Comscore Tracker

5 Pemain yang Menerima Kartu Merah di Piala Eropa 2020

Kartu merah yang mereka terima berakibat fatal bagi tim

Kartu merah adalah hukuman terberat yang bisa diterima seorang pemain dalam pertandingan sepak bola. Pemain yang menerima kartu merah harus segera meninggalkan lapangan karena pelanggaran berat yang ia lakukan. Bagi tim yang pemainnya kena kartu merah, hal itu adalah kerugian besar yang bahkan bisa memengaruhi hasil pertandingan.

Hal itu terbukti benar dalam ajang Piala Eropa 2020. Hingga selesainya seluruh pertandingan babak 16 besar, sudah ada 5 pemain yang menerima kartu merah dan ternyata kartu merah mereka berujung pada kekalahan timnya. Siapa saja mereka? Ini dia ulasannya.

1. Grzegorz Krychowiak (Polandia)

5 Pemain yang Menerima Kartu Merah di Piala Eropa 2020Grzegorz Krychowiak jadi pemain pertama yang mendapat kartu merah di Piala Eropa 2020. (twitter.com/squawka)

Grzegorz Krychowiak jadi pemain pertama yang memperoleh kartu merah di Piala Eropa 2020. Di laga matchday pertama grup E menghadapi Slovakia, Krychowiak diusir wasit di menit 62 akibat menerima kartu kuning kedua. Kala itu skor masih imbang 1-1, namun keluarnya Krychowiak membuat Polandia harus bermain dengan 10 orang.

Slovakia ternyata berhasil memanfaatkan keunggulan pemain karena di menit 69 mereka mencetak gol kemenangan melalui Milan Skriniar. Polandia pun harus takluk 1-2 dan langkah mereka di grup jadi semakin berat. Terbukti akhirnya Robert Lewandowski dkk. harus tersingkir di fase grup setelah hanya meraih 1 poin di dua laga berikutnya.

2. Ethan Ampadu (Wales) 

5 Pemain yang Menerima Kartu Merah di Piala Eropa 2020Ethan Ampadu mendapat kartu merah saat melawan Italia (theprideoflondon.com)

Kartu merah kedua di Piala Eropa 2020 datang di laga terakhir grup A antara Wales melawan Italia. Saat itu Italia sudah memastikan diri lolos sehingga mereka mengistirahatkan beberapa pemain kuncinya. Namun, anak asuh Roberto Mancini tetap bisa memenguasai laga dan berhasil unggul di menit 39 melalui Matteo Pessina.

Langkah Wales untuk menyamakan kedudukan semakin berat setelah bek Ethan Ampadu malah diusir wasit di awal babak kedua dengan kartu merah langsung. Wales pun takluk 0-1 meski akhirnya tetap lolos ke 16 besar. Sementara itu, Italia berhasil melaju dengan rekor sempurna 3 kali menang di fase grup.

Baca Juga: Gol Kedua Denmark Bikin Bale dan Wales Menangis

3. Harry Wilson (Wales)

5 Pemain yang Menerima Kartu Merah di Piala Eropa 2020Harry Wilson memprotes kartu merah yang ia dapatkan (dailymail.co.uk)

Pemain Wales lagi-lagi harus kena kartu merah dan kali ini di laga babak 16 besar menghadapi Denmark. Wales memang tampil buruk di laga tersebut, sementara Denmark bermain efektif, terutama di lini depan. Hingga 88 menit laga berjalan, Denmark pun unggul telak 3-0.

Wales praktis sudah tak punya harapan saat itu, namun situasi jadi semakin memalukan karena winger Harry Wilson dikartu merah langsung di menit 90. Keputusan yang sebenarnya terbilang lunak, namun Wilson tetap harus pergi. Di sisa laga, Martin Braithwaite menambah derita Wales dengan mencetak gol tambahan sehingga Denmark menang 4-0.

4. Matthijs de Ligt (Belanda)

5 Pemain yang Menerima Kartu Merah di Piala Eropa 2020Matthijs de Ligt berjalan keluar lapangan setelah menerima kartu merah (90min.com)

Timnas Belanda mengalami antiklimaks di laga babak 16 besar Piala Eropa 2020. Setelah tampil perkasa di fase grup dengan menyapu bersih laga, Tim Oranye malah takluk dari lawan yang di atas kertas bisa mereka atasi, Republik Ceko. Kartu merah yang diterima bek Matthijs de Ligt di menit 55 jadi awal bencana bagi Belanda.

De Ligt sengaja menghalau bola dengan tangan dan sebagai pemain terakhir di lini pertahanan Belanda, ia memang pantas mendapat kartu merah. Dampaknya langsung terasa karena 13 menit kemudian Republik Ceko membuka skor melalui Tomas Holes, disusul gol penutup Patrik Schick. Belanda pun tersingkir dan Ceko melaju ke perempat final.

5. Marcus Danielson (Swedia)

5 Pemain yang Menerima Kartu Merah di Piala Eropa 2020Marcus Danielson adalah pemain kelima yang menerima kartu merah di Piala Eropa 2020 (supersport.com)

Nama teranyar di Piala Eropa 2020 yang sudah menerima kartu merah adalah Marcus Danielson. Bek tengah Swedia itu diusir wasit di babak perpanjangan waktu laga 16 besar melawan Ukraina. Awalnya ia hanya menerima kartu kuning akibat pelanggaran yang ia lakukan, namun setelah wasit melihar VAR, terbukti bahwa Danielson memang pantas menerima kartu merah.

Saat itu skor masih imbang 1-1, namun kekurangan satu pemain ternyata terbukti memberi dampak buruk bagi Swedia. Ya, Swedia akhirnya harus tersingkir setelah Ukraina mencetak gol dramatis di injury time perpanjangan waktu sehingga menang 2-1. Pastilah, Danielson menyesali kesalahannya yang membuat timnya harus gugur lebih cepat.

 

Itulah 5 pemain yang sudah menerima kartu merah di Piala Eropa 2020 sejauh ini. Mereka semua kini sudah tersingkir bersama negaranya sehingga para pemain dari 8 tim yang tersisa harus lebih berhati-hati lagi di babak perempat final nanti. Jika sampai diusir wasit, bisa jadi itu akan membuat negaranya harus merelakan mimpi jadi juara Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Fakta Usai Ukraina Depak Swedia di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya