5 Pemain Kroasia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Modric

Ada yang masih bermain hingga musim ini

Kroasia adalah negara Eropa yang terletak di perbatasan Eropa Tengah dan Timur. Negara ini masih berusia cukup muda karena merupakan pecahan dari Yugoslavia yang bubar pada tahun 1992. Namun, di dunia sepak bola, Kroasia ternyata cukup tangguh dan pernah mengejutkan dunia dengan menjadi juara ketiga Piala Dunia 1998 serta runner-up Piala Dunia 2018.

Itu bukti bahwa Kroasia memiliki pemain-pemain top yang berkualitas mumpuni. Beberapa dari mereka ternyata juga pernah bermain di Premier League, salah satu liga terbaik di Eropa. Inilah 5 nama di antaranya yang kemungkinan besar kamu kenal.

1. Luka Modric 

5 Pemain Kroasia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Modrictribuna.com

Luka Modric adalah salah satu pemain Kroasia terbaik yang pernah berkarier di Premier League. Ia membela Tottenham Hotspur sejak 2008 hingga 2012. Ia memainkan 160 laga dengan sumbangan 17 gol dan 27 assist. Modric memang tak meraih trofi di Tottenham, tetapi ia turut berjasa membuat Spurs menjadi klub yang disegani.

Selama dibela Modric, Spurs konsisten berada di papan atas Premier League dan pada 2010/2011 mereka bahkan lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya setelah hampir 50 tahun absen. Saat ini Modric sedang melanjutkan kariernya yang gemilang di Real Madrid selama hampir 10 musim.

Baca Juga: 5 Gelandang yang Bisa Menggantikan Posisi Luka Modric di Real Madrid

2. Vedran Corluka 

5 Pemain Kroasia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Modricstatcity.co.uk

Sejak 2008 hingga 2012 sebenarnya tak hanya Modric pemain Kroasia yang membela Tottenham. Ada pula Vedran Corluka, pemain berposisi bek yang juga sempat membela Manchester City di musim sebelumnya. Secara total, Corluka bermain selama 5 musim di Premier League.

Bersama City, Corluka memainkan 47 laga di musim 2007/2008. Sementara itu, bagi Spurs ia bermain 109 kali di semua ajang. Ia tak meraih trofi di City ataupun Spurs, tetapi bersama Modric ia bahu-membahu membawa Spurs meraih status "Big Six" yang bertahan hingga sekarang.

3. Niko Kranjcar 

5 Pemain Kroasia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Modriczimbio.com

Satu lagi pemain asal Kroasia yang pernah membela Tottenham adalah Niko Kranjcar. Kranjcar bergabung dengan Spurs sejak 2009 hingga 2012 sehingga sempat main bareng Modric dan Corluka. Pemain berposisi gelandang ini juga pernah membela Portsmouth selama tiga musim serta Queens Park Rangers selama semusim sebagai pemain pinjaman.

Nama Kranjcar memang lebih dikenal kala membela Tottenham. Namun, dari sisi trofi, Kranjcar bisa dibilang paling sukses justru bersama Portsmouth karena ia pernah meraih Piala FA 2007/2008. Saat ini Kranjcar sudah pensiun sejak 2018 setelah terakhir kali membela Glasgow Rangers di Liga Skotlandia.

4. Dejan Lovren 

5 Pemain Kroasia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Modricskysports.com

Dejan Lovren populer saat membela Liverpool selama 6 musim sejak 2014 hingga 2020. Ia sempat lebih dulu membela Southampton selama semusim. Lovren sempat jadi andalan utama di lini belakang The Reds, namun belakangan ia tersisih karena membuat beberapa blunder plus kedatangan Virgil van Dijk yang performanya jauh lebih bagus.

Meski demikian, Lovren tetap memiliki andil dalam kesuksesan The Reds meraih Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Premier League. Selama di Liverpool, ia mencatat 185 penampilan di semua ajang dengan sumbangan 8 gol.

5. Mateo Kovacic 

5 Pemain Kroasia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Modricpremierleague.com

Pemain yang satu ini masih aktif bermain di Premier league hingga saat ini. Mateo Kovacic didatangkan Chelsea dari Real Madrid pada 2019 setelah semusim sebelumnya sudah mulai membela The Blues dengan status pinjaman. Gelandang berusia 26 tahun ini dipermanenkan karena penampilannya yang solid di lini tengah Chelsea.

Sejauh ini Kovacic sudah mengoleksi 137 penampilan untuk Chelsea dan mencetak 2 gol serta 7 assist. Ia juga sudah memenangi satu trofi, yaitu Europa League 2018/2019 dan musim ini berpeluang menambah gelar karena Chelsea sudah melaju ke final Piala FA dan semifinal Liga Champions. Mampukah ia melakukannya?

 

Itulah 5 pemain asal Kroasia yang pernah bermain di Premier League, termasuk pada musim ini. Menurutmu, siapa di antara mereka yang tersukses?

Baca Juga: 5 Pemain yang Kariernya Anjlok Setelah Berseragam Chelsea, Siapa Saja?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya