4 Pemain Jerman Mencetak Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala Dunia

Gerd Mueller tak tertandingi

Timnas Jerman adalah salah satu tim tersukses di Piala Dunia. Pemain dengan gol terbanyak di Piala Dunia pun berasal dari Jerman, yaitu Miroslav Klose. Ia mencetak total 16 gol di Piala Dunia, rekor yang belum terkejar hingga kini.

Namun, soal jumlah gol dalam satu edisi Piala Dunia, Klose bukan pemain Jerman terhebat. Empat pemain berikut ini punya catatan lebih baik dalam satu edisi Piala Dunia. Tiga di antaranya juga berhasil membawa Jerman menjadi juara dunia.

1. Gerd Mueller (10 gol)

4 Pemain Jerman Mencetak Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaGerd Mueller memegang trofi Piala Dunia 1974. (fifa.com)

Gerd Mueller adalah salah satu striker terhebat yang pernah dimiliki Jerman. Mueller punya catatan total 68 gol bagi timnas hanya dalam 62 caps. Jumlah itu sempat membuatnya jadi top skor sepanjang masa Timnas Jerman sebelum rekornya disalip Miroslav Klose.

Di Piala Dunia, koleksi total Mueller adalah 14 gol. Sebanyak sepuluh gol ia ciptakan di Piala Dunia 1970 sembari membawa Jerman finis sebagai peringkat ketiga. Di Piala Dunia 1974 Jerman, Mueller mencetak tambahan empat gol dan mengantarkan Der Panzer juara dunia.

Sayangnya, Mueller memutuskan pensiun dari timnas setelah Piala Dunia 1974 usai. Padahal, saat itu usianya baru 28 tahun. Andai tampil dalam satu edisi lagi, mungkin Mueller bisa mencapai lebih dari 16 gol sehingga jadi top skor sepanjang masa di Piala Dunia.

2. Helmut Rahn (6 gol)

4 Pemain Jerman Mencetak Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaHelmut Rahn (twitter.com/DFB_Team_EN)

Berikutnya, ada tiga pemain Jerman yang pernah mencetak enam gol dalam satu edisi Piala Dunia. Salah satunya Helmut Rahn. Ia adalah pahlawan Jerman saat juara Piala Dunia 1954 Swiss. Rahn mencetak empat gol saat itu, termasuk dua gol ke gawang Hungaria di final.

Di Piala Dunia 1958 Swedia, Rahn tampil lebih tajam dan mencetak enam gol. Sayangnya, Jerman hanya berhasil merebut peringkat ketiga. Secara total, statistik Rahn di Piala Dunia amat memukau, yaitu 10 gol dalam 10 pertandingan.

Baca Juga: 5 Opsi Pelatih Timnas Jerman jika Hansi Flick Dipecat

3. Max Morlock (6 gol)

4 Pemain Jerman Mencetak Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaMax Morlock (twitter.com/DFB_Team_EN)

Max Morlock mencetak 6 gol hanya dalam 1 edisi Piala Dunia. Ia melakukannya di Piala Dunia 1954 Swiss. Enam gol Morlock berhasil membawa Jerman juara dunia. Bahkan, ia juga mencetak satu gol ke gawang Hungaria di final.

Namun, Morlock tidak menjadi top skor Piala Dunia 1954. Gelar top skor kala itu diraih striker Hungaria, Sandor Kocsis, yang membuat sebelas gol. Morlock sendiri akhirnya hanya pernah tampil di satu edisi Piala Dunia. Bahkan, ia hanya mencatat total 26 caps bersama Timnas Jerman.

4. Helmut Haller (6 gol)

4 Pemain Jerman Mencetak Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaHelmut Haller (fifa.com)

Helmut Haller juga membuat 6 gol dalam 1 edisi Piala Dunia, yaitu Piala Dunia 1966. Haller tampil 5 kali di edisi tersebut dan membuat 6 gol serta 2 assist. Sayangnya, Jerman gagal juara karena kalah dari tuan rumah Inggris di final.

Selain 1966, Haller juga tampil di Piala Dunia 1962 dan 1970, tetapi tidak mencetak gol. Karier Haller bersama timnas berlangsung cukup lama, yaitu pada 1958–1970. Namun, ia hanya mencatat total 33 caps dengan 13 gol.

5. Sejumlah pemain Jerman mencetak lima gol dalam satu edisi Piala Dunia

4 Pemain Jerman Mencetak Gol Terbanyak dalam 1 Edisi Piala DuniaMiroslav Klose (fifa.com)

Miroslav Klose masih menjadi top skor sepanjang masa Jerman di Piala Dunia. Namun, torehan maksimal gol Klose dalam satu edisi Piala Dunia hanyalah lima gol. Eks striker Bayern Munich ini membuat masing-masing lima gol di Piala Dunia 2002 dan 2006.

Selain Klose, beberapa pemain Jerman juga pernah mencetak lima gol dalam satu edisi Piala Dunia. Mereka adalah Karl-Heinz Rummenigge, Juergen Klinsmann, dan Thomas Mueller. Ketiganya termasuk dalam sepuluh besar daftar top skor sepanjang masa Timnas Jerman.

Timnas Jerman memiliki banyak pemain yang subur di Piala Dunia. Namun, dalam dua edisi Piala Dunia terakhir, mereka sedang terpuruk. Bisakah Der Panzer bangkit di Piala Dunia berikutnya?

Baca Juga: 4 Edisi Terburuk Piala Dunia bagi Timnas Jerman, Termasuk Edisi 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya