5 Pemain yang Pernah Menjuarai Ligue 1 bersama Dua Klub Berbeda

Ada yang masih bermain di Ligue 1!

Ligue 1 Prancis adalah salah satu liga yang dianggap sebagai lima liga top Eropa. Meski Paris Saint-Germain adalah klub yang paling menonjol, klub-klub lain di liga ini tak bisa diremehkan, seperti AS Monaco, Olympique Lyon, Marseille, bahkan Lille yang musim lalu jadi juara.

Oleh karena itu, menjuarai Ligue 1 tentu tidak mudah bagi pemain mana pun, apalagi juara bersama dua klub berbeda. Di era sepak bola modern, hanya ada beberapa pemain yang pernah berhasil melakukannya. Inilah 5 pemain di antaranya.

1. Alou Diarra

5 Pemain yang Pernah Menjuarai Ligue 1 bersama Dua Klub BerbedaAlou Diarra (africatopsports.com)

Alou Diarra adalah gelandang bertahan asal Prancis yang pernah berseragam Bayern Munchen dan Liverpool. Ia juga pernah membela beberapa klub Ligue 1, termasuk Olympique Lyon dan Bordeaux. Pemain yang sempat memperkuat Timnas Prancis di dua edisi Piala Dunia ini berhasil menjuarai Ligue 1 bersama kedua klub tersebut.

Diarra membela Lyon hanya pada musim 2006/07 dan ia turut membawa Lyon juara. Setelah itu, ia membela Bordeaux selama 4 musim dan sukses meraih 3 trofi, termasuk trofi liga di musim 2008/09. Diarra juga pernah berseragam Marseille dan meraih trofi Piala Liga, tapi tak menjuarai Ligue 1.

2. Hatem Ben Arfa

5 Pemain yang Pernah Menjuarai Ligue 1 bersama Dua Klub BerbedaHatem Ben Arfa (lyonmag.com)

Hatem Ben Arfa adalah winger berbakat yang terkenal dengan skill individunya yang luar biasa. Ben Arfa merupakan lulusan akademi Olympique Lyon dan ia membela tim senior Lyon pada 2004 hingga 2008. Selama 4 musim tersebut, Lyon selalu jadi juara liga sehingga Ben Arfa pun berhasil mengangkat 4 trofi Ligue 1 bersama mereka.

Setelah itu, Ben Arfa menyeberang ke Marseille dan meraih trofi liga pada musim 2009/10. Ben Arfa sebenarnya juga pernah membela Paris Saint-Germain pada 2016 hingga 2018. Namun, pada musim pertamanya PSG gagal juara Ligue 1, sedangkan di musim keduanya ia tak tampil sekalipun di liga sehingga tak berhak mengangkat trofi meski PSG menjadi juara.

Baca Juga: 5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!

3. Yohan Cabaye

5 Pemain yang Pernah Menjuarai Ligue 1 bersama Dua Klub BerbedaYohan Cabaye (sportmob.com)

Sementara Yohan Cabaye berhasil menjuarai Ligue 1 bersama Lille dan Paris Saint-Germain. Cabaye adalah gelandang lulusan akademi Lille. Ia membela Lille sejak 2004 hingga 2011 dan berhasil memenangi liga pada musim terakhirnya di Lille, yaitu musim 2010/11.

Setelah itu, Cabaye sempat berkarier di Premier League dan membela Newcastle United dan kembali ke Ligue 1 berseragam PSG. Selama 1,5 musim, Cabaye turut membawa PSG meraih 5 trofi, termasuk dua trofi liga pada 2013/14 dan 2014/15. Cabaye gantung sepatu pada Februari 2021 setelah terakhir membela Saint-Etienne.

4. Idrissa Gueye

5 Pemain yang Pernah Menjuarai Ligue 1 bersama Dua Klub BerbedaIdriss Gueye (sportsworldghana.com)

Berikutnya ada Idrissa Gueye, gelandang bertahan yang saat ini masih aktif membela Paris Saint-Germain. Pemain asal Senegal ini berhasil meraih trofi Ligue 1 pertamanya pada musim 2010/11 bersama Lille. Selain juara liga, Lille juga sukses menjuarai Coupe de France di musim tersebut.

Gueye mulai bergabung dengan PSG pada 2019 dan sejauh ini ia sudah meraih 4 trofi, termasuk trofi Ligue 1 2019/20. Pemain berusia 31 tahun ini masih jadi andalan di lini tengah PSG meski banyak disesaki pemain bintang. Dengan kualitas skuad PSG yang luar biasa, Gueye berpeluang meraih trofi Ligue 1 ketiganya musim ini.

5. Kylian Mbappe

5 Pemain yang Pernah Menjuarai Ligue 1 bersama Dua Klub BerbedaKylian Mbappe (beinsports.com)

Terakhir, ada Kylian Mbappe, striker muda fenomenal milik PSG. Mbappe adalah produk asli akademi AS Monaco dan ia pernah membawa klub pertamanya itu menjuarai Ligue 1 pada 2016/17. Kala itu Monaco memang sedang memiliki skuad berisi banyak pemain top, misalnya Radamel Falcao, Fabinho, dan Bernardo Silva.

Mbappe berseragam PSG sejak 2017. Mulanya sebagai pinjaman, lalu dipermanenkan. Dalam 4 musim, ia sukses membawa PSG menjuarai liga tiga kali. Mbappe pun kini sudah mengoleksi 4 trofi Ligue 1 meski baru berusia 22 tahun. Namun, bisa jadi musim ini ia tak akan lanjut bermain di Ligue 1 karena santer dikabarkan bakal hengkang ke Real Madrid.

 

Lima pemain di atas punya catatan hebat di kancah sepak bola Prancis karena pernah menjuarai Ligue 1 bersama dua klub berbeda. Adakah yang bisa menyusul pencapaian mereka di masa depan?

Baca Juga: Real Madrid Kebut Transfer Kylian Mbappe

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya