengangkat 6 trofi. Itu mencakup 2 trofi LaLiga dan 2 Liga Champions. Setelah itu McManaman sempat kembali ke Inggris dan membela Manchester City sebelum pensiun pada 2005.

Baca Juga: 5 Pemain Peraih Ballon d'Or Ini Akhirnya Bergabung dengan Real Madrid

3. Owen Hargreaves

5 Pemain Inggris yang Juara Liga di Negara Lain, Tak Cuma Jago KandangOwen Hargreaves (sportmob.com)

Pemain Inggris yang satu ini justru mengawali karier di luar Inggris. Owen Hargreaves lahir di Kanada, tapi memulai karier profesional bersama Bayern Munchen di Bundesliga Jerman. Pemain berposisi gelandang ini membela Munchen sejak 2000 hingga 2007 dan berhasil membawa klubnya juara liga sebanyak 4 kali.

Selain itu, Hargreaves juga meraih 6 trofi lain bersama Munchen, termasuk 1 Liga Champions. Setelah hengkang dari Munchen, barulah Hargreaves bermain di Inggris bersama Manchester United dan meraih 2 trofi dalam 4 musim. Karena cedera menahun, Hargreaves akhirnya pensiun di usia 31 tahun setelah semusim membela Manchester City.

4. Ashley Young

5 Pemain Inggris yang Juara Liga di Negara Lain, Tak Cuma Jago KandangAshley Young (manchestereveningnews.co.uk)

Ada pula pemain Inggris yang musim lalu berhasil meraih trofi liga domestik di luar Inggris. Salah satunya adalah Ashley Young, pemain yang terkenal kala membela Manchester United. Selama berseragam MU, Young sukses meraih 5 trofi, termasuk 1 trofi Premier League.

Setelah membela MU selama sekitar 8,5 musim, Young pindah ke Italia dan bermain untuk Inter Milan. Ternyata petualangannya di Italia pun sukses berbuah trofi liga pada musim lalu yang merupakan Scudetto pertama Inter sejak 2010. Kini Young kembali ke Premier League dan tengah membela Aston Villa.

5. Kieran Trippier

5 Pemain Inggris yang Juara Liga di Negara Lain, Tak Cuma Jago KandangKieran Trippier (teamtalk.com)

Seperti Young, Kieran Trippier juga sukses menjadi juara liga di luar Inggris pada musim lalu. Bedanya adalah pemain berposisi bek kanan ini meraihnya di LaLiga Spanyol bersama Atletico Madrid. Itu pun menjadi trofi pertama Trippier bersama Atletico, bahkan juga merupakan trofi pertama yang ia dapat selama berkarier.

Trippier juga punya andil cukup besar dalam kesuksesan itu karena musim lalu ia bermain 28 kali di liga. Musim ini Trippier cukup berpeluang meraih trofi LaLiga keduanya, terutama karena Barcelona dan Real Madrid baru saja ditinggal pemain bintangnya, sedangkan kekuatan skuad Atletico terbilang tak banyak berubah.

 

Lima pemain Inggris di atas berhasil meraih trofi liga domestik di luar Inggris sehingga membuktikan bahwa pemain Inggris tak selalu hanya berstatus jago kandang. Adakah pemain yang bisa menyusul jejak mereka?

Baca Juga: 5 Pemain yang Dilepas Barcelona ke Atletico Madrid, Griezmann Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya