5 Pemain Italia yang Bela West Ham Sebelum Gianluca Scamacca

Ada yang masih bertahan hingga sekarang!

West Ham United telah mendatangkan beberapa pemain anyar pada musim panas 2022. Salah satunya Gianluca Scamacca, striker muda potensial asal Italia. Scamacca jadi tambahan amunisi yang bagus karena ia berhasil mencetak 16 gol dalam 41 laga selama membela Sassuolo.

Scamacca sendiri bukanlah pemain Italia pertama yang pernah membela West Ham. Sepanjang sejarah, The Hammers ternyata cukup akrab dengan para pemain asal Negeri Pizza. Sebelum Scamacca, inilah lima pemain Italia yang pernah bermain untuk West Ham United.

1. Paolo Di Canio

5 Pemain Italia yang Bela West Ham Sebelum Gianluca ScamaccaPaolo Di Canio (whufc.com)

Paolo Di Canio pantas disebut pemain Italia tersukses yang pernah dimiliki West Ham, bahkan salah satu yang tersukses di Premier League. Di Canio membela West Ham selama sekitar 4,5 musim pada 1999–2003.

Sebagai striker, Di Canio mencetak 51 gol dalam total 141 laga bersama The Hammers. Sebanyak 47 gol di antaranya diciptakan Di Canio di Premier League. Ia pun menjadi top skor kedua West Ham di liga pada era Premier League.

Sayangnya, Di Canio tak pernah mendapat kesempatan tampil bersama Timnas Italia. Pasalnya, ia bermain pada era di mana Italia memiliki banyak striker tajam.

2. David Di Michele

5 Pemain Italia yang Bela West Ham Sebelum Gianluca ScamaccaDavid Di Michele (skysports.com)

Setelah kesuksesan Di Canio, West Ham pun mulai memboyong beberapa pemain lagi dari Italia. Salah satunya David Di Michele, yang juga berposisi striker. Di Michele dipinjam West Ham dari Torino pada musim 2008/2009. Saat itu, West Ham juga tengah ditangani pelatih asal Italia, yaitu Gianfranco Zola.

Selama dipinjam, Di Michele diberi kesempatan tampil 34 kali di semua ajang. Namun, ia hanya membuat 4 gol dan 4 assists. Karena itulah statusnya dipermanenkan oleh West Ham pada akhir musim. Selain membela West Ham, Di Michele tak pernah lagi bermain di luar Italia.

Baca Juga: 5 Penyerang Termahal yang Pernah Didatangkan oleh West Ham

3. Alessandro Diamanti

5 Pemain Italia yang Bela West Ham Sebelum Gianluca ScamaccaAlessandro Diamanti (whufc.com)

Musim berikutnya alias 2009/2010, West Ham kembali memboyong pemain Italia. Alessandro Diamanti yang berposisi gelandang serang didatangkan dari Livorno. Diamanti saat itu diberi kontrak 5 tahun, tetapi ia akhirnya hanya bertahan semusim saja di West Ham.

Bersama West Ham, Diamanti tampil 30 kali dan mencetak 8 gol serta 6 assists. Sebagian besar golnya berasal dari tendangan penalti. Diamanti terbilang cukup sukses bersinar bersama West Ham. Ia bahkan hampir terpilih jadi pemain terbaik West Ham musim 2009/2010.

4. Antonio Nocerino

5 Pemain Italia yang Bela West Ham Sebelum Gianluca ScamaccaAntonio Nocerino (skysports.com)

Antonio Nocerino juga pernah membela West Ham United, tetapi hanya sebagai pinjaman. Nocerino adalah gelandang Italia yang pernah membela Juventus dan AC Milan. Saat berseragam Milan, Nocerino sempat dipinjamkan ke West Ham pada paruh musim 2013/2014.

Bersama West Ham, Nocerino hanya bermain sepuluh kali, sebagian besar sebagai pengganti. Ia pun hanya bertahan setengah musim di West Ham sebelum kembali ke Milan. Nocerino menjadi pemain hingga 2020, dan kini ia melanjutkan karier sebagai pelatih.

5. Angelo Ogbonna

5 Pemain Italia yang Bela West Ham Sebelum Gianluca ScamaccaAngelo Ogbonna (instagram.com/angeloogbonna21)

Sebelum kedatangan Gianluca Scamacca, West Ham juga sudah memiliki pemain Italia yang masih bertahan hingga sekarang. Ia adalah Angelo Ogbonna, bek tengah yang diboyong West Ham dari Juventus pada 2015. Sejauh ini, Ogbonna sudah mencatat 200 penampilan dan menyumbang 13 gol bagi The Hammers.

Musim 2021/2022 lalu, Ogbonna dihantam cedera ligamen yang memaksanya absen selama lebih dari separuh musim. Namun, saat ini ia sudah pulih dan sempat bemain dalam laga pramusim. Kemungkinan besar, Ogbonna akan kembali jadi pilihan utama pada musim 2022/2023.

 

Para pemain Italia di atas mengalami nasib yang beragam selama membela West Ham United. Ada yang bersinar, ada pula yang terbilang gagal. Bagaimana dengan perjalanan karier Gianluca Scamacca bersama West Ham nantinya?

Baca Juga: 5 Pemain West Ham yang Direkrut dengan Harga Mahal, Ada Nama Baru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya