5 Pemain Klub LaLiga Ganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023

Bukti punya peran lebih penting dalam menyongsong musim baru

Berganti nomor punggung adalah hal yang jamak dilakukan seorang pesepak bola. Umumnya, seorang pemain akan berganti nomor ketika ia pindah ke klub lain. Ada pula yang mengambil nomor punggung baru setelah nomor tersebut ditinggalkan oleh rekannya yang hengkang ke klub lain.

Maka, pergantian nomor punggung biasanya dilakukan pada periode bursa transfer musim panas. Saat ini, sejumlah pemain juga sudah berganti nomor punggung untuk musim 2022/2023 yang akan segera dimulai, termasuk kelima pemain berikut yang membela klub LaLiga Spanyol ini.

Siapa saja pemain LaLiga yang berganti nomor punggung menyongsong musim kompetisi 2022/2023 mendatang?

1. Pedri

5 Pemain Klub LaLiga Ganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Pedri (instagram.com/pedri)

Pedri bukan hanya salah satu talenta muda terbaik yang ada di LaLiga saat ini, melainkan di seluruh dunia. Baru berusia 19 tahun, gelandang asal Spanyol ini sudah punya peran sentral di lini tengah Barcelona. Karena itu, pantas jika Pedri kini dipercaya memakai nomor punggung 8 di Barcelona.

Nomor tersebut memiliki sejarah luar biasa di Barca karena pernah dikenakan Andres Iniesta selama satu dekade. Bisa dibilang, Pedri memang sudah sah disebut sebagai penerus Iniesta di lini tengah Barca. Sementara nomor punggung 16 yang tadinya dikenakan Pedri kini jadi milik Miralem Pjanic.

2. Ferran Torres

5 Pemain Klub LaLiga Ganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Ferran Torres (instagram.com/ferrantorres)

Selain Pedri, beberapa pemain Barcelona juga berganti nomor punggung pada musim panas 2022. Salah satunya adalah Ferran Torres.

Ketika diboyong dari Manchester City pada paruh musim 2021/2022, Torres memilih nomor punggung 19 yang saat itu ditinggalkan oleh Sergio Aguero yang pensiun. Namun, kini Torres sudah ganti mengenakan nomor punggung 11.

Dalam sejarah Barca, beberapa pemain top yang pernah memakai nomor tersebut, mencakup Rivaldo, Thiago Alcantara, hingga Neymar. Maka, Torres mesti membuktikan bahwa ia pantas disejajarakan dengan para eks bintang Barca tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Senior Spanyol Ini Setia kepada 1 Klub LaLiga, Ada Busquets

3. Alvaro Odriozola

5 Pemain Klub LaLiga Ganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Alvaro Odriozola (marca.com)

Tak seperti Barcelona, Real Madrid cukup pasif dalam aktivitas jual-beli pemain pada bursa transfer musim panas 2022. Karena itu, tak banyak pula pergantian nomor punggung yang terjadi di skuad Los Blancos. Salah satu yang berganti nomor punggung adalah Alvaro Odriozola, bek kanan Madrid asal Spanyol.

Odriozola awalnya memakai nomor punggung 19 sejak 2018. Kini, ia ganti menggunakan nomor 12 yang baru saja ditinggalkan Marcelo Oliveira. Melihat kesuksesan luar biasa yang diraih Marcelo bersama Real Madrid, Odriozola juga butuh pembuktian diri kala mengenakan nomor tersebut.

4. Saul Niguez

5 Pemain Klub LaLiga Ganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Saul Niguez (instagram.com/saulniguez)

Beralih ke Atletico Madrid, ada Saul Niguez yang baru saja pulang dari masa peminjaman di Chelsea pada 2021/2022. Karena dipinjam Chelsea, Saul pun harus kehilangan nomor punggung 8 yang sebelumnya ia kenakan selama lima tahun. Nomor tersebut kini dipakai striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

Alhasil, kini Saul mesti memilih nomor punggung baru untuk musim 2022/2023. Ia pun memilih nomor 17 yang dulu juga sempat ia gunakan pada 2014–2016. Setelah gagal bersinar bareng Chelsea, Saul pasti berharap bisa mengangkat kembali kariernya bersama Atletico.

5. Alvaro Morata

5 Pemain Klub LaLiga Ganti Nomor Punggung untuk Musim 2022/2023Alvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Nasib yang mirip dengan Saul Niguez juga dialami oleh Alvaro Morata. Striker asal Spanyol itu kini sudah kembali ke Atletico setelah dipinjam Juventus selama dua musim. Morata pun kehilangan nomor punggung 9 yang ia pilih ketika mulai membela Atletico pada 2019.

Kini, Morata akan memakai nomor punggung 19. Sementara, nomor punggung 9 sudah jadi milik Matheus Cunha, striker asal Brasil yang merapat ke Atletico Madrid sejak awal 2021/2022. Morata pun harus bersaing dengan Cunha untuk memperebutkan tempat sebagai striker utama Atletico.

Banyak yang menilai jika pemilihan nomor punggung mampu memengaruuhi performa pemain, terutama dari sisi non teknis. Setelah berganti nomor, mampukah kelima pemain di atas bakal tampil lebih baik pada di LaLiga 2022/2023, atau justru sebaliknya?

Baca Juga: 8 Penyerang Barcelona di LaLiga 2022/2023, Siapa yang Utama?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya