Lama Mengabdi, 5 Pemain Ini Tinggalkan Klubnya pada Musim Panas 2022

Ada yang setia membela satu klub sepanjang kariernya

Bursa transfer musim panas 2022 masih berlangsung pada awal Agustus. Sejumlah transfer terjadi sesuai prediksi sejauh ini. Namun, ada pula yang terbilang mengejutkan, seperti lima pemain ini.

Lima pemain berikut ini cukup lama membela klub English Premier League (EPL), tetapi akhirnya hengkang pada musim panas 2022. Siapa saja mereka?

1. Mark Noble

Lama Mengabdi, 5 Pemain Ini Tinggalkan Klubnya pada Musim Panas 2022Mark Noble (whufc.com)

Pada 2021/2022 lalu, Mark Noble tercatat sebagai pemain yang paling lama mengabdi kepada klub Premier League. Gelandang Inggris berusia 35 tahun ini setia membela West Ham United sejak awal kariernya pada 2004. Bahkan, jika menghitung waktu di akademi, maka Noble sudah berkostum West Ham sejak 2000.

Pengabdian Noble kepada West Ham akhirnya usai pada musim panas 2022. Ia memutuskan pensiun sebagai pemain.

Selama membela West Ham, Noble bermain 550 kali di semua ajang dan menyumbang 62 gol. Karena kesetiaannya, Noble mendapat julukan Mr West Ham, sebuah predikat yang sangat cocok baginya.

2. Jesse Lingard

Lama Mengabdi, 5 Pemain Ini Tinggalkan Klubnya pada Musim Panas 2022Jesse Lingard (instagram.com/jesselingard)

Jesse Lingard juga akhirnya meninggalkan klub yang sudah ia bela sejak masa akademi. Lingard menimba ilmu di akademi Manchester United sejak 2000. Ia kemudian masuk tim senior pada 2011.

Hingga 2022, Lingard setia mengabdi kepada Setan Merah, meski sempat beberapa kali dipinjamkan. Selama membela Manchester United, ia beberapa kali jadi andalan di lini tengah. Namun, dalam beberapa musim terakhir, ia makin kesulitan masuk tim inti.

Lingard pun memutuskan hijrah ke Nottingham Forest secara gratis. Statistik Lingard di Manchester United sendiri tampak dari 232 penampilan dengan 35 gol dan 4 trofi.

Baca Juga: 5 Pemain Ligue 1 Pindah ke Klub EPL pada Musim Panas 2022

3. Juan Mata

Lama Mengabdi, 5 Pemain Ini Tinggalkan Klubnya pada Musim Panas 2022Juan Mata (instagram.com/juanmatagarcia)

Manchester United melepas beberapa pemain yang kontraknya habis pada musim panas 2022. Selain Lingard, Juan Mata sama-sama meninggalkan Old Trafford.

Gelandang flamboyan Spanyol ini pun mengakhiri pengabdiannya kepada Setan Merah. Ia sudah membela mereka selama 8,5 musim sejak Januari 2014.

Karena usia yang makin menua, Mata memang makin jarang bermain dalam beberapa musim terakhir. Namun, secara keseluruhan, ia terbilang bersinar bersama Manchester United.

Mata mencatat 285 penampilan dengan 51 gol dan 4 trofi. Ia kini berstatus bebas transfer dan belum mendapat klub baru.

4. Fernandinho

Lama Mengabdi, 5 Pemain Ini Tinggalkan Klubnya pada Musim Panas 2022Fernandiho (instagram.com/fernandinho)

Manchester City, tetangga Manchester United, melepas pemain yang lama mengabdi kepada mereka. Fernandinho, pemain itu, menyelesaikan kontraknya bersama The Cityzens pada musim panas 2022.

Gelandang asal Brasil yang musim lalu menjadi kapten Manchester City ini hengkang setelah 9 musim membela mereka sejak 2013. Fernandinho menikmati karier yang gemilang selama di Manchester.

Ia mencatat total 383 penampilan di semua ajang dan turut meraih 13 trofi. Fernandinho kini sudah bergabung dengan Athletico Paranaense, klub Brasil yang merupakan klub profesional pertamanya.

5. Kasper Schmeichel

Lama Mengabdi, 5 Pemain Ini Tinggalkan Klubnya pada Musim Panas 2022Kasper Schmeichel (instagram.com/kasperschmeichel)

Satu lagi pemain yang akhirnya meninggalkan klub Premier League setelah lama mengabdi. Ia adalah Kasper Schmeichel.

Penjaga gawang asal Denmark ini sudah dipastikan hengkang dari Leicester City, klub yang dibelanya sejak 2011. Schmeichel merapat ke klub Ligue 1 Prancis, OGC Nice.

Selama 11 tahun membela Leicester, Schmeichel senantiasa jadi andalan di bawah mistar. Ia bermain 479 kali di semua ajang serta turut jadi bagian penting perubahan Leicester dari klub medioker menjadi juara Premier League 2015/2016.

Selain Premier League, Schmeichel juga sempat meraih Piala FA 2020/2021 dan Community Shield 2022. Ia pun pantas disebut sebagai salah satu legenda The Foxes. Bersama OGC Nice, kiper berusia 35 tahun ini kemungkinan akan menjadi kiper utama.

Setelah lama mengabdi, lima pemain di atas akhirnya meninggalkan klubnya pada musim panas 2022. Tak ada yang tahu bagaimana kelanjutan karier mereka setelah ini. Namun, yang jelas mereka telah memberikan segalanya kepada klub sebelumnya.

Baca Juga: 5 Kiper yang Sudah Resmi Bergabung ke Klub EPL pada Musim Panas 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya