Comscore Tracker

5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or setelah Menjadi Juara Piala Eropa

Adakah pemain yang bisa menyusul tahun ini?

Piala Eropa adalah salah satu turnamen internasional paling prestisius. Bisa memenanginya tentu adalah kebanggaan luar biasa bagi sebuah tim dan para pemainnya. Tak heran jika pemain yang punya andil penting membawa negaranya juara Piala Eropa pasti akan dipuja karena prestasinya.

Kesuksesan di Piala Eropa bisa membuat seorang pemain mendapat penghargaan individu paling bergengsi, yaitu Ballon d'Or. Sepanjang sejarah, ada 5 pemain yang berhasil mendapat Ballon d'Or setelah mengantarkan negaranya juara Piala Eropa di tahun yang sama. Inilah 5 pemain tersebut.

1. Franz Beckenbauer (1972)

5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or setelah Menjadi Juara Piala EropaFranz Beckenbauer menerima trofi Piala Eropa 1972 (uefa.com)

Piala Eropa 1972 dimenangkan oleh Jerman Barat. Dalam turnamen yang diadakan di Belgia itu, Jerman Barat menjadi juara setelah mengalahkan tuan rumah di semifinal dan Uni Soviet di final. Sebagai informasi, Piala Eropa 1972 memang hanya diikuti 4 tim sehingga hanya dua pertandingan yang dimainkan Jerman Barat, yaitu semifinal dan final.

Pemain Jerman Barat yang berperan penting dalam kesuksesan tersebut adalah Franz Beckenbauer. Sebagai kapten, Beckenbauer memimpin rekan-rekannya dalam dua laga sambil mengawal pertahanan sehingga timnya hanya kebobolan sekali dalam dua partai tersebut.

Berkat kesuksesan tersebut, ditambah keberhasilannya membawa Bayern Munchen juara Bundesliga 1971/72, akhirnya Beckenbauer dianugerahi Ballon d'Or 1972. Pria yang dijuluki "Kaisar" saat masih bermain ini pun jadi bek pertama yang berhasil memenangi Ballon d'Or.

2. Karl-Heinz Rummenigge (1980)

5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or setelah Menjadi Juara Piala EropaKarl-Heinz Rummenigge menerima trofi Ballon d'Or 1980 (twitter.com/footballmemorys)

Delapan tahun berselang, Piala Eropa diadakan di Italia dan Jerman Barat lagi-lagi menjadi kampiun. Saat itu jumlah peserta Piala Eropa sudah ditambah menjadi 8 tim sehingga ada babak penyisihan grup yang langsung dilanjutkan babak final. Jerman Barat menjadi juara setelah berhasil mengalahkan Belgia 2-1 di partai puncak.

Karl-Heinz Rummenigge menjadi pemain yang punya jasa besar bagi kesuksesan Tim Panzer saat itu. Pemain berposisi penyerang ini mencetak 1 gol di fase grup serta 1 assist di final yang membuat Jerman Barat menjadi juara.

Trofi Piala Eropa pun melengkapi sukses Rummenigge di tahun tersebut karena sebelumnya ia berhasil mengantarkan Bayern Munchen menjadi juara Bundesliga 1979/80 plus menjadi top skor. Tak mengherankan jika Ballon d'Or 1980 pun diberikan padanya di akhir tahun.

Baca Juga: Isengnya Juergen Klopp Ganggu Inggris Jelang Lawan Jerman

3. Michel Platini (1984)

5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or setelah Menjadi Juara Piala EropaMichel Platini mencium trofi Piala Eropa 1984 (eurosport.com)

Pada Piala Eropa 1984, giliran Michel Platini yang menjadi bintang. Platini menggila di turnamen yang diadakan di negaranya sendiri itu. Gelandang serang asal Prancis ini sukses membawa Prancis menjadi juara dengan 9 gol yang ia ciptakan. Itu adalah rekor gol terbanyak yang diciptakan seorang pemain dalam satu edisi Piala Eropa.

Hebatnya, Platini sukses mencetak gol dalam seluruh laga yang dimainkan Prancis. Bahkan, ia sempat mencetak hattrick dua kali. Atas pencapaian hebatnya itu, plus keberhasilan membawa Juventus meraih Scudetto dan Piala Winners 1983/84, Platini pun terpilih menjadi peraih Ballon d'Or 1984.

4. Marco van Basten (1988) 

5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or setelah Menjadi Juara Piala EropaMarco van Basten beraksi di Piala Eropa 1988 (uefa.com)

Selang empat tahun kemudian, Piala Eropa kembali dimenangkan oleh negara tuan rumah, kali ini Belanda. Tim Oranye menjadi juara setelah finis di posisi kedua fase grup, lalu memenangkan semifinal melawan Jerman Barat dan final melawan Uni Soviet. Marco van Basten berjasa besar dalam kesuksesan tersebut dengan mencetak 5 gol di sepanjang turnamen.

Van Basten bahkan sempat mencetak hattrick di babak grup serta menyumbang masing-masing satu gol di semifinal dan final. Selain sukses di Piala Eropa, van Basten juga mengantarkan AC Milan meraih Scudetto di tahun tersebut sehingga ia pun meraih Ballon d'Or 1988.

5. Mathhias Sammer (1996)

5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or setelah Menjadi Juara Piala EropaMatthias Sammer menerima trofi Ballon d'Or 1996 (francefootball.fr)

Pemain terakhir yang berhasil meraih Ballon d'Or setelah menjuarai Piala Eropa adalah Matthias Sammer. Itu terjadi pada 1996 saat Piala Eropa tahun itu diadakan di Inggris. Sammer adalah pemain berposisi sweeper yang kala itu sukses tampil cemerlang sepanjang turnamen.

Sebagai sweeper, Sammer sukses menjalankan perannya dengan membuat Jerman hanya kebobolan 3 kali dalam 6 laga. Selain itu, ia juga mencetak 2 gol. Sammer pun ditetapkan sebagai pemain terbaik turnamen dan meraih Ballon d'Or di akhir tahun. Ia tercatat sebagai bek kedua sepanjang sejarah yang berhasil meraih Ballon d'Or.

 

Itulah 5 pemain yang berhasil meraih Ballon d'Or setelah membawa negaranya menjuarai Piala Eropa. Tahun ini sejumlah pemain digadang-gadang bisa meraih Ballon d'Or jika mampu memenangi Piala Eropa 2020. Apakah ada yang bisa melakukannya dan menyusul jejak 5 pemain di atas?

Baca Juga: Pavard Mau Prancis Juara Piala Eropa 2020 Biar Kante Raih Ballon d'Or

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya