Comscore Tracker

5 Pemain Italia yang Pernah Main di Bundesliga, Ada yang Jadi Top Skor

Masih ingat mereka?

Bundesliga Jerman adalah salah satu liga yang termasuk liga top Eropa. Kualitas liga ini tak perlu dipertanyakan lagi, terutama dengan keberadaan klub-klub hebat, seperti Bayern Munchen, Borussia Dortmund, hingga RB Leipzig. Tak heran jika banyak pemain top dari berbagai negara pun yang berminat untuk berkarier di Bundesliga, salah satunya adalah pemain-pemain asal Italia.

Negara juara dunia 4 kali ini pernah memiliki beberapa pemain yang berkarier di Jerman. Apakah mereka berhasil meraih sukses atau sebaliknya? Ini dia 5 pemain asal Italia yang pernah bermain di Bundesliga Jerman.

1. Ciro Immobile 

5 Pemain Italia yang Pernah Main di Bundesliga, Ada yang Jadi Top SkorCiro Immobile (goal.com)

Striker Lazio yang pernah 3 kali jadi top skor Serie A, Ciro Immobile, ternyata pernah merasakan bermain di Bundesliga. Immobile melakukannya pada musim 2014/2015. Dortmund memboyong Immobile setelah ia tampil tajam bersama Torino musim sebelumnya. Namun sayang, ketajamannya tidak terlalu terlihat selama ia bermain di Jerman.

Immobile hanya mencetak 10 gol dalam 34 laga di semua ajang bersama Dortmund. Bahkan, ia hanya mencetak 3 gol dari 24 pertandingan yang ia mainkan di Bundesliga. Namun, setidaknya Immobile berhasil meraih satu trofi bersama Dortmund, yaitu Piala Super Jerman.

2. Massimo Oddo 

5 Pemain Italia yang Pernah Main di Bundesliga, Ada yang Jadi Top SkorMassimo Oddo (goal.com)

Pemain Italia lain yang pernah membela Lazio dan pernah merumput di Bundesliga adalah Massimo Oddo. Itu terjadi pada musim 2008/2009 saat ia bermain untuk Bayern Munchen dengan status pinjaman dari AC Milan. Pemain yang biasa berposisi bek kanan ini tampil 27 kali bagi Munchen ketika itu dengan 18 di antaranya di ajang Bundesliga.

Oddo tidak berhasil menyumbangkan gol bagi Munchen, tetapi ia sempat membuat 6 assist. Ia juga tidak mengangkat trofi di Jerman karena kebetulan Munchen harus mengakhiri musim tanpa gelar kala itu. Pemain yang pernah memenangi Piala Dunia bersama Italia ini pensiun pada 2012 setelah terakhir kali dipinjamkan AC Milan ke Lecce.

Baca Juga: Bayern Munich Juara 9 Musim Beruntun, Luar Biasa Sekaligus Bosan

3. Andrea Barzagli 

5 Pemain Italia yang Pernah Main di Bundesliga, Ada yang Jadi Top SkorAndrea Barzagli (kicker.de)

Andrea Barzagli mengalami masa-masa yang cukup sukses ketika bermain di Bundesliga. Pemain berposisi bek tengah ini bermain untuk VfL Wolfsburg pada 2008 hingga 2011. Di musim pertamanya, ia langsung turut membawa Wolfsburg menjuarai Bundesliga, gelar liga pertama sepanjang sejarah klub tersebut.

Barzagli berperan vital dalam kesuksesan itu karena ia bermain full 34 laga di Bundesliga pada musim tersebut. Secara total, selama 3 musim Barzagli bermain 94 kali di semua ajang dan menyumbang 1 gol dan 1 assist. Berkat penampilan hebatnya bersama Wolfsburg, Barzagli pun direkrut Juventus pada 2011 dan ia sukses meraih banyak trofi bersama Si Nyonya Tua.

4. Cristian Zaccardo 

5 Pemain Italia yang Pernah Main di Bundesliga, Ada yang Jadi Top SkorCristian Zaccardo (kicker.de)

Pemain Italia yang berperan dalam kesukesan VfL Wolfsburg menjuarai Bundesliga 2008/2009 ternyata tak hanya Barzagli. Ada pula Cristian Zaccardo, pemain yang bisa berposisi bek ataupun gelandang. Zaccardo membela Wolfsburg pada musim 2008/2009 sehingga turut memenangi trofi Bundesliga bersama dengan Barzagli.

Zaccardo bermain sebanyak 23 kali bagi Wolfsburg pada musim tersebut dan 15 di antaranya di ajang liga. Ia juga turut menyumbangkan 2 gol kala itu. Pemain yang juga pernah membela AC Milan ini termasuk ke dalam skuad Timnas Italia yang menjuarai Piala Dunia 2006.

5. Luca Toni 

5 Pemain Italia yang Pernah Main di Bundesliga, Ada yang Jadi Top SkorLuca Toni (goal.com)

Bisa dibilang Luca Toni adalah pemain Italia tersukses yang pernah bermain di Bundesliga. Bagaimanan tidak, penyerang jangkung ini berhasil tampil tajam bersama Bayern Munchen selama ia membela The Bavarian pada 2007 hingga 2010. Statistiknya bersama Munchen sangat luar biasa, yaitu 58 gol dan 25 assist dalam 89 pertandingan di semua ajang!

Toni bahkan sempat menjadi top skor Bundesliga pada musim 2007/2008 dengan 24 gol. Tak hanya gelar individu, tentunya ia juga sukses meraih trofi bersama Munchen, tepatnya 4 trofi yang terdiri dari 2 trofi Bundesliga dan 2 DFB Pokal. Jelas bahwa Toni menikmati karier yang sukses selama ia bermain di Jerman.


Itulah 5 pemain Italia yang pernah berkarier di Bundesliga. Menurutmu, siapa yang terbaik di antara mereka?

Baca Juga: Luar Biasa, Robert Lewandowski Samai Rekor Gol Abadi Bayern

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya