Comscore Tracker

5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Jerman setelah Membela Chelsea

Timo Werner terbaru!

Timo Werner akhirnya meninggalkan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022. Striker asal Jerman itu dilepas kembali ke klub lamanya, RB Leipzig. Werner pun akhirnya hanya menghabiskan dua musim saja di Chelsea, setelah didatangkan dari Leipzig pada 2020.

Dengan demikian, Werner menyusul jejak para pemain yang pernah kembali ke Bundesliga Jerman setelah sempat diboyong Chelsea. Termasuk Werner, inilah lima pemain tersebut.

1. Khalid Boulahrouz

5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Jerman setelah Membela ChelseaKhalid Boulahrouz berseragam VfB Stuttgart. (skysports.com)

Pertama, ada Khalid Boulahrouz, bek asal Belanda yang didatangkan Chelsea pada 2006. Ia diboyong dari klub Bundesliga, Hamburger SV dengan harga 13,2 juta euro atau Rp200 miliar.

Sayangnya, Boulahrouz pada akhirnya hanya menjadi pelapis di Chelsea. Boulahrouz bertahan di Chelsea hingga 2008, tetapi hanya mencatat 23 penampilan di semua ajang.

Ia pun kembali ke Bundesliga setelah dilepas ke VfB Stuttgart dengan harga lebih rendah dari harga belinya. Meski tak banyak bermain bagi Chelsea, Boulahrouz sempat turut memenangi Piala FA dan Piala Liga.

2. Claudio Pizarro

5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Jerman setelah Membela ChelseaClaudio Pizarro saat berkostum Werder Bremen (bundesliga.com)

Claudio Pizarro mengalami nasib yang mirip dengan Boulahrouz saat membela Chelsea. Pizarro adalah striker asal Peru yang sempat tampil tajam di Bundesliga bersama Werder Bremen dan Bayern Munich. Ia pun diboyong Chelsea dari Bayern pada 2007 dengan status bebas transfer.

Pada musim pertamanya di Chelsea, Pizarro mendapat kesempatan tampil 32 kali di semua ajang. Sayangnya, ia tumpul dan hanya mampu mencetak dua gol. Alhasil, Pizarro dipinjamkan ke Werder Bremen pada 2008/2009, lalu dilepas secara permanen pada musim berikutnya.

Baca Juga: 5 Produk Akademi Chelsea Terbaik yang Pernah Berlaga di Bundesliga

3. Michael Ballack

5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Jerman setelah Membela ChelseaMichael Ballack (chelseafc.com)

Michael Ballack juga didatangkan Chelsea dari Bayern Munich. Ia diboyong secara gratis pada 2006 karena kontraknya habis bersama Bayern. Meski saat itu sudah berusia 30 tahun, Ballack terbukti masih bisa tampil prima. Ia sukses jadi andalan di lini tengah The Blues hingga 2010.

Ballack bermain total 167 kali bersama Chelsea, bahkan lebih banyak daripada jumlah penampilannya di Bayern. Ia juga sukses menyumbang 25 gol dan 24 assists, serta meraih 6 trofi. Setelah kontraknya habis, barulah Ballack kembali ke Bundesliga dan membela Bayer Leverkusen hingga pensiun.

4. Andre Schurrle

5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Jerman setelah Membela ChelseaAndre Schurrle (chelseafc.com)

Berikutnya, ada Andre Schurrle, striker atau winger asal Jerman yang membela Chelsea pada 2013–2015. Schurrle dibeli Chelsea dari Bayer Leverkusen dengan harga 22 juta euro atau Rp334 miliar. Bersama Chelsea, Schurrle sebenarnya mencatat cukup banyak penampilan, tetapi jarang tampil penuh.

Schurrle pun akhirnya hanya bertahan 1,5 musim di Chelsea. Ia dilepas lagi ke Bundesliga, tepatnya ke VfL Wolfsburg dengan harga 32 juta euro alias Rp486 miliar. Schurrle terus bermain di Bundesliga hingga pensiun pada usia yang relatif muda yaitu 29 tahun.

5. Timo Werner

5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Jerman setelah Membela ChelseaTimo Werner (instagram.com/timowerner)

Timo Werner menjadi pemain terbaru yang memilih kembali ke Bundesliga Jerman setelah membela Chelsea. Werner diboyong Chelsea dari RB Leipzig pada 2020 dengan harga 53 juta euro atau Rp805 miliar. Ia sukses menjadi pemain andalan Chelsea, hingga mencatat 89 penampilan dalam 2 musim.

Werner juga turut meraih tiga trofi bareng Chelsea, semuanya trofi internasional. Kini, pengabdian Werner bersama The Blues akhirnya usai. Ia dibeli kembali oleh Leipzig dengan harga lebih rendah, yaitu 20 juta euro atau Rp303 miliar.

Leipzig sendiri adalah klub yang berjasa membesarkan nama Werner. Ia membela Lepizig pada 2016–2020 dan mencetak 90 gol dalam 156 penampilan di semua ajang. Kembali ke Leipzig bisa jadi akan membuat ketajaman Werner kembali meningkat seperti sedia kala.

 

Kembalinya Timo Werner ke RB Leipzig bisa berdampak positif bagi dirinya sendiri dan juga Leipzig. Sementara, Chelsea kehilangan pemain yang cukup mereka andalkan. Apakah keputusan The Blues itu akan terbukti tepat nantinya?

Baca Juga: 5 Rekrutan Mahal Chelsea yang Dibeli dari Bundesliga, Havertz Rajanya!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya