Comscore Tracker

7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU 

Beberapa sukses meraih belasan trofi 

Irlandia adalah sebuah negara yang terletak di sebelah barat Britania Raya. Karena letaknya berdekatan, wajar jika Irlandia memiliki budaya yang gak jauh berbeda dengan Inggris. Dalam dunia olahraga pun, kedua negara sudah tidak asing lagi pada satu sama lain.

Salah satu buktinya adalah banyaknya pemain sepakbola asal Irlandia yang pernah bermain di Liga Primer Inggris. Beberapa bahkan menghabiskan seluruh kariernya di kompetisi tersebut. Nah, dari antara semua pemain Irlandia yang pernah bermain di Premier League, siapa saja yang pantas disebut terbaik? Ini dia 7 pemain di antaranya.

1. Denis Irwin 

7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU 90min.com

Pertama ada Denis Irwin, legenda Manchester United yang pasti dikenal oleh para penggemar Setan Merah. Irwin mengabdi untuk United selama 12 musim dan memainkan 450 pertandingan di semua ajang. Sebagai bek, Irwin termasuk produktif, dengan sumbangan 33 gol dan 22 assist, seperti dicatat Transfermarkt.

Soal trofi, capaian Irwin gak perlu ditanya lagi. Ia meraih 7 trofi Premier League, 3 Piala FA, 1 Liga Champions, serta 8 trofi lainnya bersama MU. Itu membuatnya tercatat sebagai pesepakbola Irlandia dengan jumlah trofi terbanyak dengan 19 trofi, sama dengan catatan Roy Keane.

2. Roy Keane 

7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU irishmirror.ie

Inilah pemain Irlandia yang punya catatan trofi setara dengan Denis Irwin. Roy Keane bahkan pernah bahu-membahu dengan Irwin di Manchester United selama 8 musim. Berposisi sebagai gelandang, Keane terkenal sebagai pemain yang keras dan tanpa kompromi, serta seorang kapten yang sangat berdedikasi untuk timnya.

Selama membela Setan Merah, Keane memainkan 469 laga di semua ajang dengan sumbangan 51 gol dan 29 assist. Catatan kartu yang ia dapatkan pun tak kalah impresif, yaitu 87 kartu kuning dan 7 kartu merah. Itu membuatnya tercatat sebagai salah satu pemain dengan catatan kartu terbanyak di Premier League.

3. Robbie Keane 

7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU goal.com

Pemain yang satu ini juga bernama belakang Keane, tapi tidak berhubungan darah dengan Roy Keane. Robbie Keane adalah striker yang malang melintang bersama banyak klub sepanjang kariernya, termasuk 6 klub Premier League. Tapi masa kejayaannya terjadi pada saat membela Tottenham Hotspur dimana ia menciptakan 122 gol dalam 304 pertandingan di semua ajang.

Sementara klub tempatnya meraih trofi terbanyak adalah Los Angeles Galaxy di MLS. Selama 5 musim membela Galaxy, Keane turut membantu klub tersebut meraih 4 trofi. Di timnas Irlandia pun Keane punya catatan gemilang yaitu caps terbanyak dengan 146 caps dan top skor sepanjang masa dengan 68 gol.

Baca Juga: 5 Klub Premier League dengan Skuat Termahal Saat Ini, Gak Ada Arsenal?

4. Shay Given 

7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU chroniclelive.co.uk

Kiper berkebangsaan Irlandia yang cukup sukses bermain di Premier League pun ada. Ia adalah Shay Given, penjaga gawang yang populer ketika membela Newcastle United selama 12 musim. Namun selain itu, Given juga pernah bermain untuk Blackburn Rovers, Manchester City, Aston Villa, dan Stoke City.

Situs resmi Premier League mencatat bahwa Given memainkan 451 laga di Premier League dan mencatatkan 113 clean sheet. Trofi yang pernah ia raih adalah 1 Premier League bersama Blackburn Rovers dan 1 Piala FA di Manchester City. Selain itu, Given juga pernah 2 kali terpilih sebagai pemain terbaik negaranya.

5. Ian Harte 

7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU motforum.com

Sementara dari barisan bek, ada nama Ian Harte yang populer ketika membela Leeds United pada masa jayanya. Harte mengawali karier profesionalnya di klub berjulukan The Whites itu pada 1996 dan terus bermain hingga akhirnya Leeds degradasi pada 2004. Setelah itu Harte pindah ke Spanyol membela Levante selama 3 musim sebelum kembali ke Inggris dan membela beberapa klub.

Sebagai bek kiri, Harte terkenal dengan kemampuannya yang cukup baik dalam mencetak gol. Sepanjang kariernya Harte mengoleksi 73 gol dan 37 assist dari 527 laga di semua ajang. Ia memang gak pernah meraih trofi bersama timnya, tapi ia pernah membawa Leeds finis di posisi ketiga Premier League 1999-00 dan menjadi semifinalis Champions League 2000-01.

6. John O'Shea 

7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU manutd.com

Masih ada satu pemain Irlandia lain yang sukses di Premier League bersama Manchester United. John O'Shea menghabiskan 12 musim membela MU dan meraih 16 trofi disana. Itu membuatnya jadi salah satu pemain Irlandia dengan catatan trofi terbanyak.

Pada 2011 hingga 2018 ia membela Sunderland dan gagal meraih tambahan trofi. Tapi performanya secara individu malah lebih meningkat, terbukti dengan penghargaan pemain terbaik Irlandia yang ia raih pada 2014. Selama merumput di Premier League, O'Shea yang berposisi bek tengah mencatat 445 penampilan dan mencetak 13 gol.

7. Damien Duff 

7 Pemain Irlandia Terbaik di Premier League, Didominasi Pemain MU 90min.com

Satu lagi pemain asal Irlandia yang tampil hebat di Premier League adalah Damien Duff. Klub pertama yang dibelanya adalah Blackburn Rovers, tapi namanya paling menonjol kala berseragam Chelsea selama 3 musim pada 2003 hingga 2006. Bersama The Blues, Duff 2 kali meraih gelar Premier League, 2 kali menjuarai Piala Liga, dan sekali memenangi Community Shield.

Hengkang dari Chelsea, Duff membela dua klub Premier League lain yaitu Newcastle United dan Fulham. Secara total, pemain berposisi sayap ini bermain sebanyak 392 kali di Premier League dan menceploskan 54 gol. Sementara penghargaan individual yang pernah ia raih adalah pemain terbaik Irlandia pada 2002.

Itulah 7 pemain asal Irlandia yang pernah tampil cemerlang di Premier League. Ada yang pernah bermain di klub jagoanmu?

Baca Juga: 8 Pemain Premier League dengan Kenaikan Market Value Terbesar, Moncer!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya