5 Pemain Juventus Terakhir yang Sukses Jadi Top Skor Serie A

Dusan Vlahovic berikutnya? #ANGPOIN

Juventus adalah klub Italia tersukses sepanjang masa di kancah domestik. Keperkasaan Bianconeri di ajang Serie A tak ada tandingannya, dengan koleksi 36 trofi sejauh ini. Mereka bahkan sempat juara Serie A sembilan kali beruntun dari musim 2011/2012 hingga 2019/2020.

Ironisnya, pemain Juventus ternyata jarang jadi top skor Serie A pada era modern. Sebagian besar kesuksesan pemain Si Nyonya Tua jadi top skor terjadi sebelum era 1960-an. Berikut ini adalah lima pemain Juventus terakhir yang sukses menjadi pencetak gol terbanyak di Serie A.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Meraih Scudetto Sekaligus Top Skor di Serie A

1. Roberto Bettega

5 Pemain Juventus Terakhir yang Sukses Jadi Top Skor Serie ARoberto Bettega (juventus.com)

Salah satu pemain teranyar Juventus yang meraih gelar top skor Serie A adalah Roberto Bettega. Bettega merupakan striker asal Italia yang membela Juve pada 1969 hingga 1983. Itu membuktikan bahwa pemain Juventus memang jarang meraih gelar jadi top skor Serie  A pada era modern.

Bettega menjadi pencetak gol terbanyak Serie A musim 1979/80. Meski hanya mencetak 16 gol ketika itu, koleksi Bettega ternyata tak bisa ditandingi pemain lain. Bettega sendiri mencetak total 179 gol dalam 482 laga bersama Juve di semua ajang. Ia juga sukses membawa Juventus meraih 9 trofi, termasuk 7 Scudetto.

2. Michel Platini

5 Pemain Juventus Terakhir yang Sukses Jadi Top Skor Serie AMichel Platini (transfermarkt.com)

Berikutnya ada Michel Platini, striker legendaris Prancis yang membela Juventus pada 1982 hingga 1987. Selama lima musim, Platini sukses menunjukkan ketajamannya dengan mencetak total 104 gol dalam 223 penampilan bersama Juventus di semua ajang. Selain itu, Platini juga pernah menjadi top skor Serie A tiga kali beruntun.

Itu terjadi pada musim 1982/1983, 1983/1984 dan 1984/1985. Hebatnya, setiap kali Platini jadi top skor Serie A, ia selalu berhasil merebut trofi Ballon d'Or pada akhir tahun. Selain deretan prestasi invidiual, Platini juga berhasil membawa Juventus meraih tujuh trofi, termasuk Liga Champions 1984/1985.

Baca Juga: 6 Pemain Aktif Serie A yang Menjadi Top Skor Timnas

3. David Trezeguet

5 Pemain Juventus Terakhir yang Sukses Jadi Top Skor Serie ADavid Trezeguet (transfermarkt.com)

Setelah sukses Platini, Juventus sempat belasan tahun tak memiliki pemain yang bisa menjadi top skor Serie A. Barulah pada musim 2000/2001 ada lagi pemain Bianconeri yang sukses melakukannya. Ia adalah David Trezeguet, striker yang juga berasal dari Prancis seperti Platini.

Trezeguet menjadi top skor Serie A musim tersebut berkat catatan 24 gol. Itu setara dengan torehan bomber Perugia, Dario Hubner, yang juga membuat 24 gol sepanjang 2000/2001. Trezegut sendiri membela Juventus selama total 10 tahun, dengan statistik 171 gol dalam 320 laga di semua ajang.

4. Alessandro Del Piero

5 Pemain Juventus Terakhir yang Sukses Jadi Top Skor Serie AAlessandro Del Piero (juventus.com)

Alessandro Del Piero adalah striker legendaris Italia yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Juventus. Selama 19 tahun membela Juve, Del Piero menorehkan 290 gol dalam 705 penampilan di semua ajang. Namun, ternyata striker setajam Del Piero pun hanya pernah sekali jadi top skor Serie A.

Tepatnya, Del Piero jadi top skor pada musim 2007/2008 berkat catatan 21 gol sepanjang musim. Meski jarang jadi top skor, Del Piero punya banyak trofi kolektif bersama Juventus. Total 15 trofi bergengsi ia raih selama membela Juve, termasuk 6 Scudetto dan 1 Liga Champions.

5. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Juventus Terakhir yang Sukses Jadi Top Skor Serie ACristiano Ronaldo saat membela Juventus (instagram.com/cristiano)

Musim 2020/2021 lalu, akhirnya ada lagi pemain Juventus yang sukses menjadi top skor Serie A. Siapa lagi pemain tersebut kalau bukan Cristiano Ronaldo. Sejak didatangkan Juve pada 2018, Ronaldo memang selalu mencetak minimal 20 gol dalam satu musim Serie A. Namun, ia akhirnya baru jadi top skor pada musim lalu berkat torehan 29 gol.

Musim 2020/2021 sendiri akhirnya jadi musim terakhir Ronaldo membela Juventus. Catatannya selama berkostum Juve adalah 101 gol dalam 134 laga di semua ajang. Ia juga berhasil membawa Juve meraih lima trofi, meski tak pernah bisa membantu Juve menjadi juara Liga Champions.


Striker terbaru Juventus, Dusan Vlahovic, saat ini sedang tampil tajam di Serie A. Maka, bisa jadi ia bakal menyusul lima pemain di atas sebagai pemain Juventus yang sukses jadi top skor Serie A. Sanggupkah ia melakukannya?

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Jadi Top Skor Liga Top Eropa Tiga Kali Beruntun

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya