5 Pemain Italia yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama Timnas

Mateo Retegui terbaru

Timnas Italia menelan hasil negatif pada laga pertama babak Kualifikasi Piala Eropa 2024. Bermain di kandang sendiri, Italia takluk 1-2 dari Inggris. Hasil itu sedikit menghambat langkah sang juara bertahan untuk tampil lagi di Piala Eropa tahun depan.

Meski kalah, laga itu bermakna positif bagi salah satu pemain Italia, Mateo Retegui. Ia menjadi pencetak gol tunggal Gli Azzurri ke gawang Inggris. Padahal, itu adalah partai debut Retegui bersama Italia.

Retegui pun menyusul capaian sejumlah pemain Italia yang sukses mencetak gol saat debut bersama timnas. Termasuk Retegui, inilah lima pemain yang pernah melakukannya.

1. Christian Vieri

5 Pemain Italia yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama TimnasChristian Vieri (fifa.com)

Christian Vieri adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Italia. Vieri tajam di ajang internasional terakbar, Piala Dunia. Ia adalah top skor Italia di Piala Dunia dengan torehan 9 gol dalam 9 penampilan.

Ketajaman Vieri bersama timnas sudah tampak sejak debutnya. Ia pertama kali tampil membela Gli Azzurri dalam laga kualifikasi Piala Dunia 1998. Menghadapi Moldova, Vieri mencetak satu gol yang turut membawa Italia menang 3-0.

Itu adalah gol pertama dari total 23 gol yang dicetak Vieri bagi negaranya. Jumlah itu ia torehkan dalam 49 caps. Sayangnya, Vieri tak pernah meraih trofi selama membela timnas.

2. Antonio Cassano

5 Pemain Italia yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama TimnasAntonio Cassano (twitter.com/Azzurri)

Antonio Cassano juga adalah striker Italia yang cukup disegani pada masanya. Ia bersinar selama membela AS Roma pada 2001–2006. Cassano pun pertama kali tampil membela timnas saat berseragam Roma, tepatnya pada 2003.

Debut Cassano itu terjadi pada laga persahabatan melawan Polandia. Ia mencetak gol yang sempat memperkecil kekalahan Italia jadi 1-2. Sayangnya, laga itu tetap berakhir dengan kekalahan 1-3 bagi Italia.

Baca Juga: 5 Alumni Timnas Italia Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatih 2022/2023

3. Daniele De Rossi

5 Pemain Italia yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama TimnasDaniele De Rossi (fifa.com)

Seorang gelandang bertahan pun berhasil membuat gol pada debut bersama Timnas Italia. Ia adalah Daniele De Rossi, gelandang yang membela AS Roma selama 18 tahun. De Rossi adalah salah satu pemain dengan caps terbanyak bersama Italia, yaitu 117 caps.

Laga pertama De Rossi terjadi pada babak kualifikasi Piala Dunia 2006 melawan Norwegia. Hebatnya, ia hanya butuh 4 menit untuk menghiasi debutnya itu dengan gol. Laga itu menjadi makin berkesan bagi De Rossi karena Italia menang 2-1.

4. Giampaolo Pazzini

5 Pemain Italia yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama TimnasGiampaolo Pazzini (twitter.com/Azzurri)

Ada pula Giampaolo Pazzini, striker yang pernah membela Inter Milan dan AC Milan. Pazzini pertama kali dipanggil timnas saat memperkuat Inter Milan pada 2009. Lakonnya terjadi pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2010 melawan Montenegro.

Pazzini hanya tampil sebagai pengganti pada laga tersebut. Namun, ia berhasil mencetak gol pemasti kemenangan Italia dengan skor 2-0. Sayangnya, karier Pazzini bersama timnas hanya berlangsung hingga 2012. Koleksi totalnya pun hanya 4 gol dalam 25 caps.

5. Mateo Retegui

5 Pemain Italia yang Mencetak Gol pada Laga Debut Bersama TimnasMateo Retegui (instagram.com/mateoretegui)

Mateo Retegui jadi pemain terbaru yang mencetak gol pada debut bersama Timnas Italia. Retegui adalah striker 23 tahun yang saat ini membela Tigre sebagai pinjaman dari Boca Juniors. Meski lahir di Argentina, Retegui memilih membela Timnas Italia.

Melakoni debut melawan Inggris, Retegui langsung dipercaya tampil 90 menit. Ia pun membayar kepercayaan itu dengan gol. Meski kalah, Italia dapat harapan baru berkat kiprah Retegui. Gli Azzurri kini punya striker muda potensial yang bisa jadi andalan baru.

Mateo Retegui sukses menghiasi debutnya bersama Timnas Italia dengan gol. Itu adalah capaian apik bagi Retegui. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana kelanjutan performanya bersama timnas. Akankah Retegui terus mencetak gol demi gol bagi Tim Azzurri?

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024: Inggris Pemalukan Italia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya