7 Pemain yang Pernah Membela AS Monaco dan Real Madrid, Para Bintang!

Semuanya meraih trofi bersama Real Madrid

Real Madrid membuat keputusan berani pada bursa transfer musim panas 2022. Mereka mendatangkan Aurelien Tchouameni dari AS Monaco dengan harga sangat tinggi.

Padahal, Tchouameni baru berusia 22 tahun dan sejauh ini belum pernah bermain di luar negaranya sendiri yaitu Prancis. Meski demikian, Tchouameni memang layak disebut sebagai salah satu pemain muda dengan potensi luar biasa.

Tchouameni pun menambah deretan pemain yang pernah membela AS Monaco dan Real Madrid. Banyak dari antara mereka yang memang punya kualitas mumpuni, seperti tujuh pemain berikut.

1. Christian Panucci

7 Pemain yang Pernah Membela AS Monaco dan Real Madrid, Para Bintang!Christian Panucci (realmadrid.com)

Christian Panucci adalah mantan bek kanan top asal Italia yang pernah membela sejumlah klub besar selama bermain. Salah satunya adalah Real Madrid. Panucci berseragam Los Blancos pada 1996–1999. Ia bermain 96 kali bagi Real Madrid dan turut memenangi 4 trofi, termasuk Liga Champions 1997/1998.

Setelah itu, Panucci hijrah dan membela Inter Milan. Namun, tak terlalu diandalkan Inter, bahkan sempat dipinjamkan ke dua klub termasuk AS Monaco. Panucci dipinjam Monaco pada tahun 2001, dan bermain 19 kali bagi klub Prancis tersebut dengan sumbangan 3 gol.

2. Fernando Morientes

7 Pemain yang Pernah Membela AS Monaco dan Real Madrid, Para Bintang!Fernando Morientes (asmonaco.com)

Fernando Morientes sempat main bareng dengan Panucci di Real Madrid. Morientes berseragam Real Madrid pada 1997–2005, dan ia berhasil tampil cemerlang.

Striker asal Spanyol ini bermain 271 kali bagi Real Madrid dan mencetak 98 gol. Ia juga turut memenangi 8 trofi, termasuk 1 trofi LaLiga dan 3 Liga Champions. Selama periode membela Real Madrid, Morientes juga sempat dipinjam AS Monaco pada 2003/2004.

Meski hanya pinjaman, Morientes ternyata tampil tajam bersama Monaco, dengan torehan 20 gol dalam 41 laga. Morientes bahkan sempat membawa Monaco mencapai final Liga Champions, meski akhirnya gagal juara.

3. Javier Saviola

7 Pemain yang Pernah Membela AS Monaco dan Real Madrid, Para Bintang!Javier Saviola (instagram.com/javier.saviolaok)

Javier Saviola adalah striker asal Argentina yang pernah pindah dari Barcelona ke Real Madrid. Saviola membela Barca pada 2001–2007. Selama periode tersebut, ia sempat dipinjamkan ke AS Monaco pada 2004/2005. Statistiknya bersama Monaco cukup apik, yaitu 17 gol dalam 42 laga di semua ajang.

Pada 2007, Saviola membuat langkah kontroversial dengan pindah dari Barca ke Real Madrid. Sayangnya, Saviola hanya bertahan 2 musim saja bersama Los Blancos, dan hanya mencatat 31 penampilan dengan 5 gol. Meski demikian, ia sempat turut membawa Madrid memenangi LaLiga 2007/2008.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Prancis Termahal yang Pernah Dijual AS Monaco

4. Mahamadou Diarra

7 Pemain yang Pernah Membela AS Monaco dan Real Madrid, Para Bintang!Mahamadou Diarra (as.com)

Berikutnya, ada Mahamadou Diarra, pemain berposisi gelandang bertahan asal Mali. Diarra mulai bersinar ketika membela Olympique Lyon di Ligue 1 Prancis. Ia pun diboyong Real Madrid pada 2006, dan berhasil menjadi pilihan utama dalam dua musim pertamanya di Spanyol.

Sialnya, setelah itu karier Diarra bersama Real Madrid rusak karena cedera. Diarra bertahan hingga 2011, tetapi makin jarang bermain.

Ia pun sempat dipinjamkan ke AS Monaco selama setengah musim dan bermain sembilan kali. Setelah itu, Diarra dijual ke Fulham dan menutup kariernya di Inggris.

5. Ricardo Carvalho

7 Pemain yang Pernah Membela AS Monaco dan Real Madrid, Para Bintang!Ricardo Carvalho (realmadrid.com)

Ricardo Carvalho adalah bek tengah asal Portugal yang paling populer ketika membela FC Porto dan Chelsea. Setelah sukses bersama kedua klub tersebut, Carvalho didatangkan Real Madrid pada 2010.

Seperti Diarra, Carvalho sempat menjadi pilihan utama Los Blancos, tetapi kehilangan tempat karena cedera. Carvalho bertahan di Real Madrid hingga 2013. Ia mencatat total 76 laga sebelum akhirnya pindah ke AS Monaco.

Bersama Monaco, Carvalho berhasil menjaga kebugaran hingga bisa tampil 118 kali dalam 3 musim. Setelah itu, Carvalho sempat bermain di Liga Tiongkok selama setahun sebelum akhirnya pensiun.

6. James Rodriguez

7 Pemain yang Pernah Membela AS Monaco dan Real Madrid, Para Bintang!James Rodriguez (asmonaco.com)

Sementara, James Rodriguez lebih dulu bersinar bareng AS Monaco sebelum bergabung dengan Real Madrid. James sebenarnya hanya membela Monaco semusim saja pada 2013/2014. Namun, ia berhasil tampil apik dengan menorehkan 10 gol dan 14 assists dalam 38 penampilan bersama Monaco.

Hal itulah yang membuat Real Madrid akhirnya memboyong James pada 2014. Ia dibeli dengan harga 75 juta euro alias Rp1,13 triliun. James kemudian membela Real Madrid hingga 2020, dengan statistik 37 gol dan 42 assists dalam 142 penampilan.

James juga turut memenangi 9 trofi bersama Real Madrid, termasuk 2 trofi LaLiga dan 2 Liga Champions. Saat ini, James masih berstatus pemain Al-Rayyan, klub Liga Qatar. Namun, ia dikabarkan ingin segera kembali bermain di Eropa.

7. Aurelien Tchouameni

7 Pemain yang Pernah Membela AS Monaco dan Real Madrid, Para Bintang!Aurelien Tchouameni (instagram.com/aurelientchm17)

Aurelien Tchouameni menjadi pemain teranyar yang pernah membela AS Monaco dan Real Madrid. Tchouameni mengawali karier bersama Bordeaux, sebelum menyeberang ke Monaco pada awal 2020. Dalam dua musim terakhir, Tchouameni menjadi andalan Monaco di lini tengah, dengan catatan 92 laga di semua ajang.

Tchouameni bahkan bermain 50 kali sepanjang 2021/2022, serta menyumbang 5 gol. Karena potensinya yang luar biasa, Real Madrid pun berani menebusnya dengan mahar 80 juta euro atau Rp1,2 triliun. Nilai itu membuat Tchouameni pembelian termahal keempat Real Madrid sepanjang sejarah.

Meski dibeli mahal, Tchouameni diperkirakan tak akan langsung jadi pilihan utama di lini tengah Real Madrid. Ia mungkin akan dijadikan pelapis sambil sesekali dirotasi. Dengan bimbingan para gelandang top Real Madrid, Tchouameni bisa menjadi bintang masa depan Los Blancos.

 

Meski tak semuanya jadi andalan, para pemain di atas berhasil meraih trofi selama membela Real Madrid. Aurelien Tchouameni yang baru bergabung dengan Real Madrid pun kemungkinan besar akan merasakan sukses yang sama. Apakah ia bisa menjadi andalan Real Madrid di masa depan?

Baca Juga: Gabung Real Madrid, Tchouameni Masuk 5 Penjualan Termahal AS Monaco

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya