Comscore Tracker

5 Pemain Maroko yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Ziyech

Termasuk mantan pemain Arsenal dan Liverpool

Maroko adalah salah satu negara dengan timnas sepakbola yang cukup disegani di Afrika.
Timnas Maroko pernah jadi juara Piala Afrika sekali, dan dua kali menjuarai African Nations Championship. Meski kalah populer dengan timnas negara lain seperti Nigeria, Kamerun, atau Pantai Gading, kekuatan sepakbola Maroko tetap tak bisa diremehkan.

Kualitas sepakbola Maroko salah satunya bisa terlihat dari para pemain yang mereka miliki. Banyak pemain Maroko yang pernah berkarier di liga-liga top Eropa, salah satunya Premier League Inggris. Tahukah kamu siapa saja pemain Maroko yang pernah bermain di Premier League? Ini dia 5 di antaranya.

1. Marouane Chamakh  

5 Pemain Maroko yang Pernah Bermain di Premier League, Ada ZiyechMarouane Chamakh (bleacherreport.net)

Fans Arsenal mungkin masih ingat pada striker yang pernah membela The Gunners ini. Ya, nama Marouane Chamakh sempat mendapat sorotan kala didatangkan Arsenal dari Bordeaux pada 2010. Pemain yang lahir di Prancis ini kemudian menjadi bagian dari skuad Arsenal hingga 2013, dan ia sempat dipinjamkan ke West Ham United selama setengah musim.

Setelah itu Chamakh pindah ke Crystal Palace dan membela klub tersebut selama 3 musim.
Secara total, Chamakh mencatat 103 penampilan di Premier League dengan sumbangan 15 gol dan 9 assist. Bukan catatan yang gemilang bagi seorang striker, maka tak heran jika Chamakh kerap disebut sebagai salah satu pembelian gagal Arsenal di era Arsene Wenger.

2. Nordin Amrabat 

5 Pemain Maroko yang Pernah Bermain di Premier League, Ada ZiyechNordin Amrabat (goal.com)

Sementara Nordin Amrabat adalah pemain berposisi sayap yang bermain untuk Watford pada 2016 hingga 2018. Namun ia hanya sempat bermain selama semusim saja, karena di musim keduanya ia dipinjamkan ke Leganes. Selama di Inggris, Amrabat jadi pemain inti Watford dan tampil 48 kali di semua ajang.

Namun sayangnya tak banyak yang bisa dilakukan Amrabat bagi Watford ketika itu. Ia tidak mencetak gol dan hanya menyumbang 3 assist. Watford pun hanya mampu finis di posisi 14 pada akhir musim 2016-17. Pada 2018, Amrabat meninggalkan Watford dan bergabung dengan Al-Nassr di Liga Arab Saudi hingga kini.

3. Nabil El Zhar 

5 Pemain Maroko yang Pernah Bermain di Premier League, Ada ZiyechNabil El Zhar (liverpoolfc.com)

Berikutnya ada Nabil El Zhar, winger yang pernah bermain untuk klub besar Premier League yaitu Liverpool. El Zhar membela The Reds selama 5 musim dari 2006 hingga 2011. Namun selama periode tersebut ia tak banyak dapat kesempatan bermain.

Secara total, El Zhar hanya tampil 32 kali di semua ajang dengan sumbangan 1 gol dan 1 assist. Setelah itu El Zhar dilepas Liverpool dan ia bermain untuk 3 klub Spanyol, sebelum hengkang ke Al Ahli di Liga Qatar sejak 2019.

Baca Juga: 5 Pemain Asal Maroko yang Kini Berkarier di LaLiga, Sudah Tahu?

4. Adel Taarabt 

5 Pemain Maroko yang Pernah Bermain di Premier League, Ada ZiyechAdel Taarabt (qpr.co.uk)

Adel Taarabt adalah gelandang serang yang pernah bermain untuk 3 klub Inggris, yaitu Tottenham Hotspur, Queens Park Rangers, dan Fulham. Ia menghabiskan sekitar 7,5 musim merumput di Inggris, yang terlama adalah membela QPR selama 6 musim, termasuk sebagai pemain pinjaman.

Total 86 penampilan dicatat Taarabt di Premier League, dengan sumbangan 7 gol dan 11 assist. Ia juga sempat meraih satu trofi yaitu Piala Liga 2007-08 bersama Tottenham. Saat ini, Taarabt masih aktif bermain untuk Benfica di Liga Portugal sejak 2015.

5. Hakim Ziyech 

5 Pemain Maroko yang Pernah Bermain di Premier League, Ada ZiyechHakim Ziyech (skysports.com)

Dan inilah pemain yang pantas disebut pemain Maroko paling populer saat ini. Perjalanan karier Hakim Ziyech memang cukup menarik perhatian. Ia pernah membela Ajax Amsterdam dan membawa klub Belanda tersebut memenangi 3 trofi, serta jadi finalis Europa League dan semifinalis Liga Champions.

Sejak awal musim ini Ziyech bergabung dengan Chelsea, dan sejauh ini statistiknya bersama The Blues adalah 6 gol dan 4 assist dari 38 laga di semua ajang. Belum sehebat statistiknya bersama Ajax, namun kemungkinan besar ia akan tampil semakin trengginas musim depan. Plus, Ziyech juga masih punya peluang meraih trofi Liga Champions bersama Chelsea musim ini.

Itulah 5 pemain Maroko yang pernah bermain di Premier League sejauh ini. Mampukah Ziyech mengukuhkan namanya sebagai pemain Maroko tersukses yang pernah bermain di Premier League?

Baca Juga: 10 Pemain Maroko dengan Banderol Termahal Musim Ini, Ziyech?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya